Hantu Menurut Ilmuwan: Dapat Terlihat Jika Otak Terkena Frekuensi Sangat Rendah

Sosok Hantu Menurut Sekelompok Ilmuwan:
Dapat Terlihat Jika Otak Terkena Frekuensi Sangat Rendah

“Ghosts are still unexplained phenomena. What do you believe?”

Hingga kini para ilmuwan masih tidak percaya atas keberadaan hantu. Walaupun misalkan hantu itu ada, tapi tetap susah untuk dapat dibuktikan secara nyata. Karena menurut orang-orang yang percaya, hantu berada di alam lain, tidak kasat mata, namun kadang bisa dirasakan bahkan bisa terlihat pad saat-saat tertentu.

Jika mereka (hantu) memang ada, maka apakah hantu itu? Dari apakah mereka terbentuk? Makhluk apakah mereka? Mungkinkah hantu itu terdiri dari materi yang berunsur gas, molekul, ion atau sesuatu yang lain? Atau bisa jadi, hantu terdiri dari suatu zat atau unsur yang oleh para ilmuwan belum pernah diketahui. Para ilmuwan masih menyelidiki fenomena mistis tentang keberadaan hantu ini.

Lalu muncul pula pertanyaan lainnya, bagaimana hantu bisa beruwud? Bagaimana mereka bisa menembus tembok atau materi lain? Bagaimana mereka tercipta? Bagaimana mereka berakhir? Atau apakah hantu itu hanyalah ilusi mata, ilusi telinga atau ilusi perasaan saja?

ghost ghosts header

Apapun hantu itu, para ilmuwan tetap mengambil penelitian dari sudut ilmu pengetahuan atau sains saja. Dan mereka tetap berkeyakinan bahwa hantu adalah ilusi yang dibuat oleh otak dalam keadaan tertentu.

Jika benar hantu adalah ilusi yang dibuat oleh otak, maka timbul lagi pertanyaan klasik, bagaimana otak bisa membuat ilusi penampakan hantu? Apa yang membuat otak bisa mempunyai kemampuan ilusi atau khayalan ini?

Penyelidikan
Beberapa ilmuwan bergabung untuk menyelidiki fenomena mistis ini. Mereka melakukan eksperimen disebuah tempat paling angker di Amerika, yaitu penjara tua yang sudah lama tidak terpakai di daerah Eastern State Penitentiary di daerah Philadelphia Amerika.

Penjara tua yang sudah lama tak digunakan ini adalah salah satu tempat paling angker di Amerika karena dilaporkan banyak sekali terjadi penampakan hantu. Maka lokasi ini ditetapkan sebagai lokasi penelitian

Dari beberapa saksimata yang ada di daerah tersebut telah mengakui bahwa mereka memang kadang melihat seperti ada makhluk yang terbang melayang di penjara tersebut. Dan peristiwa itu terjadi dalam waktu beberapa kali.

Penyelidikan ini membutuhkan beberapa sukarelawan yang akan mengamati penjara angker itu. Para relawan yang terpilih haruslah orang yang tidak mempercayai hantu dan bukan orang yang penakut.

Lalu semua sudut dan ruangan dipenjara yang akan digunakan untuk uji coba dilengkapi oleh berbagai jenis kamera infra merah, detektor medan elektromagnet, sensor suhu, sensor audio dan video serta teknologi tercanggih lainnya. Bahkan beberapa diantara perangkat dan teknologi yang digunakan sama persis seperti yang NASA gunakan.

Peneliti menggunakan peralatan canggih

Setelah setiap pojok dan hall serta koridor penjara tua itu diberi peralatan tersebut, mereka mengamati seharian penuh namun tiada objek yang mencurigakan.

Pada malam kedua, dikerahkanlah para relawan. Semua relawan masing-masing ditempatkan di dalam beberapa sel tahanan dalam semalam. Bagaimana menurut para relawan?

Para relawan tak merasakan apapun, apalagi adanya fenomena kehadiran hantu. Mereka hanya merasakan udara yang dingin namun pengap, ”Mungkin karena di dalam ruang sel ini tidak ada sirkulasi udara”, ujar salah satu relawan.

Ada pula yang berujar bahwa, ”Udara di dalam sel yang lembab menyebabkan kurang segarnya udara yang terhirup, seperti bau yang tak sedap,” ujar relawan.

