Dimana Bumi Berada? Inilah “Alamat” Terbaru Bumi di Alam Semesta!

The Universe

Dimana Bumi Berada? Ini Dia, Peta Alamat Bumi dan “Laniakea” di Alam Semesta Kian Jelas!

cosmos natgeo header

Keberhasilan pemodelan “Supercluster Laniakea” membuat manusia makin mengenali “rumahnya” di semesta. Laniakea adalah superkluster galaksi yang didalamnya dihuni oleh ratusan ribu galaksi termasuk galaksi Bima Sakti, Tata Surya, dan Bumi.

Superkluster ini dipastikan keberadaannya pada September 2014 lalu ketika sekelompok astronom yang diketuai R. Brent Tully dari University of Hawaii menciptakan cara baru menentukan superkluster sesuai kecepatan relatif galaksi.

Superkluster lokal baru ini menggantikan superkluster lokal sebelumnya, Superkluster Virgo, yang terbukti merupakan bagian kecil dari Laniakea.

Rumah besar Galaksi Bimasakti, yaitu Supergugus Galaksi bernama “Laniakea” (Laniakea Supercluster), berhasil didefinisikan sejak awal September tahun 2014 lalu. Temuan itu membuat posisi atau alamat Bumi di jagat raya, semakin jelas!

Meski demikian, supergugus galaksi yang diperkirakan memiliki 100.000 galaksi dan terbentang sejauh 520 juta tahun cahaya itu tetaplah secuil bagian, dari alam semesta!

Struktur Laniakea berhasil didefinisikan peneliti Institut Astronomi, Universitas Hawaii, Amerika Serikat, R Brent Tully dan rekan, setelah mengamati gerak lebih dari 8.000 galaksi.

Hasilnya, Bimasakti hanya satu titik di pinggiran Laniakea yang berkumpul bersama grup dan gugus galaksi lain serta bergerak bersama menuju ”Great Attractor”, sang penarik besar, yaitu kawasan dengan tarikan gravitasi masif di arah Gugus Galaksi Centaurus.

”Struktur Laniakea yang didefinisikan berdasarkan kecepatan gerak galaksi, bukan hanya distribusi atau jaraknya, adalah metode baru pendefinisian struktur skala besar alam semesta,” kata Tully.

Laniakea supercluster, tampak titik hitam (anak panah) merupakan letak galaksi Bims Sakti beserta grup galaksinya yang terdiri dari beberapa galaksi terdekatnya.

Garis warna coklat adalah wilayah Laniakea Supercluster yang di dalamnya termasuk juga galaksi Bima Sakti. Tampak titik hitam (anak panah) merupakan letak galaksi Bims Sakti beserta grup galaksinya yang terdiri dari beberapa galaksi terdekatnya.

Supergugus Galaksi “Laniakea” (Laniakea Supercluster)

Astronom University of Hawaii, Brent Tully dan rekan-rekannya telah menetapkan batas-batas Laniakea ini beserta anggota galaksi dengan melihat bagaimana galaksi bergerak melalui ruang.

Tim menggunakan pengukuran yang disebut “gerakan aneh”, yang mengambil total pergerakan galaksi dan mengurangi gerakan yang disumbangkan oleh perluasan alam semesta.

Dari sana, ilmuwan dapat menghasilkan ‘aliran garis’ yang menunjukkan bagaimana galaksi bergerak, dan mengungkapkan pusat gravitasi yang menarik mereka. ‘Penarik’ ini mengendalikan perilaku anggota galaksi, membentuk inti dari supercluster. Tetapi menentukan gerakan aneh yang mengarah ke inti ini adalah hal rumit.

Laniakea supercluster and perseus pisces supercluster

Supercluster Laniakea (kiri warna hitam) yang diperkirakan memiliki 100.000 galaksi yang terbentang sejauh 520 juta tahun cahaya, dan “tetangganya” Supercluster Perseus-Pisces (kanan warna merah). Terlihat garis-garis penuh dengan galaksi-galaksi yang seakan ditarik oleh gravitasi sangat besar dan membentuk mirip “aliran bergaris-garis”.

“Ini adalah pengamatan yang benar-benar sulit untuk membuat per galaksi,” kata David Schlegel, fisikawan di Lawrence Berkeley National Laboratory of California. Schlegel, yang bekerja pada sebuah proyek yang akan memetakan 25 juta galaksi, menghabiskan beberapa waktu menangani peta serupa di tingkat pascasarjana.

