Ilmuwan: Peradaban Dunia Berawal dari Indonesia!

Ilmuwan: Peradaban Dunia Berawal dari Indonesia!

Teori ahli genetika dan struktur DNA manusia dari Oxford University, Inggris, Stephen Oppenheimer, seperti memutarbalikkan sejarah yang sudah ada.

Lewat bukunya yang merupakan catatan perjalanan penelitian genetis populasi di dunia, ia mengungkapkan bahwa peradaban yang ada sesungguhnya berasal dari Timur, khususnya Asia Tenggara!

Stephen Oppenheimer

Hal itu disampaikan Oppenheimer dalam diskusi bedah bukunya berjudul ‘Eden in The East’ di gedung LIPI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis 28 Oktober 2010.

Sejarah selama ini mencatat bahwa induk peradaban manusia modern itu berasal dari Mesir, Mediterania dan Mesopotamia.

Tetapi, menurut dia, nenek moyang dari induk peradaban manusia modern berasal dari tanah Melayu yang sering disebut dengan Sundaland atau Indonesia.

Apa buktinya? “Peradaban agrikultur Indonesia lebih dulu ada dari peradaban agrikultur lain di dunia,” kata Oppenheimer dalam diskusi yang juga dihadiri Jimly Asshiddiqie.

Buku “Eden in The East” oleh Stephen Oppenheimer

Lulusan fakultas kedokteran Oxford University melalui bukunya mengubah paradigma yang ada selama ini, bahwa peradaban paling awal adalah berasal dari daerah Barat.

Perjalanan yang dilakukannya dimulai dengan komentar tanpa sengaja oleh seorang pria tua di sebuah desa zaman batu di Papua Nugini.

Dari situ dia mendapati kisah pengusiran petani dan pelaut di pantai Asia Tenggara, yang diikuti serangkaian banjir pasca-sungai es hingga mengarah pada perkembangan budaya di seluruh Eurasia.

Oppenheimer meyakini temuan-temuannya itu, dan menyimpulkan bahwa benih dari budaya maju, ada di Indonesia. Buku ini mengubah secara radikal pandangan tentang prasejarah.

Pada akhir Zaman Es, banjir besar yang diceritakan dalam kitab suci berbagai agama benar-benar terjadi dan menenggelamkan paparan benua Asia Tenggara untuk selamanya.

Peta migrasi manusia selama 160.000 tahun zaman es terakhir oleh Stephen Oppenheimer. Ini adalah hasil kerjanya yang didasarkan pada DNA mitokondria, bukti kromosom Y, arkeologi, klimatologi, dan studi fosil dan melacak rute dan waktu migrasi manusia keluar dari Afrika dan ke seluruh dunia.

Hal itu yang menyebabkan penyebaran populasi dan tumbuh suburnya berbagai budaya Neolitikum di Cina, India, Mesopotamia, Mesir dan Mediterania Timur.

Akar permasalahan dari pemekaran besar peradaban di wilayah subur di Timur Dekat Kuno, berada di garis-garis pantai Asia Tenggara yang terbenam.

“Indonesia telah melakukan aktivitas pelayaran, memancing, menanam jauh sebelum orang lain melakukannya,” ujar dia.

Oppenheimer mengungkapkan bahwa orang-orang Polinesia (penghuni Benua Amerika) tidak datang dari Cina, tapi dari pulau-pulau Asia Tenggara.

Sementara penanaman beras yang sangat pokok bagi masyarakat tidak berada di Cina atau India, tapi di Semenanjung Malaya pada 9.000 tahun lalu.

Akibat iklim Bumi yang semakin panas saat zaman es secara dramatis pada 65-52 ribu tahun yang lalu, membuat air laut semakin naik di daerah khatulistiwa yaitu Indonesia. Keadaam itu memaksa nenek moyang manusia pindah dari daerah khatulistiwa ke daerah utara dan selatan Bumi. (Stephen Oppenheimer)

Klik disini untuk melihat animasi peta diatas atau lihat versi GIF animasi dibawah halaman ini

Eden In The East juga mengungkapkan bahwa berbagai suku di Indonesia Timur adalah pemegang kunci siklus-siklus bagi agama-agama Barat yang tertua.

Buku ini ‘membalikkan’ sejumlah fakta-fakta yang selama ini diketahui dan dipercaya masyarakat dunia tentang sejarah peradaban manusia.

“Buku ini memang juga ada biasnya. Karena penulis istrinya orang Malaysia sehingga ada perspektif Malaysia,” kata Jimly yang hadir dalam acara itu. (Fina Dwi Yurhami/vivanews/icc.wp.com)

Peta animasi daerah Sundaland, selama dan sesudah zaman es.

JOURNEY OF MANKIND (tunggu beberapa saat hingga gambar GIF animasi bergerak):

***

Peradaban Berawal dari Indonesia

Journey of Mankind

Journey of Man: A Genetic Odyssey 

*****

((( IndoCropCircles.wordpress.com )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Arkeologi Dunia, Arkeologi Indonesia, Konspirasi Indonesia. Tandai permalink.