Terlihat para sukarelawan briefing  saat penelitian ini

Selama seharian hingga subuh, tak satupun relawan yang merasakan adanya anomali. Mereka tak melihat fenomena aneh, penampakan aneh ataupun mendengar sesuatu yang aneh.

Pada hari ketiga. Para ilmuwan menggunakan sedikit trik. Awalnya trik ini hanyalah coba-coba dari beberapa literatur penyelidikan sebelumnya. Mereka menyiapkan beberapa pengeras suara rendah (subwoofer) yang besar. Kemudian tanpa diketahui para relawan, subwoofer tersebut diletakkan di beberapa tempat yang tersembunyi dan tak mungkin dilihat para relawan nantinya.

Pengeras suara rendah tersebut nantinya akan diaktifkan dan akan bergetar dibawah indera pendengaran manusia alias infra-sonic. Saat pengeras dinyalakan maka membran pengeras suara akan maju-mundur dengan hebat namun tak akan ada suara yang terdengar oleh manusia.

Terlihat frekuensi sangat rendah mendominasi ruangan penjara

Malam pun tiba, seperti malam-malam sebelumnya mereka semua bersiap dengan alat komunikasi yang bisa dipantau dan juga tak lupa dengan membawa senternya masing-masing. Setelah kira-kira setengah jam berlangsung, para ilmuwan menyalakan pengeras suara jenis sub-woofer tersebut. Tak berapa lama, terjadi suasana yang menurut para relawan ”tidak nyaman”.

Mereka para relawan melaporkan bahwa entah kenapa kepala mereka agak pusing, jantung sedikit berdebar, bulu tengkuk dan pergelangan tangan merinding, bahkan ada yang melihat seperti asap yang keluar dari tembok. Malam itu begitu aneh tidak seperti malam sebelumnya, apa yang sebenarnya telah terjadi dengan mereka?

Gelombang Frekuensi Rendah
Pengeras suara jenis sub-woofer yang mengeluarkan gelombang frekuensi rendah inilah penyebabnya. Koq bisa, apa yang terjadi?

Spectrum Frekuensi

Setiap frekuensi memiliki panjang gelombang dan setiap gelombang tersebut memiliki kelemahan dan kekurangannya masing-masing.

Tidak seperti gelombang biasa lainnya, pada gelombang sangat rendah (Very Low Frequency) atau VLF, memiliki sifat yang dapat dengan mudah menembus suatu materi seperti kayu, tembok, tanah bahkan beberapa jenis logam.

Dan secara mudah pula, gelombang sangat rendah ini dapat juga menembus badan manusia.

Selama ada gelombang yang dapat menembus badan kita, maka gelombang tersebut pasti juga menembus dan mempengaruhi organ-organ biologis di dalam tubuh manusia, termasuk otak.

Oleh karenanya para peneliti yang juga ilmuwan itu, sangat tertarik dengan fenomena ini. Apa yang menyebabkan pengaruh perilaku manusia dalam keadaan resah, tak nyaman bahkan halusinasi ternyata dapat dipengaruhi oleh gelombang frekuensi sangat rendah (VLF) ini.

Dari hasil penelitiannya, ternyata otak manusia sangat rentan dengan adanya gelombang VLF ini. Ada beberapa bagian dari otak yang sel-sel syarafnya tak terpengaruh oleh VLF, namun ada juga bagian yang terpengaruh.

Salahsatu sudut lorong penjara terangker di Amerika

Beberapa diantara bagian otak yang terpengaruh oleh VLF ini adalah bagian-bagian otak yang mengatur sistim keseimbangan dan kesadaran.

Dan sistim keseimbangan dan kesadaran tersebut pada akhirnya akan mempengaruhi indera-indera yang tersambung dan terkordinasi kepadanya.

Dengan terpengaruhnya sistim keseimbangan dan kesadaran pada otak manusia itu, maka otak akan memerintahkan sel-sel tertentu kepada indera lainnya, seperti mata yang dapat melihat benda yang tak ada namun menjadi sepertinya ada.

Telinga yang berfungsi sebagai keseimbangan juga mulai terpengaruh akibat informasi yang salah dari otak, lalu mulai merasakan pusing dan juga terjadi efek pendengaran yang sebenarnya tidak ada, seperti mendengar suara wanita, anak menangis dan suara terbahak-bahak.

