Pertama Kali: Hubble Rilis Foto Terbesar Andromeda Dengan 100 Juta Bintang

The Universe

Untuk Pertama Kalinya, NASA Rilis Foto Terbesar Galaksi Andromeda Dengan 100 Juta Bintang Dari Teleskop Ruang Angkasa Hubble

Hubble_telescope_header

Ini adalah foto Galaksi Andromeda dengan ketajaman pixel terbesar (High Definition/HD) yang pernah dirilis NASA. Teleskop luar angkasa Hubble (Hubble Space Telescope/HST) telah menangkap sebuah foto terbaru dari Galaksi Andromeda. Foto ini menangkap gambar mosaik tajam dari galaksi yang bertetangga langsung dengan galaksi dimana kita tinggal, Bima Sakti atau Milkyway.

Foto dan video tersebut menggambarkan luas 48 ribu tahun cahaya dari piringan Andromeda.  Galaksi Andromeda dengan nama lain Messier 31, M31, atau NGC 224 adalah salah satu galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang, asalkan dilihat pada malam yang cerah, tanpa bulan dan tanpa polusi cahaya.

Strukturnya mirip dengan galaksi Bima Sakti yaitu berbentuk spiral. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Letaknya di langit adalah di belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, baik diamati sekitar bulan September, Oktober dan November.

Dengan mata telanjang, galaksi Andromeda nampak seperti kabut tipis kecil di langit utara, tapi jika diamati dengan teropong maka dapat menampakkan bintang-bintang redup di tepian galaksi terdekat itu. Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang, dan bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 300 km/detik.

Hubble's Andromeda Galaxy Image Shows Over 100 Million Stars small

Garis merah, adalah batas wilayah dari foto yang dirilis NASA.

Foto beresolusi tinggi yang dirilis NASA untuk memperingati 25 tahun Teleskop Hubble itu memang tak nampak seluruh isi galaksi. Walau hanya sebagian, namun secara total, foto tersebut menangkap lebih dari 100 juta bintang dari galaksi menakjubkan tersebut. Foto yang dirilis NASA itu memang tidak menampilkan keseluruhan dari gakasi Andomeda, dan foto itu memiliki ukuran 1,5 Giga Pixels.

“Ini adalah foto paling menakjubkan yang pernah kami ambil,” kata seorang perwakilan Hubble, seperti dikutip dari Space, Senin, 12 Januari 2015 lalu.

Selain foto, Teleskop Ruang Angkasa Hubble juga merekam detail video dan dikirimkan langsung ke bumi. Gambar ini dirilis ke khalayak pada pertemuan ke-225 American Astronomical Society.

“Panorama menyisir dari tonjolan pusat galaksi dan debu pada cakram orbit.” Panorama ini sebagian besar diproses dengan program Pankromatik Hubble Andromeda Treasury (PHAT).

Gambar ini dibuat dalam bentuk mosaik sebanyak 7.398 eksposur yang diambil dari 411 titik Hubble. Menurut pejabat tersebut, gambar ini dapat digunakan para ahli astronomi untuk menafsirkan galaksi spiral lainnya, yang mungkin memiliki ciri khas sama dengan Bima Sakti dan Andromeda.

Hubble's Andromeda Galaxy Image Shows Over 100 Million Stars 02

Garis putih putus-putus, adalah batas wilayah dari foto yang dirilis NASA.

“Kelompok besar bintang muda biru ini juga menunjukkan lokasi dan gugus bintang serta daerah pembentukan bintang. Lokasi itu berada di cincin biru sebelah sisi kanan,” ujar pejabat tersebut.

Pada foto diatas terlihat kotak kecil disisi bawah bagian tengah yang disebut sebagai  “Kelompok besar bintang muda biru” itu, dan fotonya dapat anda lihat pada bagian bawah artikel ini.

Pejabat tersebut juga menambahkan, “Lokasi ini juga dapat mengungkap distribusi bintang merah dan evolusi Andromeda selama miliaran tahun.”

Andromeda dan Bima Sakti berada di jalur sama yang akan bertabrakan. “Dua galaksi akan bertabrakan dan membentuk satu galaksi baru, tapi itu baru terjadi miliaran tahun dari sekarang.”

Teleskop luar angkasa Hubble adalah sebuah teleskop luar angkasa yang berada di orbit bumi. Nama Hubble diambil dari nama ilmuwan terkenal Amerika, Edwin Hubble yang juga merupakan penemu hukum Hubble. Sebagian besar dari benda-benda angkasa yang telah berhasil diidentifikasi, adalah jasa teleskop Hubble selama ini.