108 Balasan ke Ilmuwan: Peradaban Dunia Berawal dari Indonesia!

  1. Dino berkata:

    masa iya..? coba check kembali. baru publikasi lagi…Tq

  2. jeprietno berkata:

    saya sangat mengapresiasi informasi dalam tulisan ini ….. trimakasih.

  3. bilifit ornot berkata:

    konon katanya; ribuan tahun yg lalu nenek moyang kita yg dari jawa ber-imigrasi sampai ke-timur tengah, thailan dan india, sebagai bukti coba perhatikan; bukankah huruf arab, thailan dan india sangat mirip dgn huruf jawa kuno atau huruf palawa?

  4. guntur berkata:

    wah simbah buyut saya nenek moyang manusia (-_-“)

  5. Han berkata:

    Siapa Oppenheimer ??.. orang mana dia ?? !!

  6. Insan berkata:

    Bisa jadi hasil penelitian Openheimer tersebut sejalan dengan isyarat dalam Al-Quran bahwa Nabi Sulaiman AS adalah penguasa haikal Sulaiman yang kekayaan dan kemajuannya sangat termasyur dijamannya yang kemudian hancur sehancur-2nya terkena azab Yang Maha Kuasa karena kekafiran sebagian generasi-2 penerusnya setelah Nabi Sulaiman AS wafat. Azab yang mendera wilayah Haikal Sulaiman itu sedemikian hancurnya hingga cocok jika digambarkan sebagai tenggelamnya sebagian daratan Sundalend (Asia Tenggara ) saat ini dan menyisakan ribuan pulau besar dan kecil yang kini didiami oleh bangsa Indonesia. Namun demikian walahu alam karena hanya Allah SWT lah Yang Maha Mengetahuinya.

  7. mando berkata:

    selama ini kebanyakan orang indonesia meng-agungkan kebudayaan barat padahal budaya nusantara jauh diatas pada masanya, karena kufur nikmat akhirnya kena azab agar jadi pelajaran dimasa selanjutnya, hanya Allah SWT Yang Maha Mengetahui.

  8. kangleek berkata:

    tp aku gak sepakat jk dikatakan sebagai sundaland.. mungkin lbh tepat istilahnya adalah JAWA (JAVA). jika nenek moyang kita berlayar ke negeri lain, liat aja di israel ada istilah Java tel aviv.. banyak juga istilah jawa digunakan oleh negeri2 lain di dunia spt pasaran wage, pahing, pon kliwon mjd nama2 tempat atau istilah di banyak negara.. peneliti UGM pernah mengungkap itu ketika memaparkan soal candi Cetho di karanganyar.. tapi mang ada yg blg itu zaman sulaiman mgkn benar.. soalnya sulaiman hidup pd masa tahun yg disebut di atas.. wajar saja jika raja jawa tersebut adalah sulaiman krn dia adlh raja yg kekuasaannya tidak akan tertandingi spanjang masa.. jd mgkn dia menguasai seluruh dunia..

    • kups berkata:

      maksudnya sundaland itu bukan suku sunda atau kerajaan sunda mas, hehee.. coba mas e baca ini dulu biar lebih terbuka http://id.wikipedia.org/wiki/Paparan_Sunda

      • spedaonthel berkata:

        iya, memang. anda benar. Secara geologi, Sunda adalah landas kontinen lempeng benua antara lempeng Samudra Hinda dan lempeng Eurasia di Asia Tenggara, yang selanjutnya disebut “Paparan Sunda”. Massa daratan utama antara lain dari Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Madura, Bali, dan pulau-pulau kecil di sekitarya. Jadi Sundaland itu adalah ISTILAH KAWASAN GEOLOGI.(lihat gambar diatas)

      • Sang Pejuang berkata:

        Iya, sunda di Jawa Barat juga ada yang mengemukakan bahwa mereka itu bukan suku/etnis namun nama agama kuno dulu. Kata “Su” yang berarti abadi atau sejati, “Na” yang berarti api dan “Da” yang berarti besar atau agung. Sunda berarti “Api Abadi yang Agung” tak lain adalah Matahari. Sunda zaman dahulu adalah sebuah ajaran agama yaitu agama Matahari. Sampai sekarang budayawan sunda pun masih meneliti asal usul suku sunda, karena sampai saat ini asal usul suku sunda belum jelas. Menurut versi Belanda dulu dinamain sama belanda sebagai Jawa Gunung.

      • spedaonthel berkata:

        Sebelum agama Hindu, di Indonesia belum ada agama, adanya hanya budaya kepercayaan, seperti di Jawa mereka mempunyai kitab budaya yang dikenal sebagai Kitab Primbon. Jika Sunda adalah agama atau budaya kepercayaan, mana kitabnya?

        Jadi Sunda adalah suatu wilayah kawasan, didalamnya terdiri dari banyak ras, lalu kawasan itu terpecah jadi beberapa kawasan: Malaya (Semenanjung Malaka & Sumatera) Kalimantan (Dayak) dan Sunda (Jawa, Bali & Nusa Tenggara). Lalu terpecah lagi karena perbedaan bahasa, Semenanjung Malaya bahasa Melayu Kuno, di Sumatera bahasa Melayu Modern, di Jawa bahasa Sunda dan Jawa, di Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara juga demikian, semua memiliki bahasa berbeda.

