10 Foto Hantu Paling Otentik dan Dipercaya Keasliannya

Ghost and haunted10 Foto Hantu Paling Terkenal, Otentik dan Dipercaya Keasliannya Oleh Para Ahli Fotografi

ghost ghosts header

Salah satu dari peristiwa menarik atau misteri dunia yang paling membuat penasaran adalah hantu. Keberadaan entitas yang satu ini selalu ditolak oleh orang yang skeptis, padahal semua agama “memperkenalkan” keberadaan mereka disetiap Kitab Suci agama-agama di dunia.

Banyak pendapat mengenai keberadaan makhluk tak terlihat ini, bahkan ada juga yang tak percaya, tapi ada juga yang percaya tapi itu adalah sejenis jin.

Alien, Jin, Hantu dan Ilmu Pengetahuan

Sebagian penganut yang bertumpu pada ilmu sains atau Scientology ada yang percaya tentang makhluk “beda dimensi” ini. Namun seiring zaman, mereka yang berbasis pada sains akhirnya menganggap bahwa hantu adalah salah satu jenis alien, namun berada pada dimensi yang berbeda dengan dimensi manusia.

Jadi perkembangan arti “alien” semakin melebar, tak hanya makhluk dari luar angkasa, namun juga makhluk dari dimensi lain.

Tapi semua itu tak menyimpang dari arti “alien” itu sendiri, yaitu “makhluk asing” atau belum dikenal, jadi pengertiannya masih tepat walau penggunaannya jadi melebar.

biggest water in the universe found in quasar

Multiverse lebih tepat dari pada Universe

Ilmu pengetahuan modern malah sudah berteori dan menganggap bahwa alam semesta yang maha luas tak terbatas ini, yang terlihat baru hanya sebatas pengelihatan mata manusia.

Artinya masih banyak “object” atau entiti atau makhluk astral yang tak terlihat lainnya, namun mata sudah tak sanggup lagi untuk mencapai panjang gelombang tersebut.

Bahkan ilmu pengetahuan fisika dan kimia juga sudah tak lagi sanggup menjelaskan, karena tidak memiliki rumus pasti untuk keberadaan “dimensi lain” yang sudah berada diluar kemampuan ilmu-ilmu tersebut.

Oleh karenanya banyak ilmuwan udah berpendapat bahwa alam semesta atau yang selama ini dikenal sebagai “Universe” harus diubah menjadi “Multiverse”, yang artinya memiliki banyak dimensi, yaitu keberadaan dimensi lain yang tak terlihat oleh mata manusia, dan mereka meyakini bahwa dimensi lain itu ada.

Namun menurut ilmu-ilmu agama (dalam hal ini misalkan Islam – pen.) juga harus meyakini keberadaan entitas ini, tapi yang harus diberi garis tegas adalah: hantu adalah jin, dan mereka bukan orang yang sudah mati.

Orang yang sudah mati tak akan menggoda manusia karena bukan itu sejatinya roh manusia dalam menjalani ketentuanNya setelah ia wafat.

Big eye Alien

Salah satu bentuk Extra Terrestial yang banyak diyakini keberadaannya hingga sekarang,  lebih dikenal dengan sebutan” The Grey Alien.”

Makhluk yang mati dipercaya oleh semua agama kembali kepada Tuhannya, mereka mati bukan untuk menggoda manusia lainnya, tapi semua itu sebenarnya adalah jin.

Jadi singkatnya, alien artinya adalah “makhluk yang belum dikenal”, wujudnya bisa sebesar bakteri hingga lebih besar dari makhluk yang kini telah dikenal manusia, dan mereka bisa berasal dari luar angkasa (sering disebut juga Extra Terrestrial atau E.T yang berarti makhluk luar angkasa), juga dari dalam Bumi (seperti spesies makhluk baru yang belum dikenal) atau juga dari dimensi lainnya (pada ilmu pengetahuan terkini).

Tapi pada dasarnya dahulu, alien itu adalah spesifikasi untuk makhluk asing yang belum dikenal dan memiliki sifat biologis serta terlihat mata, namun akibat mulai diyakini adanya keberadaan jin oleh ilmu pengetahuan yang terkadang tak percaya keagamaan, akhirnya mereka bingung mengategorikannya, maka dari itu mereka menambahkan pengertian “jin” (menurut religius) dalam daftar “alien” (menurut sains). Jadi untuk masa kini, Jin termasuk jenis Alien.

