Inilah Beberapa Board Game Di Dunia Yang Bertemakan Indonesia

archaeology

Inilah Beberapa Board Game Di Dunia Yang Bertemakan Indonesia

Saat ini, setidaknya sudah ada puluhan hingga ratusan ribu judul “permainan papan” atau board game, yang beredar di seluruh dunia. Dari judul-judul board game tersebut, ternyata sudah ada segelintir kecil yang bertemakan Indonesia.

Board game sendiri tumbuh dan berkembang pesat di belahan benua Eropa, terutama di Jerman. Setiap tahunnya ada begitu banyak judul baru yang dicetak dan dirilis di negeri itu.

Siapa sangka, produsen dan pembuat board game asal Eropa itu ada yang melirik Indonesia sebagai sumber temanya. Akan tetapi, kebanyakan dari game tersebut tidak banyak menceritakan tentang Indonesia, selain hanya untuk referensi visual saja.

Dari tahun 1990 hingga sekarang, tercatat ada setidaknya ada 7 board game asal luar negeri yang bertemakan Indonesia. Beberapa di antaranya sudah cukup sulit untuk dicari.

Berikut ini beberapa daftar board game yang judul-judulnya bertemakan Indonesia:


1. Papua (1992)

Papua

Board game mengenai pulau Papua ini dibuat oleh Thilo Hutzler asal Jerman.

Board game tersebut terkesan sedikit komedi, yakni bagaimana menyelamatkan diri menuju perahu sebelum dijadikan sup oleh suku pedalaman di Papua.


2. Java (2000)

Java

Board game ini dibuat oleh Michael Kiesling dan Wolfgang Kramer. Keduanya berasal dari Jerman.

Permainan tersebut akan mengajak pemain untuk berlomba-lomba membangun desa. Pemain juga akan diajak untuk membuat sistem irigasi, lalu membajak sawah. Pemain dengan peradaban termaju akan dinyatakan sebagai pemenang.


3. Bali (2001)

Bali

Game ini juga dibuat oleh orang Jerman. Namun kali ini, si pengarang bernama Uwe Rosenberg. Game tersebut menceritakan seorang dalang wayang yang berpetualangan dari satu pulau ke pulau lain. Kemudian, sang dalang akan menantang dalang lain di suatu pulau.

Jika sang pemain sukses menyebarkan budaya wayang, maka pemain tersebut yang akan memenangkan permainan. Fakta uniknya, meski menggunakan nama Bali, pemain sama sekali tidak bakal menemukan Bali sebagai pulau yang akan dikunjungi.


4. Indonesia (2005)

Indonesia

Kali ini, board game tersebut bukanlah buatan Jerman, melainkan orang Belanda. Joris Wiersinga, nama si pengarang.

Board game ini bisa dikatakan sebagai game legendaris. Pasalnya, ia dinilai sebagai board game paling rumit di dunia. Board game “Indonesia” ini pun sudah cukup sulit ditemukan di pasar.

Pemain nantinya akan berperan sebagai pedagang yang ditunjuk Sultan dari Solo (mungkin, maksudnya adalah Mataram. Ia akan memperbutkan komoditi pangan dan juga kapal dengan menguasai pelabuhan.

Pemain yang memiliki kekayaan paling banyak adalah pemain yang akan memenangkan permainan.


5. Borneo (2007)

Borneo

Borneo, nama lain dari pulau Kalimantan ini dibuat oleh seorang Italia bernama Paolo Mori. Borneo bercerita pemain yang akan bertindak sebagai pedagang rempah-rempah pada abad ke-17.

Setiap pemain bertugas untuk lebih sukses dari pemain lain untuk menunjukkan, ialah juragan rempah-rempah paling hebat.


6. Batavia (2008)

Batavia

Mengambil asal nama Jakarta, Batavia dibuat oleh Dan Glimne & Grzegorz Rejchtman yang berasal dari Swedia.

Di Batavia, pemain adalah bagian dari kongsi dagang Hindia Timur, Inggris, Belanda, Swedia, Denmark, dan Prancis. Pemain harus berlomba untuk mengunjungi setiap Pos Perdagangan milik lawan.

Meski mengambil nama Batavia, sayangnya Indonesia tidak menjadi kongsi dagang yang ada dalam permainan. Tampaknya, si pembuat game hanya menjadikan Batavia sebagai sumber visual permainan saja.


7. Expedition Sumatra (2010)

Expedition Sumatra

Ekspedisi Sumatra adalah buah karya Jens Jahnke & Britta Stöckmann dari Jerman.

Board game ini menceritakan pemain sebagai anggota tim dari balai observasi hewan lindung asal Eropa. Pemain akan menelusuri petak-petak dalam papan yang disimbolkan sebagai hutan-hutan di Sumatra.

Tugas pemain adalah menemukan dan membawa keluar hewan-hewan yang terancam punah sebelum diincar oleh pemburu liar.

Seperti yang telah dilihat, meski mengambil tema Indonesia, semua board game tersebut dibuat oleh orang asing. Jika orang asing saja mau membuat permainan dengan tema Indonesia, mengapa kita yang orang Indonesia tidak mau membuat tema permainan dari Tanah Air kita sendiri?

Untungnya, saat ini ada cukup banyak board game yang dibuat oleh kreator asli Indonesia, dengan tema yang beragam. Termasuk yang membawa tema Indonesia. Sebut saja game seperti Mat Goceng atau Mahardika terbitan Manikmaya. (Sumber: Kompas Tekno/ Nextren/ Boardgame.id)

*****

Inilah Beberapa Board Game Di Dunia Yang Bertemakan Indonesia

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Yang Paling. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Inilah Beberapa Board Game Di Dunia Yang Bertemakan Indonesia

  1. sehatisme berkata:

    wah bagus nih gan, kalo baca ini serasa nostalgia di zaman waktu sd hehehe. apa jangan-jangan penulis masih mainan yang ginian? 😀

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.