“Banyak yang benar-benar menggarapnya, tapi semua itu berantakan. Pada dasarnya mereka semua menyerah,” katanya. Kelompok ini, Brent Tully khususnya, telah bertahan dan terus menggarapnya.

GRUP GALAKSI BIMA SAKTI DAN GUGUS VIRGOSetelah mempelajari gerakan aneh 8.000 galaksi, Tully dan rekan-rekannya bisa mengenali pusat gravitasi yang mengendalikan Bima Sakti dan galaksi-galaksi tetangganya.

Mereka menggunakan informasi tersebut untuk menentukan tingkat supercluster tersebut. Secara sederhana, galaksi yang bergerak dikendalikan oleh ‘Penarik besar’ Laniakea yang terletak di arah rasi Centaurus, yang merupakan bagian dari supercluster Laniakea.

Galaksi yang ditarik menuju penarik yang berbeda, berada dalam supercluster yang berbeda (yang selanjutnya disebut Perseus-Pisces), bahkan jika mereka tepat bersisian di langit.

“Kami menemukan batas-batas tepi,” kata Tully. “Ini benar-benar mirip dengan ide ‘daerah aliran sungai’ (DAS) di permukaan planet. Tepi DAS cukup jelas ketika Anda berada di Rocky Mountains, tapi jauh kurang jelas jika Anda berada di tanah yang benar-benar datar. Namun, air tahu cara untuk mengalir pergi.”

Dalam supercluster, galaksi yang halus seperti manik-manik pada ‘benang semesta’, masing-masing berlabuh ke Penarik Besar. Galaksi Bima Sakti ada di tepi salah satu benang, yang bertengger di tepi ‘Kekosongan Lokal’, daerah di mana, seperti namanya, tidak ada banyak objek yang bisa ditemukan.

Jenis-jenis benang skala besar dan kekosongan adalah umum di seluruh alam semesta. Tapi Tully mencatat satu kejutan yang muncul ketika memetakan Laniakea: supercluster ini sedang disentakkan oleh kumpulan lebih besar dari galaksi, yang disebut Inti Shapley.

“Ini hal yang benar-benar besar, dan kita sedang ditarik ke arah itu. Tapi kami tidak punya cukup informasi sehingga belum menemukan garis besar Inti Shapley,” kata Tully. “Kita mungkin menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar”, tambahnya.

Peta superklaster Linakes (Laniakea supercluster map)

Peta superklaster Liniakea (Laniakea supercluster map)

Alamat kosmik

Meski batas Laniakea belum jelas sepenuhnya, mantan peneliti pada Institut Astronomi Max-Planck Heidelberg, Jerman, Dading Nugroho, mengatakan, bahwa keberhasilan pemodelan Laniakea membuat manusia makin mengenali ”rumahnya” di semesta.

Seandainya manusia bisa melakukan perjalanan antargalaksi atau bisa berkomunikasi dengan kehidupan cerdas di luar Bimasakti, manusia dapat menyebut alamatnya lebih rinci, yaitu Bumi, Tata Surya, Bimasakti, Grup Galaksi Lokal, Gugus Galaksi Virgo, dan terakhir Supergugus Galaksi Laniakea.

Sama seperti alamat rumah kita, setiap keterangan tempat berikutnya tentu memiliki batas wilayah, populasi, dan tetangga di sekitarnya. Marilah kita tengok wilayah dan tetangga kosmik kita satu per satu.

planet kuiper belt oort cloud

Sebagai anggota Tata Surya, Bumi memiliki tujuh planet tetangga, beberapa planet katai, ratusan satelit planet, ratusan ribu asteroid, dan ribuan komet. Anggota Tata Surya yang belum diketahui jauh lebih banyak lagi. Batas akhir pengaruh Matahari yang menandai tepi Tata Surya berjarak 1,87 tahun cahaya dari sang bintang induk.

Satu tahun cahaya adalah waktu yang dibutuhkan cahaya untuk bergerak dengan kecepatan 300.000 kilometer per detik. Itu berarti satu tahun cahaya setara dengan 9,5 triliun kilometer.

Awan Oort (Inggris: Oort cloud) adalah awan komet berbentuk sferik yang dipercayai berada sekitar 1xE15 m/50.000 hingga 1xE16 m/100.000 AU dari matahari (sekitar 1.000 kali jarak Matahari ke Pluto).

