Teori Evolusi Mungkin Berakar dari Indonesia

archaeology

Teori Evolusi Mungkin Berakar dari Indonesia

Teori Evolusi selama ini dikenal sebagai ide orisinal Charles Darwin. Padahal, pemikiran mengenai seleksi alam yang menjadi dasar teori tersebut berasal dari Alfred Russel Wallace, ilmuwan Inggris pencetus garis Wallacea melalui Laut Sulawesi, yang membatasi fauna dari Asia dan Australia.

Hal tersebut disampaikan Kepala LIPI Profesor Umar Anggara Jenie disaat lokakarya paparan hasil ekspedisi ilmiah Widya Nusantara di Kantor LIPI.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/03/Alfred_Russel_Wallace_engraving.jpg/381px-Alfred_Russel_Wallace_engraving.jpg

Alfred Russel Wallace, ilmuwan Inggris pencetus garis Wallacea melalui Laut Sulawesi

Ia mengatakan pendapat mengenai seleksi alam tertuang dalam surat-surat yang dikirimkan Wallace kepada Darwin pada tahun 1858 yang dikenal sebagai surat dari Ternate.

“Sebagai lembaga yang concern terhadap sains, LIPI harus ikut ngomong,” ujar Umar. Apalagi Perserikatan Bangsa-bangsa menetapkan tahun 2009 yang lalu sebagai the Darwin’s Year.

Ia mengatakan saat ini di Inggris terdapat sekelompok ilmuwan yang meyakini bahwa Wallace pantas disejajarkan dengan Darwin, bahkan beberapa lembaga penelitian sudah mendampingkan foto keduanya untuk memberikan penghargaan terhadap lahirnya Teori Evolusi.

Jika hal tersebut benar, pemikiran mengenai teori evolusi lebih dulu lahir dari Ternate daripada Galapagos. Peran Wallace pernah dibahas dalam sebuah simposium di London pada Desember 2008.

Simposisum ini diselenggarakan Yayasan Wallacea yang kini diketuai Profesor Sangkot Marzuki, Direktur Lembaga Penelitian Eijkman.

Makassar channel (Wallace channel type)

Makassar channel (Wallace channel type)

Menurut Umar, sejarah di balik lahirnya teori-teori ilmiah seperti ini penting untuk dipelajari apalagi dekat dengan bangsa Indonesia. Dengan kenakaragaman hayati yang sangat besar, Indonesia telah terbukti melahirkan para ilmuwan-ilmuwan besar.

Charles Robert Darwin mencetuskan teori evolusi modern dan prinsip garis keturunan yang sama (common descent) dengan mengajukan seleksi alam sebagai mekanismenya.

Ekspedisi Widya Nusantara merupakan salah satu kegiatan penelitian ilmiah yang dilakukan LIPI untuk mengungkap lebih dalam keragaman hayati di Indonesia.

Kegiatan penelitian ini telah dilaksanakan hingga tahun 2009 di Raja Ampat hingga Manado.

Wilayah Raja Ampat telah diketahui sebagai kawasan dengan tingkat keanekaragaman yang sangat tinggi dan diyakini menyimpan jejak sejarah penyebaran makhluk hidup di Indonesia.

“Tidak tertutup kemungkinan hasil-hasil ekpesdisi E-Win dibawa dalam simposium sebagai satellite simposium lebih besar,” tandas Umar

“Tapi jangan di Jakarta, mungkin di Ternate sebagai land of Wallace,” Umar menambahkan. (kompas/WAH)

Artikel Lainnya:

Kerangka Manusia Purba Tertua Patahkan Teori Darwin

Artikel  ini juga di forward oleh forum vivanews

*****

((( IndoCropCircles.wordpress.com )))

Pos ini dipublikasikan di Arkeologi Dunia, Arkeologi Indonesia. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Teori Evolusi Mungkin Berakar dari Indonesia

  1. Ayo sarjana/Prof kita hrs berani berbicara di forum2 internasional tetang archeaology kita, jangan diam saja kita berbicara sesui benda2 temuan yg ada dan bila salah atau dipatahkan oleh pendapat ilmuan lain silakan. Semago akan bermunculan Ilmuan2 tanah air, utk memberikan gambaran yg ada di Indonesi utk umum dan hrs itu merupakan tugas mulya sbg sifitas Tridharma Perguruan Tinggi. Salam NKRI…………………………………………………………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s