        Pada situs-situs Sunda, memang selalu memakai istilah yang “mengangungkan” nenek moyang dan juga Hyang, karena suku Sunda terkenal sangat menghormati nenek moyang dan alam, baik itu gunung, hutan ataupun astronomi.

        Jadi sebelum terpecah seperti disebutkan diatas, seluruh kawasan itu disebut sebagai Sundaland, dan bukan berarti berpaut ke suatu ajaran Agama. Tapi bisa jadi, itu hanya suatu kepercayaan kuno yang tidak memilik kitab, namun memiliki tembang-tembang syair yang mengagungkan nenek moyang, alam dan jagad raya.

    • Penasaran berkata:

      sabar mas… sabar.. ^ ^ bkan msalah itunya..

    • wadink berkata:

      ah, anda terlalu sentimental terhadap suku sunda… jangan gitu mas… fanatisme tu ga boleh mas… aplagi mengubah sejarah… ckckckc

    • Ando Ajo berkata:

      wakakkaka ente gak velajar Sejarah ya di sekolah ? atau IPS-Geography mungkin?
      kalo lihat komen ente diatas, ane menyimpulkan ente gak belajar itu
      blajar dulu sono, habis itu makan mie ayam, baru boleh komen
      wkakakakkaka

    • JAKA SANTANA berkata:

      LIHAT PETA DUNIA YG AWAL … GA ADA TUH JAVA LAND yang ADA SUNDALAND

  9. AA berkata:

    jika saja naskah-naskah kuno yang ada di musieum belanda ttg kerajaan sunda kuno (sebelum berdirinya kerajaan-kerjaan sebagaimana tercatat dalam buku-buku sejarah) bisa diteliti ulang, mungkin lebih terkuak lagi fakta-fakta kenapa ada selat sunda, kepulauan sunda besar, sunda kecil.
    dan sayangnya naskah-naskah kuno tersebut yg di rampas dan di bawa ke negeri belanda tidak bisa / sulit untuk diambil kembali oleh oleh ahli waris sah negeri yang bernama Indonesia ini

    • yazid berkata:

      ada mas cuman, diperpustakaan arsip belanda, semenjak hengkanggnya belanda dari Indonesia banyak literatur yang dibawa kesana akan tetapi, memang tidak dipublikasikan karena saat ada fakta yang terkuaak mungkin membahayakan

  10. M Zaini berkata:

    setuujuu pak, nabi sulaiman raja diraja yang membangun peradapan dan mungkin candi borobudur

  11. nakulo sadewo berkata:

    pernah juga say membaca kutipan dari buku dharmogandul yang menerangkan ” kasusastran Jawa dadi sesengkerane kasususastran sak jagad ” ( kesusasteraan Jawa menjadi pusat kesusasteraan seantero jagad ).

  12. prabu siliwangi berkata:

    saya pernah baca di sebuah situs.., INDONESIA = INISOENDA

    • Sang Pejuang berkata:

      Kenapa gak…INDONESIA = INISANDOE/INIANDOES…dll
      Sunda itu bukan sebuah suku teman…..!!!!!!
      Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu Sisa letusan gunung purba yang sangat besar kala itu. Gunung itu dahulu disebut Gunung Sunda yang meletus pertama kali sekitar 105.000 tahun yang lalu. Sekitar 55.000 sampai 50.000 tahun yang lalu Gunung Sunda meletus untuk keduakalinya, nah letusan yang kedua ini menjadikan Gunung Sunda terpecah menjadi tiga Gunung yang lebih kecil, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang dan Gunung Bukittunggul. Tahukah kalian bahwa saat itu dataran Gunung Sunda Purba telah dihuni oleh manusia purba. Homo Sapiens dan Manusia Jawa (Wajak) yang hidup antara 50.000 sampai 62.000 tahun yang lalu, katanya merekalah yang tinggal di lereng dan lembah Gunung Sunda purba. Apakah ada kaitannya dengan nama suku di Jawa Barat yaitu suku Sunda ?
      Sunda sebenarnya berasal dari kata “Su” yang berarti abadi atau sejati, “Na” yang berarti api dan “Da” yang berarti besar atau agung. Sunda berarti “Api Abadi yang Agung” tak lain adalah Matahari sebagai penyokong kehidupan manusia. Matahari adalah lambang Hyang agung yang berada di langit. Banyak yang menamakan Sunda sebagai : pemberi kehidupan, Hyang Manon (di Mesir), Guru Hyang, Guring (Sangkuriang), Su-ra. Sunda zaman dahulu adalah sebuah ajaran agama yaitu agama Matahari. Konon di tatar Jawa Barat Agama Sunda yang selanjutnya berkembang ke Mesir dan berbagai benua kala itu. Kita mengenal sekarang suku Sunda tinggal di bumi Parahyangan, “Pa” berarti tempat, “Ra” berarti Matahari dan “Hyang” berarti leluhur, jadi “Parahyangan” berarti “Tempat Para Leluhur”. Agama Sunda saat itu mengajarkan cinta kasih dan rasa syukur berterima kasih atas karunia, oleh karena itu Agama Sunda mengajarkan diadakan upacara Bende-Ra (Panji Matahari) yang disertai sesajian kepada Sang Hyang (para leluhur). Penghormatan kepada Matahari mereka simbolkan pada bangunan unik seperti Pepunden Berundak, Candi, Pyramid, obelish yang semua puncak bangunannya menunjuk ke atas yaitu Matahari. Bahkan dalam upacara tersebut juga sering dibuat Sang-Hu-Tumpeng, yaitu nasi yang dibentuk kerucut lancip keatas yang juga menghormati Matahari. Jadi Sunda awalnya adalah Agama Matahari buteman-teman, bukan suku atau ras manusia.