Sedangkan Hantu adalah wujud makhluk jin yang tampak oleh manusia akibat “kemampuannya” yang dapat mendekati frekuensi gelombang yang dapat diterima, dilihat atau didengar oleh kemampuan indera manusia.

Indera pengelihatan manusia misalnya, hanya dapat melihat pada gelombang atau spektrum dari warna merah sampai warna ungu, dibawah warna merah atau dikenal sebagai “infra red” mata manusia sudah tak lagi dapat melihatnya. Begitu pula diatas ungu yang dikenal sebagai “ultra violet”, mata manusia juga sudah tak lagi dapat melihatnya, mirip infra red.

spectrum

spektrum sinar

Kedua spektrum itu hanya dapat dilihat melalui bantuan alat yang hanya dapat mendetaksi infra red dan ultra violet. Diatas atau dibawah itu seperti sinar alpha beta, gamma dan sejenisnya manusia juga tak mampu melihatnya.

Untuk membuktikannya anda dapat melakukan percobaan sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan dua alat bantu saja dan keduanya pasti anda miliki, yaitu sebuah remote control TV atau AC atau remote control apapun. Dan alat kedua adalah kamera digital, bisa juga anda pakai kamera yang ada diponsel anda.

Caranya, tekan tombol apapun di remote control dan pada saat yang sama lihatlah LED IR (Iinfra red) pada remote yang berada pada diujungnya. LED IR harusnya menyala, namun mata anda tak mampu untuk melihat sinar inra red tersebut.

Kini ambillah kamera digital anda, gunakan mode kamera lalu sorot ke LED IR pada remote control yang sedang anda tekan tombolnya. Maka sinar infra red pada lampu LED akan terlihat oleh mata anda dengan bantuan kamera digital anda tersebut!

IR LED remote control and camera

Mengapa kamera ponsel dapat mampu mendeteksi sinar infra red tersebut? Karena dalam ilmu fotografi ada istilah yang disebut frame per second (FPS) atau gambar per gambar dalam setiap detiknya. FPS, yaitu sebuah satuan kecepatan kamera video dalam mengambil sukma atau objek berdasarkan gambar per gambar, atau penangkapan objek dengan wujud berupa frame atau seperti gambar atau foto.

Tapi karena sangat cepat pergantiannya, maka mata kita tak dapat melihat pergantian gambar per gambar atau foto per foto tersebut, kecuali dengan suatu alat bantu. Sedangkan mata manusia azaz kerjanya tak sama seperti video kamera. Pada mata manusia pengelihatannya adalah konstan dan terus menerus, bukan berdasarkan frame per frame.

Itu baru contoh dan pembuktian kecil, bahwa mata kita hanya dapat melihat pada spektrum terbatas dari tak terbatasnya frekuensi di jagad raya.

Oleh karenanya, banyak objek astral atau jin atau yang sering disebut hantu dapat terekam sukma mereka hanya melalui foto dan kamera video. Dan itu semua adalah berdasarkan kemampuannya dalam “melihat pinggir spektrum” yang mana mata manusia tak mampu untuk melihatnya!

Spectrum Frekuensi

Spectrum Frekwensi

Sama seperti penglihatan, pendengaran manusia juga sangat terbatas, hanya sekitar 20-22 Hertz hingga 20-22 kilo Hertz, dibawah dan diatas itu disebut infra sonic dan ultra sonic.

Nyaris dibatas atas pada dunia audio mirip suara treble, dan nyaris pada batas bawahnya mirip dentuman bass.

Diluar kedua batas atas dan batas bawah frekuensi suara itu, manusia mulai tak dapat lagi mendengarnya melalui panca indera yang dimilikinya, telinga.

Oleh sebabnya jika anda membeli alat anti tikus atau nyamuk, anda tak dapat mendengarnya karena ketebatasan pendengaran manusia.

Berbeda dengan hewan, beberapa hewan dapat melihat spektrum cahaya dan dapat mendengar spektrum frekuensi suara diluar kemampuan manusia. Oleh karenanya banyak jenis hewan yang dapat mengetahui akan terjadi gempa bumi atau bahkan dapat melihat makhluk astral.