Awan Oort (Inggris: Oort cloud) adalah awan komet berbentuk sferik yang dipercayai berada sekitar 1xE15 m/50.000 hingga 1xE16 m/100.000 AU dari matahari (sekitar 1.000 kali jarak Matahari ke Pluto).

Bintang terdekat Matahari adalah Proxima Centauri, bintang katai merah yang berjarak 4,24 tahun cahaya dari Matahari. Proxima Centauri adalah bagian dari sistem bintang triple yang kita kenal sebagai sistem bintang Alpha Centauri.

Matahari dan Alpha Centauri adalah bagian Galaksi Bimasakti yang beranggotakan 400 miliar bintang berbagai ukuran dan terbentang sejauh 120.000 tahun cahaya. Matahari ada pada salah satu lengan Bimasakti dan berjarak 27.000 tahun cahaya dari inti Bimasakti, yaitu Lubang Hitam Sagitarius A.

Bimasakti anggota Grup Galaksi Lokal yang terbentang 10 juta tahun cahaya. Selain Bimasakti, grup ini juga punya dua galaksi utama lain, yaitu Andromeda dan Triangulum. Grup juga berisikan puluhan satelit galaksi dan puluhan galaksi katai.

Bagian lebih besar dari Grup Galaksi Lokal adalah Gugus Galaksi Virgo yang beranggotakan 1.200-2.000 galaksi. Ia terbentang sejauh 15 juta tahun cahaya. Nama Virgo diberikan karena gugus ini jika dilihat dari Bumi berada di arah rasi Virgo.

Ada Berapa Planet di Galaksi Bimasakti? 160 Milyar!

Terlihat posisi Matahari (titik putih kecil) di Galaksi Bimasakti. Lingkaran kecil yang mengelilingi matahari adalah batas wilayah terjauh para astronom dapat memburu planet-planet ekstra tatasurya.

Selanjutnya, Gugus Galaksi Virgo adalah bagian dari Supergugus Galaksi Laniakea. Sebelumnya, Bima Saki adalah anggota Supergugus Galaksi Virgo yang beranggotakan sekiar 47.000 galaksi dan berdiameter sekitar 110 tahun cahaya.

Keberhasilan penentuan struktur Laniakea akhirnya hanya membuat Supergugus Galaksi Virgo hanya jadi bagian Laniakea. Demikian pula Supergugus Galaksi Norma-Hydra, Centaurus, dan Pavo-Indus yang kini semuanya juga menjadi bagian Laniakea. ”Pemahaman manusia tentang supergugus galaksi terus berkembang,” ujar Dading.

Universe can seen JAGAD RAYA TERAMATIBerdasarkan definisi baru supergugus galaksi, tetangga Laniakea antara lain adalah Supergugus Galaksi Shapley, Coma, dan Perseus-Pisces.

Berbagai supergugus galaksi adalah struktur terbesar di alam semesta yang diketahui. Potensi untuk menemukan struktur yang lebih besar disadari Tully sangat mungkin, khususnya jika faktor lain yang memengaruhi gerak galaksi juga ikut diperhitungkan.

Dading menambahkan, secara teoretis, manusia seharusnya bisa melihat bagian lain semesta yang terbentang hingga 14,7 miliar tahun cahaya.

Nama ‘Laniakea‘ ini disarankan oleh Nawa’a Napoleon, dosen pembantu jurusan bahasa Hawaii di Kapiolani Community College.

Nama ini diberikan untuk menghormati para penjelajah Polinesia yang memanfaatkan pengetahuan langit mereka saat menjelajahi Samudra Pasifik.

Nama Laniakea berarti “langit mahaluas” dalam bahasa Hawaii yang terdiri dari kata “lani” (langit) dan “akea” (luas atau sangat luas). Meski Laniakea adalah struktur terbesar yang diketahui di semesta, namun ia tetap hanya bagian kecil dari alam semesta.

Laniakea menjadi sebuah titik tak berarti jika dibandingkan dengan besarnya jagat raya dialam semesta ini. Hanya Dia-lah Sang Maha Pencipta yang Maha Besar.

Sebesar apakah Linakea jika dibandingkan dengan alam semesta? Dapat anda melihat pada gambar dan video dibawah halaman ini. Semoga, tak ada lagi kesombongan pada tiap diri manusia yang merasa paling berpengaruh, paling kaya, paling berkuasa dan yang merasa paling paling besar. Semoga bermanfaat.