  13. herman berkata:

    wah saya sih masih ragu tetapi memang bukti2 tntang indonesia memang banyak…

  14. Ikem berkata:

    “Eden In The East juga mengungkapkan bahwa berbagai suku di Indonesia Timur adalah pemegang kunci siklus-siklus bagi agama-agama Barat yang tertua.”

    Berdasarkan Penggalan kalimat di atas, maka saya hendak menyimpulkan bahwa; Peradaban kehidupan umat manusia di muka bumi berasal dari TIMUR INDONESIA. Timur Indonesia yang dimaksud adalah West Papua.

    Kenapa tidak…. Semua komentar di atas dan yang belum terungkap adalah berdasarkan penelitian-penelitian terlebih dahulu tentang daerah dan peristiwa yang diteliti dan dipublikasikan. Pertanyaan, Siapa yang meneliti lebih mendalam dan komprehensif tentang West Papua..? Belum ada. Maka ada kemungkinan kesimpulan akhirku benar, bahwa bila diteliti suatu saat ada kemungkinan besar hal itu dapat terjadi bahwa Peradaban Umat Manusia datang dari Timur.

  15. zura berkata:

    seharusnya ada gambar peta nya donk !!!

    • spedaonthel berkata:

      Lah, itu diatas sudah ada gambar petanya bahkan videonya pak!!! Hihihihihi, kalau koneksi internet hanya memakai hape ya beginilah jadinya, tiap artikel tak bisa dilihat dengan detail dan tuntas. Sesuatu yang miss-komunikasi dan sangat BERBAHAYA jika akses internet hanya pakai hape karena tak semua halaman dapat dilihat dengan sempurna. Masalah ini sering dialami khususnya oleh netter di Indonesia. 🙂

    • paray berkata:

      peta jaman kapan? krna peta sekarang jauh berbeda dgn keadaan skarang. dahulu sundaland daratan yg luas p.jawa,xmntan,sumatra,malaka dll. dahulu masih nymbung, kmudian d pisahkan oleh brbagai bncana gunung mltus, gmpa, bnjir bsar hingga dataran trsebut pcah dan trbntuklah pulau2 sprti skrang.

  16. iyuh berkata:

    kok dia bisa yakin gitu??? -___-

    • Dia kan peneliti boss, yakin karena sudah melakukan penelitian mendalam dan lama

    • Andrew berkata:

      Ya yakin, wong dia pake riset gitu.

    • Rose White berkata:

      Ya jawabannya sederhana. Seperti Anda ko bisa ga yakin begitu??? Sejujurnya sebagian besar manusia adalah korban pembentukan informasi dari sebagian kalangan tanpa berusaha mencari kebenarannya atau membuka sedikit terhadap kemungkinan. Semisal di sekolah dasar kita diajarkan bahwa candi itu dibangun oleh Baboon tentu saat ini sebagian akan skeptis bila ada yang menyatakan candi itu dibangun oleh manusia. Toh hanya segelintir orang yang benar2 tau bukti2 atau yang berusaha mencari bukti mengenai sejarah.

  17. ajust berkata:

    apapun kita semua berasal dari keturunan yang sama…..tiada yg lebih Agung dari Kebesaran Tuhan Yang Maha Tunggal

  18. Oka Santosa berkata:

    yahhh…bigini deh memang watak orang indonesia yg gemar terhadap pujian
    karna sejak jaman dulu sdh menjadi budaya yg mengakar jika dipuji pasti lupa diri
    …namun menurut saya sih …si penulis ini kurang kerjaan di inggris makanya jual buku kemari
    kalo dijual di inggris atau di jerman pasti di kewain….hihihi….!!!!!

  19. Lebhus Bhumi berkata:

    santai pak bro mas bro, di dunia ini masih banyak misteri yang belum bisa di jawab, setiap informasi yang anda berikan bisa memberikan banyak wacana, hanya masalah waktu yang akan membawa kita pada kebenaran, wacana-wacana yang terkumpul itu seperti sebuah potongan puzzle, yang akan di tata menurut tempatnya, yang pada akhirnya akan menjadi sebuah kenyataan yang jelas, tentang sejarah kehidupan manusia yang banyak kita baca dari manuskrip-kitab-muzhab-artefak-dan peninggalan-peninggalan masa lalu, biarkan kita-kita ini mempelajari banyak hal, tidak terkungkung oleh penafsiran-penafsiran yang sempit, bukan kah sejarah itu untuk di pelajari se luas-luasnya? terima kasih.