Indera lainnya juga terbukti terpengaruhi oleh info dari otak yang salah memberikan informasi akibat hantaman gelombang Frekuensi Sangat Rendah atau Very Low Frequency (VLF) ini. Termasuk indera penciuman, mencium wangi bunga yang sebenarnya tidak ada. Indera perasa seperti kulit juga menyebabkan perasaan ”merinding” pada bulu tangan dan tengkuk.

Pasa sesi inilah maka manusia akan mengalami seperti ”halusinasi” karena otak yang terpengaruh oleh VLF dan terjadi dis-informasi dan mempengaruhi indera manusia yang lainnya. Dan pada sesi selanjutnya, maka manusia dapat melihat ”hantu”.

Para peneliti fenomena “Hantu” dalam penelitian ini

Frekuensi Rendah Ada Dimana-mana
Lalu darimana datangnya frekuensi rendah disekeliling kita? Frekuensi rendah ada dimana-mana dan dapat dipicu oleh berbagai macam cara.

Secara alami frekuensi rendah dapat dipicu oleh getaran yang sangat pelan dan rendah. Mulai dari dedaunan atau alang-alang yang tertiup angin, dari tetesan air yang jatuh, dari rintik air hujan, dari putaran rendah kipas angin dan dari apapun yang bersifat bergetar serta memiliki getaran yang sangat-sangat rendah.

Apalagi jika berada di dalam gedung tua seperti penjara ini. Kelembaban karena air yang menetes, rumput-rumput, suara angin dan lainnya sangat mempengaruhi indera manusia.

Oleh karenanya, para ilmuwan sangat yakin bahwa penampakan hantu karena dipicu oleh disfungsi cara kerja otak yang telah terpengaruh oleh VLF tersebut.

Penelitian Lanjutan Frekuensi Sangat Rendah
Akibat penemuan ”tak sengaja” yang berawal dari penelitian tentang hantu, justru berlanjut menjadi penelitian terhadap – mengubah dan mengatur perilaku manusia (human behaviour). Dan ini justru menjadikannya batu loncatan kepada teknologi-teknologi terkini.

HAARP antenna transmitter

Para peneliti langsung berfokus kepada ”rahasia dibalik frekuensi rendah” ini.

Salah-satunya yang juga menggunakan frekuensi rendah adalah H.A.A.R.P. (High frequency Active Auroral Research Program) atau Program Penyelidikan Aurora Aktif Frekuensi Tinggi.

Ya, awalnya frekuensi tinggi. Lalu bagaimana jika frekuensi rendah dipancarkan melalui antena-antena HAARP ini? Banyak penelitian mengenai frekuensi tinggi daripada frekuensi rendah. Dan melalui HAARP namun dipancarkan frekuensi rendah (bukan hanya yang frekuensi tinggi) maka hal yang tak terduga dapat terjadi. Dan ini pastinya akan selalu disembuntikan dan tak diakui oleh pihak-pihak yang berkepentingan di dalamnya.

Begitu ”tak terselidikinya” kemampuan frekuensi sangat rendah ini, sehingga manusia dapat melihat yang tiada, dan dapat mendengar yang tiada, namun semua sepertinya benar-benar ada. Dan oleh sebab itulah hantu ada dan dapat terlihat, menurut ilmu pengetahuan…. (Ghost Behind Bars – Natgeo TV – Mystery 360)

gelombang cahaya elektromagnetik spektrum

Photo Gallery Ghost Behind Bars – Natgeo TV – Mystery 360:

1853 1853 1853 1853 1853 1853 1853 1853 1853 1853 1853 1853 1853 1853 18531853 1853 1853 1853 1853 1853 1853 1853

hantu_kuntilanak

Video:

VIDEO: Ghost Behind Bars – National Geographic Channel – Mystery360 Series (karena tak ada yang bahasa Inggris, ini versi bahasa Russia 45 menit)

Artikel Lainnya:

HAARP Senjata Paling Mutakhir, Kemampuannya Mengatur Cuaca Dunia!

Artikel ini juga di forward oleh lintas.me dan  forum viva.co.id

*****

http://wp.me/p1jIGd-Az

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Ilmu & Teknologi, Supernatural dan tag , . Tandai permalink.