Itulah sebabnya banyak ilmuwan setuju, bahwa spektrum diluar kemampuan indera manusia tersebut adalah TAK TERBATAS. Dan itu pula sebabnya mengapa sebagian ilmuwan lebih menyetujui alam semesta ini kurang tepat jika disebut Universe, tapi lebih tepat disebut Multiverse.

Jin Dapat Berwujud Apa Saja Termasuk Berwujud Manusia

Lalu mengapa ada hantu (baca: jin) yang berwujud manusia? Hal itu sering disebut dengan “menjelma” seperti wujud manusia, tapi itu adalah jenis jin yang kini oleh kalangan sains disebut juga sebagai Alien.

Dimensi mereka para jin, tak terpengaruh oleh tempat dan waktu karena berada di dimensi lain (bukan pada dimensi ketiga seperti manusia). Olah karenanya, mereka tak berfisik dan dapat bersembunyi pada benda berdimensi lain dengan mereka, misal pada benda dimensi manusia, dimensi ketiga.

Oleh karenanya mereka dapat berubah bentuk menjadi mirip binatang, bahkan mirip mausia yang sudah meninggal. Lalu pertanyaannya, mengapa mereka bisa berwujud seperti orang yang sudah wafat tapi kita pernah kenal disaat mereka hidup, bahkan berwujud seperti kakek nenek kita atau buyut kita?

Tiga alien diladang gandum di Inggris (ilustrasi)

Tiga alien diladang gandum di Inggris (ilustrasi)

Perlu diketahui bahwa jin memiliki umur yang jauh lebih panjang dibanding manusia.

Umurnya bisa ratusan, ribuan bahkan jutaan tahun, daripada patokan tahun yang dipakai manusia. Satu tahun versi jin jauh lebih panjang dibanding versi tahun manusia. Ini dikarenakan dimensi mereka memiliki waktu yang berbeda, bahkan bisa jadi tak memiliki patokan waktu yang standar.

Jadi mereka bisa tahu seperti apa wujud orang tua kita yang sudah wafat, kakek, nenek, buyut dan seterusnya karena mereka juga tahu. Lalu mereka dapat menjelma dan berwujud seperti orang yang sudah wafat tersebut.

hollow-earth-aliensHal ini mirip jika kita memiliki hewan peliharaan, kucing misalnya, kita dapat memelihara kucing hingga beberapa keturunan dan kita tahu seperti apa ibu-bapaknya, kakek-neneknya bahkan buyut dari kucing-kucing itu, tapi bedanya kita tak dapat berwujud seperti buyut kucing dengan muka menyeramkan lalu dapat menegur cicitnya dan berkata “hai apa kabar cicitku.”

Jadi apapun hantu yang kita lihat dan berwujud seperti manusia sebenarnya adalah perwujudan jin-jin (menurut ufology, alien) agar dapat mengecoh manusia supaya manusia dapat memuja orang yang sudah wafat itu dan akan memulai kemusrikannya.

Menurut penganut religius, jin juga memiliki akal, pendidikan, ilmu pengetahuan, keluarga, beranak, bersosialisasi dan lainnya, sama dan mirip seperti manusia, namun jin berada pada dimensi yang berbeda.

Sedangkan jin atau hantu pada foto-foto dibawah ini tidak digambarkan dalam keadaan penuh darah, bertaring, maupun gambaran seram lain, namun berupa wujud orang-orang terdekat. Dilansir dari situs oddee.com, berikut sepuluh gambar hantu tanpa rekayasa dan diakui oleh peneliti fotografi disertai sedikit info dan kisah dibaliknya. Berikut ini foto-foto makhluk astral yang sempat terlihat oleh kamera:

1. Hantu Tangga Tulip, Inggris

hantu-tangga-tulip-di-inggris

Pada 1966 Pendeta Ralph Hardy mengambil gambar tangga berputar di Museum Maritim, Kota Greenwich, Inggris. Foto itu menangkap sosok mahluk halus dan dinamakan “hantu tangga tulip” atau Tulip Staircase Ghost.

Pakar telematika mengatakan foto ini asli dan tidak ada unsur manipulasi. Memang di museum itu para hantu sering menampakkan diri di berbagai sudut. Bahkan sering ada suara-suara aneh seperti anak kecil menangis atau teriakan perempuan. (video)

hantu_kuntilanak

2. Hantu Ibu di Pemakaman, Inggris

hantu-ibu-di-pemakaman-inggris

Pada 1959 Mabel Chinnery dan suaminya mengunjungi makam ibunya di sebuah pemakaman di Inggris. Perempuan itu mengambil gambar sang suami saat berada sendirian di mobil.