  20. aria berkata:

    Kebudayaan eropa dan afrika kuno bicara tentang nenek moyang mereka datang dari timur, sementara kebudayaan amerika kuno bilang nenek moyangnya datang dari barat, bukan utara atau selatan. Cari aja tengah2 dari omongan mereka tuh, udah ketauan dimananya. Sebagai contoh, mustahil bila asal mula peradaban manusia modern berasal dari arab dan sekitarnya yg tandus dan tak subur, nenek moyang kita semua pun tak bodoh. Peradaban hanya bisa terbentuk disaat urusan manusia dengan perut teratasi, disaat itulah manusia baru bisa sibuk dengan hal2 lain, dan jawa dulu yg sundaland telah dan masih menjadi tempat tersubur dimuka bumi ini. So it’s a yes that Cultures, Religions, Sciences & All modernization begins here in our land. Just saying!

  21. ogahaah berkata:

    Ikuuuuuuuutan Bangga bin bersyukur aja deh jadi orang indonesia. Ajib tenan

  22. yuwi jamal berkata:

    wah ternyata banyak sejarah yang selama ini kita tidak tahu tentang negara yang telah kita tinggali selama ini. oh iya silahkan kunjungi blog saya ya makasih 🙂 salam kenal saya yuwi

  23. ki sunda berkata:

    bangga aing jadi urang sunda ……………., tah kanggo urang sunda prak guar deui budaya karuhun urang , tembongkeun ajen wewesen teh , kaluarkeun sima aing sima maung , bukti geus nyata , hayu eskavasi tuh gunung padang di cianjur , cenah mah umur carbon di kajeroan 5 – 10 meter teh umurna 14500 – 25000 SM, eta geus di uji lain ukur ku urang indonesia hungkul tapi ku peneliti agu geus di anggap kahot ku balarea (lab BETA Miami Florida),lamun mah teu percaya ka urang indonesia (lab BATAN indonesia ).
    http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_Gunung_Padang

  24. adks berkata:

    saya juga heran knapa harus sundaland…??!
    knapa tidak jawaland atw yg lain.”tentu ini akan bayak yang menolak .karena banyak nya suku di indonesia.munkin dari suku sunda sendiri.sampai ada yang mengartikan sunda penyembah matahari.tapi tidak sampai sekarang tidak ada orng sunda yg menyembah matahari .bahkn suku baduy sekalipun.
    tapi saya yakin sunda ajaran leluhur sunda tak seburuk dugaan banyak orang.
    dari membaca artikel ini mungkin sunda tdk butuh di bela.krn sunda akan menujkan jati dirinya sendiri.

    • Safe'i berkata:

      Pada inget gak dulu Nusa Tenggara (Timur dan Barat) disebut Sunda Kecil. Apa hubungan sunda di Jawa Barat sama sunda kecil di Nusa Tenggara, bahasa ama logat aja jauh banget bedanya. Jadi sunda di sini sama kayak tulisan di atas bukan berhubungan dengan salah satu suku tapi daerah…

  25. juli berkata:

    mas-mas, aa aa, om-om, saudaraku sekalian mungkin kata sunda dan parahyangan setelah saya baca tanggapannya diatas bisa dikomparasi dg temuan Borobudur peninggalan nabi Sulaiman yang dibukukan oleh KH. hasan bisri, konon kabarnya Nabi Sulaiman menguasai nusantara yg terdapat kerajaan saba beserta sang ratu sheba dimana wilayahnya dikenal sbg hutan saba ataw Wanasaba atw Wonosobo yang pd waktu itu rakyatnya menyembah matahari dengan analisa adanya petilasan ratu boko di yogya yg menghadap matahari. Mungkin bisa juga dikomparasi dg ditemukannya fosil tertua sangiran, apa bener itu kera berjalan tegak sejak kapan ada kera berjalan tegak, dan di babad tanah jawa pada bab awal juga diceritakan masalah turunnya nabi Adam hingga berkembang sekarang. Yang jadi pertanyaan apakah benar manusia pertama turun di Arab atw eropa yg negerinya ada 4 musim dan kalau pd saat itu bumi msh sangat dingin apakah mungkin mereka turun disana dengan pakaian seadanya bahkan tidak berpakaian sama sekali? bukankah negeri di khatulistiwa adalah sumber energi dan lebih hangat seperti iklim di nusantara, nah monggo silahkan dikaji dan dianalisa kembali Dan apabila benar maka ini akan menjadi sejarah umat manusia bahwa manusia nusantara entah dari jawa, sunda, sumatera, sulawesi, maluku, papua intinya yg mendiami bumu bernama Indonesia adalah manusia unggulan dan punya amanah utk memperbaiki keadaan negeri dan dunia karena konon khabarnya juga manusia di negeri ini punya darah Aulia, para nabi dan Rasul Allah….. Semoga Allah memberikan kuasa dan rahmat Nya di negeri yang gemah ripah loh jinawi, swarnadipa dan rahmatan lil Alamin

  26. uchie berkata:

    gubraaaaakkkkkkkkk deeeee!!!!!!! hadeeehhhhhh…. SUNDALAND itu BUKAN SUKU denmas brooo…belom paham2 juga y?