66 Balasan ke Hantu Menurut Ilmuwan: Dapat Terlihat Jika Otak Terkena Frekuensi Sangat Rendah

  1. adri berkata:

    itu brarti namanya seperti sebuah sugesti

  2. Al Farah Soraya berkata:

    wihhhhh giLaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  3. komar berkata:

    ahahaa.. barat ma timur mang beda metode..sekrang orang timur banyak yg ikut-an cara barat (barat modern-dulu engga..). ilmiah katanya.. so sihir itu bisa berupa technologi..

  4. ziyanhilmi@rocketmail.com berkata:

    terus gimana dengan hantu yang tertangkap kamera ? O.O

  5. maya ank MA Aliyah Manongkoki berkata:

    truss bgamna dgn kta.y hantu yg bsa msuk pd jiwa manusia (kesurupan)….!!!!!!!!!!!!

    • ary berkata:

      saya pernah dengar bahwa kesurupa itu ada kaitannya denga peristiwa kepribadian ganda gan..

      • Otaku A berkata:

        Sonna no wake ga nai sa!
        Shirabete miro yo!
        Anata google tte iu mono shiteru?
        Ja, are tsukae kudasai.

      • Aliffi berkata:

        bener gan kepribadian ganda(Disosiatif Identity Disorder) adl salah satu kelainan psikologis,tapi ada kejadian nyata dan udah di Film ttg kasusnya Billy,dia punya 24 kepribadian lain dlm dirinya,dan salah satunya dapat berbicara dalam bahasa Arab dan Ibrani,padahal seumur hidub Billy tak pernah mengenal bahasa itu,bagaimana dia bisa memiliki bahasa itu?hal itu masih misteri,kalo dihubungin sama kesurupan….

  6. shanti berkata:

    Hantu bikin kesurupan?
    Maksudnya jin?
    Setan dari golongan jin, kerjaannya memang ganggu manusia.

  7. angga berkata:

    Orang luar tuh beda banget dgn indonesia,disana hantu aja sampe di teliti! salut dehh!

  8. “gila juga penelitianya, masuk akal dan bisa di buktikan.
    tapi apakah bisa di teliti dengan ilmu saint juga degan halnya manusia yang kesurupan.
    kayaknya sih gk mungkin”

  9. wakim berkata:

    memang bisa dimengerti, namun apakah bisa dijelaskan mengenai pengalaman yg pernah sya alami,
    ketika itu sekitar jam 11 mlm sya pergi ketempat kake sya yg sedang sakit berhubung larut malam sya pun diantar 2 teman saya, agar perjalanan lebih cepat sayapun mengambil jalan pintas “kebun kosong dan sumur tua” dan ketika melewati perkebunan kosong yg ada sumur tuanya itu saya beserta kedua teman saya secara bersamaan melihat segumpal asap putih yg keluar dari sumur tua itu setelah asap mencapai ketinggian 9,cm dari dari sumur tua kemudian berubah seperti kain putih berupa baju dan berambut panjang.
    jika bahwa penampakan hantu karena dipicu oleh disfungsi cara kerja otak yang telah terpengaruh oleh VLF tersebut. kenapa saya melihat hal trsebut secara bersamaan? apakah halusinasi itu bisa terjadi secara kompak, melihat hal yg tidak ada dan mendengar hal yg tidak ada secara bersamaan, dan sangat jelas kejadian waktu itu diingatan kami bertiga sampai saat ini. di artikel anda tidak dijelaskan mengenai hal ini, apa anda yakin dan tidak salah memprediksikanya ?

  10. alicia .D. sasami berkata:

    gimana jadinya kalo kalian yang liat sendiri !!

  11. Asyik berkata:

    Setannya sdh tau mo ada penelitian, makanya ga langsung muncul. Nunggu subwofer dpasang.
    Lha yg logis aja klo sdh byk orang mrasakn khadirn hantu di pnjara tsb. Sdangkn relawan tdk d hr 2 prtama. Pas dpasang subwofer br deh… Itu setannya ga mau rahasianya trbongkar & t4 tinggalnya malah djadikn t4 pnelitian trus menerus

  12. Rasyadan berkata:

    Bener juga,kalau hantu yg tertangkap kamera bagaimana?,apakah suara VLF(infrasonik) juga mempengaruhi kameranya?

  13. yusuf berkata:

    kalo memank kesurupan itu dianggp kepribadian ganda, bagaimana biisa cerita macem2 seperti di acra dua dunia di trans 7.
    dan karakternya pun ber beda2 tergntung siapa yg nyusup..