Namun dia terkejut saat mencetak foto itu, ada sosok misterius berada di kursi belakang mengenakan kacamata hitam? Chinnery mengidentifikasikannya sosok tersebut sebagai ibunya.

Sedangkan ibunya yang telah meninggal dan kuburannya tengah dia datangi. Menurut ahli foto, gambar itu tidak ada rekayasa dan otentik.

hantu_kuntilanak

3. Hantu Kakek di Belakang Nenek, Amerika

hantu-kakek-di-belakang-nenek-di-amerika

Denise Russel asal Amerika Serikat memfoto neneknya pada 1997. Neneknya sudah menjanda sejak tujuh tahun sebelum dia mengambil gambar itu.

Saat itu keluarga besar Russel mengajak sang nenek piknik bersama. Saat itulah dia mengambil foto neneknya dan meyakini tidak ada satu pun orang di belakang si nenek. Awalnya ketika Russel mencetak gambar itu dia tidak terlalu peduli orang di belakang neneknya.

Namun pada tahun 2000 nenek Russel meninggal dan saat itulah Russel baru sadar, ternyata lelaki di belakang neneknya itu tidak lain adalah sang kakek. “Saya rasa dia hendak menjemput nenek,” ujarnya saat itu.

hantu_kuntilanak

4. Hantu di Toko Mainan, Amerika

hantu-di-toko-mainan-di-amerika

Toko mainan Toys R Us di Kota Sunnyvale, Negara Bagian California, Amerika Serikat, ternyata dihuni banyak hantu. Sebuah foto mengejutkan memperlihatkan para arwah itu tengah bercengkrama. Mereka terekam di sebuah kamera infra merah. Para kru berani bersumpah saat itu lorong dalam keadaan sepi.

Seorang dukun bernama Sylvia Browne mengatakan wajah para hantu salah satunya yakni John, seorang petani dan toko mainan itu berdiri di atas lahan dia. John mati kehabisan darah saat tangannya terpotong ketika dia membelah kayu.

Pegawai Toys R Us mengatakan John sering menampakan diri pada mereka dan pelanggan, termasuk di toilet perempuan. Dia juga suka memainkan keran air, dan membisikkan namanya di telinga para karyawan. Mengerikan. (video)

hantu_kuntilanak

5. Hantu Bayi di Pemakaman Queensland, Australia

hantu-bayi-di-australia

Pada 1946 seorang perempuan bernama nyonya Andrew mengambil foto di kuburan putrinya di Kota Queensland, Australia. Putrinya itu berusia 17 tahun dan meninggal secara mengenaskan.

Namun alangkah terkejutnya nyonya Andrew saat mencetak gambar itu ada sesosok hantu bayi tengah memandang ke arah kameranya sembari tersenyum. Dia yakin tidak ada satupun anak kecil di situ apalagi bayi.

Setelah diselidiki oleh seorang paranormal bernama Tony Healy, dia menemukan kuburan bayi yang letaknya dekat makam putri Nyonya Andrew.

hantu_kuntilanak

6. Hantu White Lady, Inggris

hantu-white-lady-of-worstead-church

Pada tahun 1975, pasangan suami-istri Diane dan Peter Berthelot bersama putranya yang berusia 12 tahun berkunjung ke Gereja Worstead di Norfolk utara, Inggris. Pada saat itu Peter mengambil gambar istrinya yang sedang duduk dan berdoa di bangku gereja.

Beberapa bulan kemudian, teman Diane melihat foto tersebut dan menanyakan, “Siapa yang duduk di belakangmu Di?”. Ternyata dalam foto tersebut terlihat sosok bayangan perempuan memakai gaun kuno berwarna putih.

Pada musim panas selanjutnya, keluarga Berthelot kembali ke Gereja Worstead dan bertanya kepada penjaga gereja mengenai wanita yang ada di foto tersebut. Penjaga gereja menjelaskan bahwa yang ada di foto tersebut adalah White Lady.