  27. Iday berkata:

    Sundaland is a country my friends.. Sundaland adalah sebutan masa kini utk sbh peradaban tinggi d masa lampau.. Sblum sebutan java island/pula jawa/orang jawa/suku jawa sndiri itu ada.. Jd sptnya g usah meributkan nama jawa atau sunda.. Krn bukan itu esensinya.. Koq repot protes soal nama (yg mrasa wong jowo).. Iri tnda tk mampu! Hehe.. Piss ahh..

  28. talim sumitra berkata:

    Saya bangga jadi orang INDONESIA yang mana adalah cikal bakalnya peradaban manusia di dunia. dan ternyata kata sundaland (tanah sunda) itu nama tertua yg selanjutnya diteruskan dengan nama kerajaan pertama di indonesia Salakanagara (kerajaan sunda di jawa barat)& seterusnya sampay ke Prabusiliwangi jaya dewata terakhir sangiang Surawisesa. tapi jangan lupa… kita harus lebih bangga lagi jadi diri kita sendiri…!!!

  29. kalau lah memang peradaban manusia berasal dari Sundaland, mungkin Tuhan telah menentukan demikian.Tinggal kearifan dan kepintaran manusia sekarang untuk menguak tabir ini semua.Seiring perkembangan teknologi yang lebih maju maka sedikit demi sedikit akan terkuak misteri ini.

  30. urip bbkn berkata:

    izin share gan.mksh

  31. Basstyo berkata:

    Penamaan SUNDALAND dibuat oleh orang asing, karena yang membuat penelitian adalah mereka bukan orang Indonesia baik Sunda, Jawa dll. Jadi ini semua tidak ada kaitannya sama sekali dengan “kesukuan”, mungkin juga penelitian ini pada saat itu belum ada suku sunda karena ini sudah lama sekali penelitian ini.
    Seperti dalam perkomputeran ada nama javascript, java games, ini tidak ada kaitannya dengan suku jawa (java), ada lagi merk sepeda motor juga pakai nama Java tahun 1950’an.
    Kalau masalah kepercayaan bahwa penyembahan matahari dengan suku sunda/Baduy sekarang memang tidak ada, coba lihat sejarah kapan suku Baduy mulai ada. Mungkin yang menyembah matahari sebelum suku baduy eksis dibumi sunda.
    Penamaan pulau-pulau di Indonesia pun sekarang sudah berubah seperti Borneo menjadi Kalimantan, Celebes menjadi Sulawesi dll… karena orang kita tidak pernah meneliti dan membuat menamakan dalam Peta dunia.
    Yang ditulis dalam sejarah adalah puluhan ribu tahun lalu bukan yang hitungan ratusan atau abad yang lalu.
    Jadi kita harus lebih bijak dalam membaca dan berfikir untuk sejarah.
    Saran saya bacalah sejarah dengan utuh jangan sepotong-sepotong, lalu diskriminatif atau memojokkan diri sendiri dengan yang ada sekarang.

  32. bdgrent berkata:

    wah keren tuh apabila benar harusnya menjadi kebanggan bagi indonesia

  33. Qoyum alwarizi berkata:

    Tidak ada nabi yang paling kaya dan seorang raja perkasa yang punya kekuasaan terluas dijamanya dengan nama jawa “SU”…..”MAN” selain Nabiallah Sulaiman a. s. , yang bisa komunikasi dengan makhluk2 lain, juga mampu memerintah bangsa raksasa atw Butho ijo atau jin ( Suparman, Sudirman, Suratman, Sukarman, ………. ) jangan2 malah ada situs Istana Sulaiman as. di negeri ini……

  34. tikus urban berkata:

    saya pikir kalian asal ngomong, ngalor ngidul tidak jelas..

  35. xxxxxx berkata:

    artikel yang sangat bagus dan menginspirasikan saya it’s very amazing about indonesia

  36. Heru Budiyanto berkata:

    Woiiii…. Sundaland itu hanya penyebutan Benua / Dataran Sunda aja, bukan merujuk pada satu suku. Mau Sundaland kek.. Javaland kek…, Tokek kek.. harusnya nggak usah jadi perdebatan. Yang harus kita ambil pointnya disini adalah bahwa setelah mengetahui semua informasi ini, kita harusnya bangga dong sama bangsa kita ini yang merupakan kebudayaan tertua di dunia. Okreks…… !!!

  37. mustika berkata:

    Yakin juga. Krn situs tertua..Ada di Indonesia….

  38. faqih berkata:

    Orang indonesia-melayu menrumuskan peradaban duniahanya dalam waktu beberapa bulan tanpa data sejarah yang kuat (hanya menduga). Orang barat sana merumuskan peradaban dunia dalam waktu beratus-ratus taun dengan terus menerus dilakukannya studi yang komperhensif. Yaa logikanya dikira-kira aja yang bener yang mana 🙂

  39. faqih berkata:

    Kalo menurut saya hal-hal saintifik gini ga perlu ngambil kesimpulan dari ayat-ayat firman Tuhan. Terjemahan tiap orang bakal beda, karena memang firman Tuhan memiliki makna kiasan yang tiap orang/kelompok punya representasi sendiri. Kalo hal saintifik gini mesti pake data yang jelas,kongkrit dan dapat dipertanggung jawabkan