  14. UNindentified berkata:

    Kalo Otak Bisa membuat illusi macam ini .. Bagaiman dia bisa menjelaskan Kenapa Illusi Yang di Timbulkan Oleh Gelombang Frekuensi ini Bentuknya Seperti itu dan Bentuknya Beragam . mulai dari anak kecil, Pocong , Kuntilanak, bahkan ada bentuk binatang , Dll yang bentuknya ga tentu . Itu saja blm di bahas .. bagai mana bisa di tentukan dalam sains Hal hal semacam ini . ? Apakah teori bisa berlaku buat hal ini ? Menurut saya Hal ini Sudah Di luar kemampuan otak manusia yang hanya bisa berfikir realis.

  15. Dinti berkata:

    hantu itu memang makhluk halus yg tidak bisa dilihat oleh panca indera manusia,tapi dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa membnatu orang yg penasaran sama makhluk halus yg bernama hantu .

  16. Sulist berkata:

    Sebagai org beragama wajib hukumnya percaya hal ghaib.Bkn hanya hantu, ada jg setan. Semua dr golongan jin. Beda dengan malaikat yg tercipta dr cahaya & patuh kpd perintah Tuhan. Jin ada yg kafir/membangkang ada jg yg Islam/berserah diri kpd Allah Swt, semuanya jelas rinci ada kisahnya dlm Al Quran.

    Fenomena kesurupan, penampakan, gangguan jin jg sudah sejak jaman nabi ada, bahkan nabi muhamad pernah jg terkena sihir, dgn pertolongan Allah Swt bisa sembuh. Sy bbrapa kali bersinggungan dgn mahluk gaib jin ini, bhkan dr golongan yg ‘nakal’/poltergeist, sampai saat ini msh ada d rumah. Keisengan2nya luar biasa jk qta tdk beriman kpd Allah Swt secara sempurna pasti takut.

    Yg patut diwaspadai adalah infiltrasi mahluk ini k dlm jiwa2 yg jauh dr Allah & kebenaran, jin sangat nyaman berteman dgn mrk. Ada juga jin pengganggu yg sengaja dikirim utk mengacau org lain spt santet/ teluh dll. Jin yg ada dlm rmh sy salah satu yg dikirim oleh org yg jahil td. Kapan2 sy ceritakan disini keisengan mrk, beserta bukti yg ada.

  17. si bob berkata:

    asik nih, karena kebetulan saya bisa lihat hantu jadi agak ngerti. intinya sih hantu kerjanya,hidupnya, ngobrolnya di frek rendah banget. semacam antena, ada transmitter ada receiver, kalo hantu ngirim “sinyal” manusianya ga bisa nerima ya ga akan kerasa. manusia yang masih punya rasa percaya sama hantu pasti masih ada rasa takut, rasa takut itu bisa jadi kunci buat gelombamg otak masuk frek rendah. kalo kita bener” ga percaya hantu, mau disantet, mau di toel genderuwo juga ga akan kerasa.kayaknya sih gitu…haha

  18. ana ayu lestari berkata:

    penelitian yg mgengagumkan
    sya pernh jga mlhat sbuah pnelitian di sebuah acara yg bernama haunted di tv, memang relawan yg percaya hantu itu mersakan ssuatu yg berbda dgan yg tdk percaya…
    sy sependapat dgn anda, bhwa pnampakan memang disebabkan oleh otak dan itu semua karena vlf, msuk akal..
    hantu ada karena halusinasi dan halusinans ada karena vlf

  19. Bakunasi berkata:

    simple, aq type org yg rasional dlm hal ini, aq lbh percaya sains, knp? jawabannya sangat mudah karena kalian kurang menggunakan otak kalian (maaf jika ada yg tersinggung), kenapa?, ya kenapa di amerika ga ada hantu pocong, kuntilanak dll, sebaliknya kenapa di indonesia ga ada dracula atau zombie atau sejenisnya? karena kitalah yang menciptakan mereka karena rekaman memori otak, sama seperti kenapa orang indonesia jarang mimpi bertemu bule (selain aktor di tv). semoga kata-kataku dapat diterima, buka mau menjudge sesuatu, krn saya yakin hatu dan sejenisnya ada, tapi buka di bumi kita melainkan dialam yang berbeda.