White Lady sudah menjadi legenda di gereja tersebut yang dikenal sebagai hantu penyembuh. Dia akan menampakkan diri saat ada orang yang butuh untuk disembuhkan. Diane ingat pada saat foto itu diambil, dia sedang sakit dan melakukan pengobatan.

hantu_kuntilanak

7. Hantu The Watcher, Australia

hantu-the-watcher

Foto di atas diambil pada tahun 1959 di Corrobore Rock, Alice Springs, Australia. Dalam foto tersebut terlihat bayangan seorang manusia semi transparan yang memakai gaun panjang berwarna putih. Foto hantu ini dikenal sebagai Outback Ghost atau the Watcher.

Jika dilihat lebih seksama, sosok dalam foto tersebut terlihat seperti sedang memegang kamera atau teropong. Banyak spekulasi berkembang bahwa sosok tersebut hanya bayangan dari seseorang, namun hingga kini masih belum ada yang dapat membuktikan.

Banyak orang berpendapat bahwa sosok yang ada di foto tersebut adalah hantu yang selalu mengawasi kegiatan manusia.

hantu_kuntilanak

8. Hantu The Brown Lady, Inggris

hantu-the-brown-lady

The Brown Lady adalah salah satu foto hantu yang paling terkenal di dunia. Sosok dalam foto di atas dipercaya sebagai hantu dari Lady Dorothy Townshend, istri dari Charles Townshend, salah satu bangsawan Inggris di awal tahun 1700an.

Banyak orang percaya bahwa Lady Dorothy meninggal karena dia dikunci oleh suaminya di salah satu ruangan terpencil di dalam rumah tersebut selama bertahun-tahun. Hingga kini, arwah Lady Dorothy menghantui seisi rumah tersebut.

Pada awal abad 18, raja George IV menginap di rumah tersebut dan mengakui pernah melihat sosok perempuan dengan gaun berwarna coklat berdiri di samping tempat tidurnya.

hantu_kuntilanak

9. Hantu Pemakaman Boothill, Amerika

hantu-the-ghost-of-boothill-cemetery

Foto di atas mengubah pandangan Terry Ike Clanton mengenai hantu. Sebelumnya dia tidak pernah percaya akan adanya roh atau makhluk halus yang sering menampakkan diri.

Foto di atas yang juga dikenal sebagai “The Ghost of Boothill Cemetery” diambil saat Clanton sedang shooting film bertema koboi. Clanton yakin pada saat itu dia hanya berdiri sendirian di dekat pemakaman Boothill. Namun setelah foto tersebut dicetak terlihat sosok laki-laki melayang tanpa kaki di belakangnya.

hantu_kuntilanak

10. Hantu Madonna of Bachelor’s Grove, Amerika

hantu-madonna-of-bachelors-grove

Foto di atas diambil disalah satu pemakaman paling angker di Illinois Amerika Serikat. Pada 10 Agustus 1991, sekelompok peneliti hantu dari Ghost Research Society (GRS) sedang melakukan investigasi di pemakaman tersebut.

Mari Huff, salah seorang anggota kelompok tersebut mengambil gambar dengan menggunakan kamera infra merah berkecepatan tinggi. Tidak ada siapapun di pemakaman terpencil tersebut selain anggota dari GRS.

Ketika hasil foto tersebut dicetak, di foto tersebut terlihat sosok wanita sedang duduk di atas sebuah nisan. Perempuan yang memakai gaun kuno tersebut terlihat transparan. Beberapa orang juga melaporkan pernah melihat sosok hantu di pemakaman tersebut. (video)

Jadi apapun hantu yang kita lihat dan berwujud seperti manusia (seperti gambar atau foto diatas) sebenarnya adalah perwujudan jin-jin (menurut saint dan ufology adalah Alien) agar dapat mengecoh manusia supaya manusia dapat memuja atau menakuti orang yang sudah wafat itu dan akan memulai kemusrikannya.

Tapi perlu diingat kembali kembali bahwa kemungkinan keberadaan Alien dari luar planet Bumi (atau tepatnya Extra Terrestrial) masih terbuka lebar.

Sayangnya, mereka masih saling “terkurung dengan waktu” di masing-masing planetnya, dan belum dapat melakukan kontak diantara mereka karena masalah jarak dan waktu yang sedemikian teramat sangat jauhnya.