  40. Ando Ajo berkata:

    wakakak ikut nimbrung ahh

    ane dah beli tuh buku pas dia muncul di BERITA TV (Eden In The East) waktu tuh Om Bule ngadain jumpa pers di Indonesia. well.., dari yang ane udah baca di buku itu, sepertinya emang bener apa yang diunkapkan si Om Bule.
    doski melakukan (klo gak salah inget) 6 tahun penelitian sebelum merilis tuh buku, dan klo gak salah inget tuh Om Bule melakukan/menganalisa lewat tes DNA (entah hewan termasuk juga manusia) ampe kultur budaya (dari dongeng pengantar tidur ampe cara mencari nafkah). dan sepertinya semua yang si Om Bule lakuin (tes dan analisanya) bareng temen-temen dia pastinya, sepertinya semua itu MASUK AKAL.

    well.., kalo gak percaya coba beli (paling gak pinjem) dah tuh buku ‘Eden In The East’

  41. sundapura berkata:

    LOL buat yang bilang nabi sulaeman yang membangun borobudur, jelas2 di borobudur itu ada patung buda diatasnya, emangnya nabi sulaeman agamanya buda gitu?… 😀

    jangan karena kita ingin merasa hebat lalu kita mengklaim semuanya yang bahkan tidak ada kaitannya dengan kita, ujung2nya malu2in!…

    ini sama kayak kelakuan kita yang selalu menyalahkan orang lain berkonsfirasi untuk menjatuhkan kita, padahal kita sendiri yang memang bodoh… 😀

    nah untuk artikelnya, mungkin kedepan akan makin banyak ditemukan fakta2 sejarah di nusantara ini yang banyak orang tidak akan mengakui dah bahkan menolaknya mentah2 karena tidak sesuai dengan apa yang selama ini mereka percayai dan mereka dengar dari nenek moyangnya… jadi bersiap2lan, suatu saat kebenaran akan terungkap bagaimanapun caranya, karena manusia itu butuh pembelajaran untuk bisa sampai kepada kebenaran…

  42. Krisan berkata:

    Wah baru nemu ini, dan aku kagum, cm agak ironis krn d st d sebutkan manusianyalah yg menghancurkan negeriny, mau kerajaan Saba’ atau atlantis d gambarkan manusianya sombong dan rusak. Sepertinya sikap ‘orang indonesia purba’ menurun k orang indonesia modern yg artinya tunggu saja kehancuran negeri ini seperti negeri2 sblmny d tanah ini.

  43. pentol berkata:

    lihatlah relif di candi penataran
    gambaran relif tersebut adalah apa yang perna terjadi di jaman dahulu

  44. mustika berkata:

    Ya..situs gunung padang mrpkn piramida lbh tua Dr di mesir. Semua tenggelam Dan muncul kepulauan Indonesia bbrp ribu thn setelahnya

  45. Adks berkata:

    Siapa Yang Bilang Orng Baduy Tetap Memegang Teguh Ajaran Lelurnya..! Tanyaain Coba Kapan Leluhur Mereka Mulai Ada…?.
    Kata Orang Baduy…,”!,! Yeuh Kabeh Kokolot Di Dieu Teh Ti Baheula Ge Pan Sunda, Basa Kami Ge Sunda.Kami Ge Cicing Di Nagara Sunda..!

  46. adks berkata:

    Penanaman Sebuah Nama Tidak Datang Begitu Saja…!? Tentu Ada Sebuah Alur Cerita Dan Sebuah Makna. Kalau Muncul Nama Sundaland..!Dari Manakah Kita Harus Meminta Alamat Dan Peta Sejarahnya..!?

    • Satu berkata:

      merinding ,.. betul sundaland is poseidon,. cikal bakal dari seluruh peradaan dan kebudayaan manusia di muka bumi,.. ntar lagi akan jadi pusat dunia

  47. Nasrul Isa berkata:

    He…numpang lewat nih. Maybe…..ha…ha…, tapi jangan lupa mengingat bangsa kita yang seperti sekarang, mungkin juga lenyapnya peradaban dimulai dari Indonesia juga.

  48. adks berkata:

    Maaf Mengambil Contoh Orng Baduy.,!Karena Merekalah Yg Masih Asli Orng Sunda.!Klw Orng Sunda Yg Ada Di Jawa Barat.! Apa Masih Bisa Di Sebut Asli.Karena Sudah Banyak Percampuran {kimpoy} .Kalau Masalah Memahami Sejarah Orng Bisa Berbeda,Setiap Pendapat Tidak Bisa Di Sebut Final Karena Karena Tidk Akan Ada Akhirnya.Jadi Janganlah Pengetahuan Sejarah Yg Kita Miliki Untuk Menjustis Pemahaman Orng Lain.!

  49. tatang ruchiat berkata:

    sejarah suku jawa,bahwa penduduk asli pulau jawa itu adalah suku sunda, suku jawa itu belum ada karena suku jawa adalah hasil perkawinan suku sunda dan bangsa tamil dari india maka lahirlah orang jawa yg berkulit sawo matang jadi di pulau jawa ini penduduk asli nya adalah orang sunda jadi suku sunda itu leluhur orang jawa. Itulah kerajaan pertama di pulau jawa adanya di jawa barat setelah ada perkawinan campuran suku sunda dan orang tamil barulah ada orang jawa yg kemudian menyebar ke arah timur yaitu jawa tengah dan jawa timur.