Hubble's Andromeda Galaxy Image 1200px - 112kb

Foto Galaksi Andromeda yang difoto Hubble dan dirilis NASA. Hubble’s Andromeda Galaxy Image 1200px – 112kb (click image to enlarge). (NASA).

Klik pada gambar diatas untuk ukuran 1200px (112kb/JPG) – 6000px (4.91mb/JPG) –  9659px (9.13mb/JPG)

Teleskop Hubble yang telah memfoto galaksi Andromeda ini mulai beroperasi sejak 24 April 1990, jadi pada tahun 2015, sudah 25 tahun teleskop itu berbakti untuk kebutuhan dunia sains khusunya di bidang astronomi. Maka untuk memperingati 25 tahun pengabdian teleskop Hubble kepada dunia astronomy, maka NASA merilis foto Galaksi Andromeda dengan resolusi tinggi ini untuk kali pertama.

Pada misi kedua di bulan Februari 1997, astronot mengganti sebagian peralatan Hubble dan juga menambahkan jaket baru untuk menjaga Hubble agar tetap hangat. Advance Camera dipasang pada tahun 2001. Kamera ini dapat mempertajam gambar dan memperlebar sudut pandang kamera.

hubble teleskop part hst

Bagian-bagian pada Teleskop Hubble

Setelah itu, Wide Field Camera 3 dan Cosmic Origins Spectrograph dipasang pada tahun 2003. Dua misi Hubble yang terakhir adalah pada tahun 2001 dan 2003. Teleskop Hubble seharusnya sudah di non-aktifkan pada akhir tahun 2005 lalu.

Tetapi, pada bulan Oktober 1997, NASA memutuskan untuk memperpanjang pengoperasian Hubble dari tahun 2005 ke 2010. Hubble akan digantikan oleh Teleskop James Webb.

Teleskop pada Hubble memiliki ketebalan mencapai 13,1 meter (43,5 kaki), berdiameter 4,27 meter (14,0 kaki) dan memiliki berat 11.000 kilogram. Ukuran Hubble hampir sama dengan sebuah bus sekolah. Tabung oranye yang ada pada teleskop adalah sumber tenaga Hubble.

Sedangkan lensa primer teleskop Hubble berdiameter 2,4 m (8 kaki), dan beratnya mencapai 826 kilogram. Lensa ini terbuat dari kaca silika yang dilapisi oleh lapisan tipis aluminum murni untuk merefleksikan cahaya.

Moon and Galaxy Andromeda

Moon and Andromeda Galaxy

Selain lapisan aluminum, lensanya juga memiliki lapisan magnesium fluorida yang berguna untuk mencegah oksidasi dan sinar ultraviolet (UV) dari matahari agar lensa tidak cepat rusak.

Cara kerja telskop ini, pertama-tama Hubble menangkap gambar. Setelah diterima oleh teleskop, gambar tersebut akan diubah menjadi kode digital dan diradiasikan ke bumi dengan menggunakan antena yang memiliki kemampuan mengirimkan data 1 juta bit per detik.

Setelah kode digital diterima oleh stasiun di bumi, kode itu akan diubah menjadi foto dan spektrograf (sebuah instrumen yang digunakan untuk mencatat spektrum astronomikal).

Sejak pertama kali dioperasikan, teleskop ini dikendalikan dari Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Md.

Ada empat penemuan paling penting oleh Teleskop Hubble:

1. Umur Alam Semesta. Dalam menjawab tujuan utama misi, Hubble menentukan alam semesta berusia sekitar 13,7 miliar tahun – dan kemudian dibenarkan oleh instrumen lain.

2. Alam Semesta Meluas. Kemampuan Hubble untuk mendteksi supernova redup membantu penemuan bahwa kecepatan perluasan alam semesta bertambah.

3. Gambar Planet Mengorbit Bintang Lain. Hubble adalah satu dari dua teleskop yang mengambil gambar langsung planet yang mengorbit bintang lain – gambar bersejarah ini diumumkan bulan November 2009.

4. Menentukan Ukuran Dark Matter. Hubble berhasil menentukan ukuran langsung pertama zat-zat gelap di ruang angkasa secara tiga dimensi.

Seperti telah dijelaskan diatas, bahwa galaksi Andromeda dan Bima Sakti berada di jalur sama dan akan bertabrakan yang kemudian akan membentuk satu galaksi baru.

Lalu, bagaimana nasib Galaksi Bima Sakti, Galaksi Andromeda, Tata Surya, Matahari juga planet Bumi? Tak udah dipikirkan, karena tabrakan itu baru terjadi miliaran tahun dari sekarang.