    • sulist berkata:

      Keliru kl menduga,apalagi beranggapan bahkan menyangkal keberadaan hantu/jin di bumi tempat kita hidup. Ada banyak keterangan di kitab suci Al Quran & bukti2 kongkrit serta pengalaman2 mrk2 yg ‘bersahabat’, bertikai & bekerjasama atau tepatnya jin/ hantu tersebut tunduk kpd manusia sbg khalifah yg ditunjuk Allah SWT makmurkan bumi.

      Seperti maknanya, jin itu sesuatu keberadaan mahluk yg tersembunyi, mrk tdk dapat dilihat dgn mata awam/telanjang kita,tp dapat kita rasakan energi mrk. Mereka dapat melihat kita/manusia dr tempat2 keberadaan mrk, bahkan dpt mengganggu utk tunjukan existensi mrk, ada jg krn kolaborasi dgn manusia sesat utk mencelakakan org lain. Semuanya atas ijin & kehendak penguasa tunggal Allah SWT.

      Kalian2 yg blm pernah bersinggungan dgn mahluk jenis jin ini, kemudian mencoba menafikan keberadaan mrk dgn membuat opini d masyarakat seolah2 hanya kamuflase, tipuan dr gelombang otak atw omong kosong, mnrt hemat sy kurang elok, kurang tepat. Krn peranan panca indera manusia sangatlah terbatas, tp kita punya alat canggih yg diciptakan Allah SWT utk ‘melihat’ dan merasakan keberadaan mrk2, saudara2 kita dr bangsa ghaib, jin, syetan & malaikat yaitu HATI NURANI, yg hijabnya terbuka krn selalu diasah dgn budi pekerti yg luhur. Jd jangan harap bisa bersahabat dgn malaikat kl klakuan msh menyimpang, yg ada jin2 fasik & setan semakin mengelincirkan kpd kesesatan.

      • Tria berkata:

        Penjelasan yang detail..ilmiah bercampur spiritual.. Kita memang mahluk yang tidak sempurna.. masih terbatas pada panca indera kita.. Maka hindarilah sikap sombong karena kebenaran itu masih misteri… boleh mencari pembennaran tetapi hindarilah penyesatan.. wasalam, salam sejahtera bagimu

      • Juni berkata:

        Setuju bgt…..
        Sy jg dirumh ada jin. Tpi jin islam. Syngnya sy blm prnh ngrasain kbradaannya. Yg sring ngrasain ortu sma sodara klo lg sholat. Kdng2 ska ikt sholat.

    • ana berkata:

      Kl pemikiran rasional cuma gitu doank mah gampang matahin nya. Ya jin bisa2 aja menyesuaikan penjelmaannya..kalo diindonesia ya menjelma jd pocong..kuntilanak dll..kalo di negara barat ya jd gorila, zonbie dll..kan tujuannya nakut2tin manusia..

    • bayu aji pamungkas berkata:

      keliru loh gan..

  20. Hariara berkata:

    hal itu Tuhan semua yang tahu.memang mungkin hantu itu ada.lalu kalo kita percaya hantu itu ada kenapa kita gk percaya sama Tuhan kita??? di alkitabkan gk pernah ada bacaan “lalu Tuhan Allah lari dari pada iblis” coba aja cari pasti ketemunya arah sebaliknya ya gak??

  21. Moko berkata:

    Ada sih hubungan nya tp gak semua bener, hantu mank sering menampakkan diri ditempat2 yg berfrekwensi rendah spt waktu hujan gerimis @ hutan, namun ada hantu yg benar2 nampak dgn jelas n nyata bahkan nampak oleh 2orang atau lebih, pa itu otaknya juga seirama pada waktu yg sama..?
    Au ah, gelap….

  22. m jo berkata:

    wow.. Sebuah artikel yang luar biasa.. saya adalah orang yang sedang mencari kebenaran makhluk halus dan sifat-sifatnya.. saya adalah orang sains yang tentu saja saya percaya dengan ilmu sains ini.. namun ada beberapa pertanyaan yg perlu saya ajukan mengenai penelitian ini..
    1. seperti di atas, bagaimana dengan hantu yang tertangkap kamera?
    2. bagaimana dengan orang yang kesurupan, dan ketika ditanya, ia tahu sebuah informasi – informasi mengenai sejarah yg dapat di buktikan kebenarannya?
    3. ini yang terakhir, jikalau orang kesurupan adalah karena gangguan psikologi atau terganggu nya otak karena frekuensi yang rendah, bagaimana dengan jailangkung yg bisa menulis, bukankah tempurung kelapa tidak ada otaknya?

