Ilmuwan Temukan Gelembung Energi Misterius di Galaksi Bimasakti

Ilmuwan Temukan Gelembung Energi Misterius di Galaksi Bima Sakti

Sebuah grup dari ilmuwan yang mengerjakan data dari Teleskop Angkasa Fermi Gamma-Ray milik NASA mengatakan bahwa mereka telah menemukan dua gelembung energi misterius yang bererupsi dari tengah galaksi Bima Sakti!

Gelembung yang berasal dari lubang hitam supermasif ini berjarak 25.000 tahun cahaya dan memiliki energi yang sama dengan 100.000 ledakan supernova!

“Gelembung-gelembung tersebut berukuran besar,” ujar Doug Finkbeiner dari Hardvard-Smithsonian Center for Astrophysics, pimpinan tim yang menemukan gelembung-gelembung tersebut. Demikian seperti yang diberitakan The New York Times, November 2010.

Dua buah "gelembung" di pusat galaksi Bima Sakti (foto ilustrasi)

Sumber dari gelembung-gelembung tersebut masih sebuah misteri.

Satu kemungkinannya bahwa gelombang tersebut mendapat tenaga dari gelombang kelahiran dan kematian bintang di pusat galaksi.

Opsi lain adalah gelembung tersebut mendapat tenaga dari lubang hitam di pusat galaksi Milky Way (Bima Sakti).

“Kita berpikir kalau kita tahu banyak mengenai galaksi kita, padahal tidak,” ujar David Spergel, seorang ahli astrofisika di Princeton University yang menunjukkan bahwa gelembung-gelembung sama besarnya dengan galaksi Milky Way.

Jon Morse, kepala astrofisika di kantor pusat NASA mengatakan penemuan ini menandakan bahwa alam semesta itu penuh dengan kejutan.

Satu orang yang paling terkejut adalah Dr. Finkbeiner. Setahun yang lalu dia menjadi bagian kelompok yang dipimpin oleh Gregory Dobler dari Kavli Instiute for Theoretical Physics di Santa Barbara, California, yang mengatakan bahwa mereka telah melihat kabut misterius yang penuh energi di sekeliling pusat galaksi Milky Way.

Bubbles emitting gamma rays extend above and below the Milky Way's center in an artist's rendering. Image courtesy SVS/GDFC/NASA

Pada waktu itu Dr. Finkbeiner dan para koleganya berspekulasi bahwa gelembung tersebut dihasilkan dari gelombang kegelapan. Pusat dari galaksi Milky Way adalah ‘rumah’ untuk semua fenomena energi, termasuk lubang hitam raksasa.

Akan tetapi beberapa teori kosmos juga menyatakan bahwa gelombang kegelapan mungkin akan berkonsentrasi di sana. Secara teori tabrakan dari partikel gelombang kegelapan bisa menyebabkan hujan sinar Gamma.

Dianalisa selanjutnya, di samping lebih besar dari yang Dr. Finkbeiner dan koleganya duga, galaksi tersebut ternyata memiliki batas. Sementara itu gelombang kegelapan memiliki bentuk yang lebih bias.

“Gelombang kegelapan sudah ada di sana selama miliaran tahun,” jelas Dr.Finkbeiner. “Jika sesuatu telah terjadi selama miliaran tahun, anda mungkin tidak akan berharap sebuah batas yang jelas,” tambahnya.

Dr. Finkbeiner dan para ilmuwan lain mengatakan ini bukan bermaksud kalau gelombang kegelapan tidak ada dalam pembentukan galaksi, tapi karena gelombang tersebut sangat sukar untuk dilihat. (sm/ar/ok/inl/kpt/icc.wp.com)

Behind the Mysterious Fog Surrounding the Milky Way  

*****

((( IndoCropCircles.wordpress.com )))

Pos ini dipublikasikan di Misteri Jagad Raya. Tandai permalink.

5 Balasan ke Ilmuwan Temukan Gelembung Energi Misterius di Galaksi Bimasakti

  1. SindhuAnne berkata:

    Makin ngerasa kecil aja…..

  2. young berkata:

    bisa beri penjelasan secara detail ga gannn… tentang semua ini ane kurang ngerti…

  3. elly berkata:

    subhanallah

  4. leo berkata:

    subhanallah kuasamu tiada yang dapat memiliki

  5. andoncavalera berkata:

    allah maha besar dengan segala ciptaannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s