  50. wahyu berkata:

    sunda,jawa,batak,batduy atau apapun itu kita sebangai anak bangsa harus bangga,bukan malah saling menghujat harusnya ikut menggali kebanarannya…

  51. risang dj berkata:

    artikel yg sangat menarik…terlepas dari diskusi/cenderung ada debatnya dikit…yg menurut saya ,saling melengkapi,untuk membantu kita /masing” dalam mengambil kesimpulan…dan menelaah lebih lanjut…..
    Yg mempunyai argument/data yg bisa menguatkan…..monggo…silakan diposting….untuk menambah wawasan pembaca yg lainnya

  52. Q30 berkata:

    menyimak ulasan di atas, menurut saya, awal mula peradaban manusia itu di bagian Timur Indonesia, mengapa??? karena jawabannya adalah hal yang sangat mendasar, di bagian Timur Indonesia LEBIH DULU MERASAKAN PANCARAN SANG SURYA baru Indonesia bagian Barat.

  53. xxx berkata:

    yang merasa suku sunda jgn besar kepala dulu, yg dimaksud sundaland tu, bkan cuma orang sunda tok dodol, tapi seluruh wilayah nusantara. contoh benua amerika, ada bnyk negara disana termasuk amerika serikat USA(ASU),dan bkan berarti benua amerika itu miliknya sndri….

    • Fic Rifky berkata:

      Setuju sundaland bukan hanya suku sunda,tapi seluruh nusantara .
      tapi kerajaaan suku sunda dari jaman dulu terkenal penjelajahanya di seluruh nusantara dari tanah sumatra,kalimantan,sulawesi,bali smpe indonesia timur .dan banyak tempat/kota di indonesi menggunakan istilaha/bahasa suku sunda(jawa barat)

  54. shampo noni bsy berkata:

    terimakasih atas postingannya gan,
    wahhh kalo sekarang masih ada ga kira-kira bukunya gan?
    terimakasih ; )

  55. javanforest zirowo berkata:

    walau bagaimanapun kalo orang jatuh dari gedung lantai 4 tetap sakit

  56. jono berkata:

    Wuaaaaahhhhh………..( Gile lu ndro)

  57. voz berkata:

    membacanya seakan menerawang jaman dulu…

  58. adks berkata:

    Apa Coba Penduduk Asli Benua Amerika

  59. denny berkata:

    MERDEKA

  60. Muhammad Khoirudin berkata:

    indonesia=1945+..?90 ada di dlm surah al balad yg artinya negri,.iya kn toh.

  61. Fic Rifky berkata:

    SUNDA agama purba yang bertempat di nusantara sebelum masuk nya agama hindu,budha,islam dan kristen penyebaran kepercayaan agama SUNDA sampai menyebar eropa dan afrika.

  62. habibridwan berkata:

    klo sejarah di indonesia bagaimana sejarah pd nabi” dahulu

  63. eroen berkata:

    ngimpi bukan ya

  64. rendra berkata:

    Maaf sebelumnya suhu2 yg lebih senior tentang sejarah , memang ada benar semua yg di sampaikan di aritkel di atas tapi kita semua tau kan semua sumber2 sejarah bersumber dari peningalan yg paling jelas berupa kitab2 yg ada dr kitab agama maupun suku2 yg ada , memang semua kitab2 tersebut berasal dr agama atau kepercayaan yg berbeda2 bukan maksud saya menggurui suhu2 sekalian tapi jika di kaji dr segi kebenaran dengan fakta yg ada, bisa di bilang sumber informasi sejarah dunia bisa d kaji dr kitab al quran, mengapa sy mengatkan demikian semua yg suhu bahas berkaitan dengan nabi kisah nabi Sulaiman A.S, dan berlanjut dngn kisah atlantis atau (sundaland), semua it ada dalam alquran tentang sejarah peradaban dr terbentuknya bumi hingga rahasia besar hari kiamat, jika saja stephen oppenheimer, atau ilmuan sejarah lainya lebih banyak mengkaji Al Quran, dengan bantuan ahli tafsir , bisa jadi lebih banyak sejarah dan fakta yg akurat bisa di temukan, ..

    • ari wibowo berkata:

      ya saya percaya itu, salah satu kuncinya berada di situs gunung padang, cianjur, bogor, jawa barat. kita tunggu sejarah baru akan terungkap dan bersiaplah…

      Pada tanggal 17/01/16, “Mysterious Thing • Conspiracy • Controversy • UFO & Alien • Archeology • Science • Universe • • • • • • • • • • • •”

  65. odik berkata:

    saya setuju.. mengarah pada fakta budaya baduy yang mengklaim dirinya sebagai umat nabi adam as yang disebut sebagai agama (sunda wiwitan).. seperti yang kita tahu bahwa nabi adam as itu adalah khalifah pertama di muka bumi dan menjadi nenek moyang umat manusia.. maka pastilah peradaban tertua berada di indonesia dan berpusat di tanah sunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s