Ada Kehidupan Primitif di Planet Venus

Ilmuwan: Sangat Mungkin Ada Kehidupan Primitif di Atmosfer Planet Venus

Planet Venus from telescope on Earth

WASHINGTON, USA – Permukaan planet Venus tidak seperti Bumi yang ramah untuk makhluk hidup.

Kesempatan untuk hidup di sana bahkan mendekati nol. Namun, menurut sejumlah ilmuwan, beda halnya dengan atmosfer Venus.

Menurut beberapa sumber, kemungkinan bentuk-bentuk kehidupan primitif masih beredar di antara gas-gas yang tercampur di lapisan atmosfer Venus.

Tidak berhenti di situ, para ahli mengatakan rencananya untuk misi lebih lanjut.

Mereka akan melakukan semacam misi sampel untuk mengambil setiap potensi “penghuni” yang mungkin bersembunyi di sana. Demikian diberitakan Daily Galaxy, Maret 2011 silam.

Selama bertahun-tahun, beberapa pesawat ruang angkasa mendekati planet tersebut dan menganalisisnya hingga batas tertentu. Namun, mereka tidak tahu banyak tentang Venus seperti halnya Mars. Planet Merah ini dipelajari ilmuwan non-stop dalam beberapa dekade terakhir.

A man equipped by special suit to Venus exploration on Venus surface. (illustration by NASA)

A man equipped by special suit to Venus exploration on Venus surface. (illustration by NASA)

Meski teori-teori muncul dan mulai menunjukkan ada kehidupan di Mars, Venus bisa jadi menyimpan kejutan besar bagi para ilmuwan, khususnya astrobiologist. Namun, misteri itu dinilai cukup mudah dipecahkan. Menurut ilmuwan, cukup dengan mengirimkan balon terbang ke planet itu untuk menangkap kehidupan di atmosfer Venus.

Di permukaan planet Venus, suhu tercatat sangat tinggi. Panasnya bahkan bisa menguapkan raksa dan mengubah timah padat menjadi genangan air.

Tingkat tekanannya mencapai 20 kali lipat Bumi, sehingga bisa dipastikan bahan dan struktur kehidupan tidak mungkin ada di planet ini. Jika pun ada, kemungkinan mereka yang bertahan dengan kondisi ini sangatlah minim.

Anehnya, atmosfer Venus justru mirip dengan Bumi. Jaraknya cukup jauh dari permukaan. Awannya bahkan memiliki suhu yang sama, begitu pun tingkat tekanannya.

Sejumlah studi, walaupun jumlahnya sedikit, mengatakan bahwa komposisi kimia dari awan ini sangat mirip dengan awan di Bumi sekitar miliaran tahun yang lalu.

Artinya, suasana atmosfer Venus sangat mirip dengan suasana atmosfer Bumi saat terbentuk pertama kali.

Atmosfer di Venus dan Bumi sama-sama tidak mengandung asam sulfat. Ini adalah petunjuk yang menjanjikan bagi banyak orang. Bahkan, orang skeptis pun mengakui bahwa ini perlu dieksplorasi lebih lanjut secara rinci.

Terlepas dari banyak temuan yang dianalisis dari Bumi, faktanya ilmuwan merasa perlu untuk mengirim roket jarak jauh dan mengambil sampel langsung. Hanya dengan cara ini mereka bisa memastikan bahwa kehidupan memang ada atau tidak di permukaan planet tetangga Bumi itu.

venus orbiter

Wahana Jepang ke planet Venus, Akatsuki (kiri) dan Ikaros (kanan)

Tahun 2010 lalu, Jepang juga telah meluncurkan roket, sebagai misi ruang angkasa ke planet Venus. Misi ini bertujuan untuk mempelajari atmosfer Venus dan menguji pesawat bertenaga surya. Dua wahana ini, Akatsuki dan Ikaros, diangkut roket yang diluncurkan dari Jepang selatan.

Ikaros adalah wahana yang menggunakan baling-baling bertenaga surya dan pergerakannya akan bertambah cepat ketika melewati Venus. Ikaros akan mencapai ke sisi terjauh Venus dari matahari.

Para ilmuwan berharap pengetahuan lebih mendalam mengenai planet ini bisa membantu manusia memahami pemanasan global di bumi. (Daily Galaxy/ sm/ar/tn/vs/icc.wp.com)

Cosmic Geometry, between Venus vs the Earth

Cosmic Geometry, between Venus vs the Earth

Venus map surface (NASA)

Venus, Earth and Mars: Atmosphere and the Myth the Habitable Zone

Artikel terkait Venus:

Venusian, Alien Planet Venus Pernah Hadiri Beberapa Konferensi

 *****

http://wp.me/p1jIGd-NG

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Misteri Alien & E.T., Misteri Planet. Tandai permalink.

7 Balasan ke Ada Kehidupan Primitif di Planet Venus

  1. william weno berkata:

    it’s good.
    coba indonesia punya astronot. dan bisa meneliti keluar angkasa

  2. Qol'Kud berkata:

    Bentuk keadaan yang di ambil dari citra mesin pengamat dan logika manusia bumi yg terdoktrin dalam mengamati keadaan sebelum merasakan sendiri.misal org melihat area di luar rumah ada gemercik air karena tidak “gamblang” pasti dikira hujan padahal tetangga memnyemprotkan air dari loteng dengan cara sedemikian rapi agar org yg melihat dari dalam rumah adalah hujan.begitu juga venus dengan mengkamuvlase keadaan agar org bumi mengira di venus tdk bsa di tinggali

  3. Jack berkata:

    Pada 2-4 milyar tahun lalu planet venus dan mars berlangsung suatu kehidupan yg kompleks spt dibumi sekarang, sdgkan bumi baru memulai evolusi kehidupan tgkt primitiv dan belum cukup nyaman utk ditempati. Kehidupan/peradaban divenus dan mars itu sendiri berasal dari luar planet tsbt. Kemudian salah satu dari belasan faktor penyebab kerusakan planet tsbt adalah faktor manusianya itu sendiri akibat sangat seringnya terjadinya peperangan dahsyat ….!

  4. shampo noni bsy berkata:

    indonesia punya astronot??? insya allah suatu saat nanti..

    ga kebayang deh kalo tinggal disana kayanya panas banget

  5. kaya alien lagi ga gan?
    terimakaish 😉

  6. veriska.com berkata:

    mengapa seperti itu gan?
    makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s