Kecuali mungkin, oleh makhluk yang sudah bisa “mengalahkan jarak dan waktu” yang jumlahnya sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah makhluk pintar, tapi belum bisa mengalahkan jarak dan waktu untuk sama-sam saling berjumpa. (sumber: oddee.com /edited: IndoCropCircles)

Videos:

Bayangan Hantu Menyerang Seorang Pria Tertangkap Kamera CCTV 

Hantu Jepang yang Terekam Kamera

10 Hantu Jepang yang Terekam Kamera

UFO – SOME SPIRIT UFO LIGHTS BALL CAUGHT ON TAPE DURING TSUNAMI JAPAN 2011

=>Video Paranormal Activities Lainnya<=

Artikel Terkait:

Video-Video Penampakan Hantu Terbaik Yang Terekam CCTV

[VIDEO] 13 Hotel Paling Berhantu di Dunia

[Aneh Tapi Nyata] Taksi Antar 3 Hantu Wanita ke Gang Sempit di TPU Karet Bivak, Jakarta

Hah? Sosok Hantu Terekam Kamera Ponsel di Subang?

Hantu Menurut Ilmuwan: Dapat Terlihat Jika Otak Terkena Frekuensi Sangat Rendah

Hah?? Heboh! Jin Miliki Akun Twitter di Arab!?

Misteri Kapal “SS Ourang Medan” : Semua Kru Tewas Kaku, Mata Melotot, Dengan Muka Ketakutan!

Tertangkap Kamera: 3 Pocong Hadiri Pernikahan di Magelang

Misteri “Suara Panggilan” di Penjara Presiden Soekarno

10 Tempat Paling Angker dan Misterius Seantero Jakarta

Misteri Tragedi Bintaro 1987 : Kecelakaan Kereta Api Terdahsyat di Indonesia

10 Tempat Paling Misterius & Angker Di Dunia

5 Gunung Paling Angker di Indonesia

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id , lintas.me , kaskus.co.id

*****

http://wp.me/p1jIGd-3p7

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Supernatural, Yang Paling. Tandai permalink.

21 Balasan ke 10 Foto Hantu Paling Otentik dan Dipercaya Keasliannya

  1. Yogix berkata:

    ijin nyimak gan 😀
    serem” juga ya hantunya

  2. Indra Wahyudi berkata:

    tapi tidak semua alien itu jin..

  3. Angling berkata:

    bro, gwa saranin artikel ini di jadiin buku aja

  4. supriyadi berkata:

    Gak serap,, gk pernah lihat sihh..

  5. ronny berkata:

    Seram habis

  6. 1zky berkata:

    Gue nggak percaya apapun yang berbau hantu, jin, setan sdb.. karena gue nggak pernah melihat hal seperti hantu-hantu itu.. Tapi seandainya ada yang dapat membuktikan kebenaran itu, saya berharap dapat di ikut sertakan dalam pembuktian..

  7. yut drian saleh berkata:

    pantek ma takut aden hantunyo seram bana

  8. Shofwan berkata:

    Yg gk percaya hantu, jin dan mahluk astral (ghoib) di ragukan iman nya.. Apakah anda mampu melihat Tuhan ?…
    gk usah Tuhan lah, apakah anda mampu melihat udara ?…

  9. anggi berkata:

    wooooowwwwwwwwwwww

  10. sepatu berkata:

    hahaha jadi merinding gw,…
    jadi males buka video na hehehe

  11. Conny berkata:

    Kita boleh percaya boleh enggak tapi jgn sampai kita takut sama hal begitu
    😉

  12. Dany berkata:

    Klo aku percaya. Sebab waktu masih SD dan berada di kebun, kepalaku bagian belakang pernah terasa seperti dipukul. Padahal klo itu dipukul tangan betulan, pasti sudah benjol.

  13. sofyan berkata:

    waw sangat serem sekali

  14. achmad_i79 berkata:

    terima kasih artikelnya.

  15. alifya berkata:

    terbaiklah
    tapi kita harus hati hati saat melihat nya takut nya dipingir atau dblakang kita ada hehehe

  16. a asli tanpa editan gan?
    terimakasih 😉

  17. veriska.com berkata:

    mana gitu gan foto-fotonya gan?
    makasih 😀

  18. CeritaHantu berkata:

    iya Foto Hantunya mana?? seharusnya bisa dibandingkan~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s