  23. demang berkata:

    HAARP itu di desain untuk frekuensi tinggi, antena pemancarnya pun sama sesuai panjang gelombang,, kalu dikatakan bahwa HAARP bisa di salahgunakan.ingat antenna butuh 1/4 dari panjng gelombang. jadi beda frekuensi baik rendah atau tinggi beda pula antena dan system pemancarnya…… 🙂

  24. komilia berkata:

    inframerah,ultraungu,VHF,VLF,VHF,RADIO dan sebagainya hanya benda2 atau ilmu2 yang diketahui manusia dan manusia boleh mengkajinya dan membuatnya selama ini…,macamana dengan sesuatu yang tidak diketahui/belum diketahui manusia??kalau hantu itu boleh dirakam dengan kamera inframerah beerti hantu itu tidak menjadi ghaib lagi,sebab sesiapapun mampu untuk membeli kamera inframerah rasanya…,memang halusinasi itu wujud,tapi ianya kes lain..

  25. Imelda berkata:

    Walopun penelitian mereka berhasil, tapi nggak akan bisa diterapkan ke semua pristiwa.
    Lagipula, dari yg sy lihat sih, mereka hanya mengetes manusianya, nggak secara langsung ke makhluk gaibnya.
    Perlu diketahui, orang yang nggak percaya + nggak takut sama hantu = nggak bisa lihat.

  26. William berkata:

    Ane pernah nonton nih filmnya do NGC ,ini awal kejadiannya gara” penjaga tempat blg dy ngeliat ada sesuatu yang jalan menembus tembok ,sejak saat itu tpt itu langsung rame , dan dulunya penjara itu tempat mengurung seorang penjahat tersohor ,Al Capone

  27. joswe berkata:

    bagus penelitiannya.

  28. surya berkata:

    artikelnya bagus, tapi aku nggak paham maksudnya, nggak komen-lah

  29. maisuna kundariati berkata:

    sebagai umat yang beragama, kita wajib mempercayai tentang hal ghaib. tapi, saya rasa kita melihat tempat itu angker/enggaknya, berhantu/enggaknya, tergantung sugesti masing-msing, klo kita percaya hantu pasti kita ngerasa takut, mrinding dan semacamnya, tapi klo gak percaya tempat itu berhantu ya fine2 aja.

  30. Lee berkata:

    SeLama masih beLum terjawab soaL hantu yg tertangkap kamera tsb saya masih percaya akan keberadaanya, Lakukan peneLitiannya di indonesia, untuk orang barat jangan Lupa saksikan tayangan tv di indonesia saLah satu chaneLnya adaLah Trans7 yg suka menayangkan acara seperti itu, jangan cuma 1 tempat atau 1 negara saja, jangan cepat2 mengambiL kesimpuLan krn peneLitian tsb beLum seberapa, soaL kesurupan jg saya rasa haL itu jg musti di teLiti Lebih jauh Lagi, saya yakin hantu itu memang bener2 ada dan agama jg mempercayai haL itu dan bukan cuma 1 agama saja meLainkan ada beberapa agama yg mempercayai haL itu diantaranya adaLah isLam, Kristen, Buddha dll. . .

  31. August III berkata:

    ada yang benar, tapi ada salahnya… tujuan zionis salah satunya membuat kita tidak percaya kpd hal ghaib, termasuk tuhan…

  32. kancil berkata:

    Setuju dengan agan Agustus III
    Semua Agama,Semua Kitab, menyuruh kita percaya gaib, karna gaib memang ada.
    namun Zionis ingin Kepercayaan kita rusak dan tak ber agama.