Teleskop Hubble ini dapat berjalan 5 mil per detik, itu artinya Hubble dapat berkeliling kurang lebih 241 juta kilometer per tahun! Ia berjalan sangat cepat melebihi kecapatan suara, wuzzz.. wuzzz.. wuzzz… sambil tetap mampu meneropong sebuah objek pada ruang dan waktu yang ada diujung sana, yang berjarak milyaran tahun cahaya! (NASA/tempo.co/ICC)

Annotated section of Hubble image of the Andromeda Galaxy

Pada foto terlihat apa yang disebut sebagai “Kelompok besar bintang muda biru” dalam gugusan Galaksi Andromeda bagian tepinya.

hubble teleskop HTS above earth

Hubble Space Teleskop / HSS

galaksi bima sakti headerbanner hubbles-andromeda-galaxy-image-shows-over-100-million-stars

VIDEO: Gigapixels of Andromeda (2160px/4K)

Artikel Lainnya:

Peran Hubble Memburu UFO

Ada Berapa Planet di Galaksi Bimasakti? 160 Milyar!

Di Galaksi Bimasakti Saja, Planet Mirip Bumi Berjumlah 17 Miliar

Ini Dia, Foto 219.000.000 Bintang di Galaksi Bimasakti Yang Berhasil Dipetakan

Galaksi Bimasakti Terancam Ditabrak Awan Raksasa!

Ilmuwan Temukan Gelembung Energi Misterius di Galaksi Bimasakti

Temuan Planet Kerdil “2012 VP113″ Indikasikan Adanya Planet Raksasa di Balik Pluto

Supernova Misterius Terterang: Saksi Runtuhnya Mataram Kuno

Planet Sedna Sebabkan Makhluk Bumi Punah

Planet Theia, Benda Besar Yang Menabrak Bumi

Stellar-Mass “Black Hole” Terbaru di Galaksi Kita

Beruntung! Tahun 2004 Lalu, Bumi Hampir Saja Kiamat!

Waduh! Seharusnya Masih Ada Satu Planet Lagi Dalam Tatasurya, Kemana Planet Itu?

Planet-X Besar, Hercolubus atau “Planet Merah” Mendekati Tata Surya?

NASA Tangkap Sosok Spiral Misterius di Luar Angkasa

Wow! Ada “Benda Asing” Merusak Cincin F Saturnus

Matahari Meredup? Misteri Lubang Mega Besar di Matahari

Waduh! Ilmuwan Klaim Wahana Alien Mungkin Sudah Sampai di Tata Surya?

Inilah Citra Foto Terjauh Jagad Raya oleh “Hubble”

Hebat! Astronom Temukan Jalan Keluar Dari Pusaran Black Hole

Fakta-Fakta Menarik Seputar Astronomi

Beberapa Nama Indonesia Yang Sudah Tertera di Langit

=>Puluhan Artikel Misteri Jagad Raya<=

=>Puluhan Artikel Misteri Planet<=

=>Puluhan Artikel Misteri UFO Dunia<=

*****

http://wp.me/p1jIGd-62r

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Misteri Jagad Raya. Tandai permalink.

4 Balasan ke Pertama Kali: Hubble Rilis Foto Terbesar Andromeda Dengan 100 Juta Bintang

  1. aldistra berkata:

    Andromeda merupakan sebuah galaksi spiral seperti Bima Sakti, apakah ada kemungkinan disana juga ada sistem tata surya yg mempunyai kehidupan seperti tetangganya Bima Sakti 🙂

    Penasaran 😀

  2. Siswa berkata:

    Alam semesta memang penuh misteri,,, dari sekian galaksi, hanya Andromeda lah yang pergeseran frekuensi nya semakin besar, itu tandanya semakin dekat dengan galaksi kita

    • adanistra berkata:

      Iyaa memang demikian, pergerakannya memang sangat cepat dan menjuju ke bima sakti, tapi seperti yg diketahui jaraknya 2,5juta tahun cahaya dari kita. Walau ada kemungkinan terjadi benturan antara bima sakti dan andromeda, mungkin tabrakan itu akan berlangsung jutaan atau milyaran tahun yg akan datang yaaa ?!

      Masih lama untungnya 🙂

  3. Wong berkata:

    Ada yg tau teori bagaimana bimasakti kita bisa difoto? Memfoto rumah sendiri tanpa keluar rumah?

    Truss… galaxy seperi andromeda kan tahunan cahaya jaraknya… tapi bisa difoto jelas bagaimana teorinya? Apakah kamera yg diciptakan luar biasa canggih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s