  33. andi pradinata berkata:

    saya percaya dgn sain lagipula itu masuk akal dan diterima oleh nalar

  34. dhery berkata:

    maaf saya hanya numpang komentar.bkn menyimpang atu sok pintar.tapi saya percaya dengan keyakinan saya sendiri.Tapi memang benar kalu makhluk astral/halus itu ada malah mreka hidup berdampingan dengan kita hanya kita tak menyadarinya saja’ Tapi padahal kita bisa merasakan bahwa mereka ada di dekat kita,yaitu dgan merinding secara tiba_tiba.
    dan sebenar’a pun semua manusia bisa melihat mereka bahkan bisa berkomunikasi dgn mereka..
    seperti bayi masih bisa melihat makhluk halus karna bayi masih suci belum ternodai..tetapi sudah menginjak dewasa mata batin itu akan tertutup sendiri,karna sudah ternodai oleh dosa dosa yg di perbuat ‘seperti keserakahaan yg di butakan oleh harta duniawi,bahkan kita lupa kepada sangpencipta,krna d’butakan oleh hawa nafsu diri kita sendiri.
    maka dari itu dekat’kan lah diri’kepada’nya..

    salamm”hormatt saya jika ada kata kata saya yg tidak menyenakan’tolong bukakan pintu maaf” seluas luas’a

  35. irtihal85 berkata:

    Kalo ente _ente semu pada teliti,tu crew nya setan semua,jadi skenario nya kaya gito…..

  36. Tika berkata:

    Ternyata memang hantu engga ada ya 🙂

  37. agaricpro berkata:

    saya juga pernah baca, tapi kita sebagai umat beragama harus mempercayai adannya makhluk gaib 🙂

  38. dani berkata:

    Skrg jaman modern. Pengeditan foto gampang saja dilakukan guys…

  39. no nama berkata:

    betul sekaliii…

  40. Sofyan gilang berkata:

    Akibat penemuan ”tak sengaja” yang berawal dari penelitian tentang hantu, justru berlanjut menjadi penelitian terhadap – mengubah dan mengatur perilaku manusia (human behaviour) <= ini maksudnya gimana mas ?
    kan haarp sudah ada sebelum penelitian hantu ini ?

    Penelitian tentang hantu ini tahun berapa ?
    Haarp di buat tahun berapa ?

  41. dimarxiii berkata:

    ilmuan emang tidak percaya terhadap hantu dan tuhan… kalo soal hantu tunggu aja kalo mata batin nya kebuka, abis itu boleh cerita pengalaman kalo mata batinnya udah kebuka.. thanks 🙂

  42. kunti berkata:

    hantu itu ada……saya dan teman2 saya pernah lihat secara bersamaan…..walau hanya sekilas….tetapi gambaran wujud yang saya lihat dengan teman saya lihat itu sama…..tidak mungkin pengaruh VLF yang mempengaruhi…..tidak mungkin imajinasi saya dan teman saya waktu itu bisa sama….artinya yang kami lihat itu adalah sesuatu makhluk yang benar2 nyata……

  43. mantotuji berkata:

    trus kenapa ada benda bisa bergerak sendiri di daerah datar? apakah itu hantu ?

  44. afachry berkata:

    bagaimana dengan hal sihir, santen, yang kbnyakan orang fahami ada kerjasama dengan jin ataupn setan. sihir atau santet yang bisa memasukan material seperti paku, silet, pasir dan jenis materialnya masuk ke dalam tubuh dan ada sampai yang bisa menyebabkan kematian krena jenis material tsb tdk bs diproses oleh tubuh.

  45. Romy Christianus Jerry berkata:

    bagaimana dgn hantu kuyang yg selalu datang di kolong rumah,? itu disebut hantu juga,tapi itu ulah manusia, dan ada pada saat org yg meninggal dunia di rumah itu.
    di tempat saya sering terjadi di kalimantan dan banyak orang sering melihatnya.
    yg jadi pertanyaan penting bagi saya,bagaimana bisa manusia melakukan hal semacam itu ..?
    aneh gak.
    tolong di jawab kalau ada yang tau tentang hal ini tks..hehehe

  46. Fiana berkata:

    jadi intinya itu hantu itu tidak ada yang ada itu setan, jin, iblis

  47. noteapid berkata:

    Mungkin ini sedikit cara kita melihat dari alam “mereka”, wujud ga jelas, suara, suasana berubah.
    Tapi gimana caranya kamera juga bisa menangkap wujud mereka? Banyak orang yang mengklaim mendapati wujud aneh di foto mereka. Secara kamerakan bukan organisme yang bisa dipengaruhi VLF.
    Gimana kalau ada 2 cara, kita yang mencoba melihat mereka, atau mereka yang mencoba menunjukan wujudnya ke kita.

  48. Abel berkata:

    Pertatanyaan saya,apakah gelombang rendah itu bisa mempengaruhi otak kamera

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s