(sumber: Nationalgeographic / M Zaid Wahyudi, Kompas / Nadia Drake / nature.com / techtimes.com)

Pustaka:

– nature.com, Earth’s new address: ‘Solar System, Milky Way, Laniakea’.

– techtimes.com, New map gives Milky Way its first address: Laniakea.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d8/Nearsc.gif

Ini adalah peta supercluster terdekat dalam jangkauan 500 juta tahun cahaya. Supercluster Laniakea berada ditengah. (Credit: Richard Powell, Atlas of the Universe)

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/7d/2MASS_LSS_chart-NEW_Nasa.jpg/640px-2MASS_LSS_chart-NEW_Nasa.jpg

Sebagian kecil panorama dari seluruh langit terdekat dengan Bumi yang difoto dengan inframerah (wikimedia)

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/0f/Earth%27s_Location_in_the_Universe_SMALLER_%28JPEG%29.jpg/640px-Earth%27s_Location_in_the_Universe_SMALLER_%28JPEG%29.jpg

Ini adalah “alamat” Bumi dialam semesta untuk saat ini, sedangkan yang terbaru pada foto dibawah. (KLIK UNTUK UKURAN: 1280px , 5000px)

alamat Bumi di alam semesta jagat raya small

Inilah posisi atau “alamat” Bumi di alam semesta terkini. KLIK DISINI UNTUK MEMPERBESAR (2562 pixel)) (nationalgeographic)

cosmic web universe galaxy galaxies 01

Jaringan Kosmis (cosmic web) di alam semesta yang terdiri dari milyaran galaksi.

cosmic web universe galaxy galaxies 02

Jaringan Kosmis (cosmic web) di alam semesta yang terdiri dari ratusan milyar galaksi.

galaksi bima sakti headerLaniakea supercluster banner

Video:

Laniakea: Our home supercluster

Artikel Lainnya:

Misteri Kumpulan Air Tertua, Terjauh dan Terbesar di Jagat Raya

Wow! Ditemukan: Gugus Galaksi Raksasa Terbesar Sejagad Raya!

NASA Tangkap Sosok Spiral Misterius di Luar Angkasa

Ilmuwan Temukan Gelembung Energi Misterius di Galaksi Bimasakti

Sekelompok Ilmuwan Berhasil Menemukan Letak Terompet Malaikat Isrofil

Ada Berapa Planet di Galaksi Bimasakti? Sekitar 160 Milyar!

Di Galaksi Bimasakti Saja, Planet Mirip Bumi Berjumlah 17 Miliar!

Ilmuwan: Ternyata, Ada Puluhan Milyar Planet Serupa Bumi di Jagad Raya

Waduh! Galaksi Bimasakti Terancam Ditabrak Awan Raksasa!

Inilah Citra Foto Terjauh Jagad Raya oleh “Hubble”

[Ditemukan Tahun 2013] z8_GND_5296, Adalah Galaksi Terjauh!

Teori Mengejutkan: Bukti Alam Semesta Lebih dari Satu

Fakta-Fakta Menarik Seputar Astronomi

Wahana Terjauh: Voyager-1 Mulai Menjauhi Batas Tata Surya

Supernova Misterius Terterang: Saksi Runtuhnya Mataram Kuno

Astronom Temukan Benda Langit Misterius Berekor Enam!

Temuan Planet Kerdil “2012 VP113″ Indikasikan Adanya Planet Raksasa di Balik Pluto

Ini Dia, Foto 219.000.000 Bintang di Galaksi Bimasakti Yang Berhasil Dipetakan

Pertama Kali: Hubble Rilis Foto Terbesar Andromeda Dengan 100 Juta Bintang

Masih ada komunitas yang percaya: Bumi ini Datar, Bukan Bundar!

=>Puluhan Artikel Terkait Misteri Jagad Raya<=

=>Puluhan Artikel Terkait Misteri Planet<=

=>Puluhan Artikel Terkait Asteroid, Meteor dan Komet<=

=>Klik Disini Untuk Lihat Semua Kategori Lebih Dari 700 Artikel<=

*****

http://wp.me/p1jIGd-6gI

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Misteri Jagad Raya. Tandai permalink.

6 Balasan ke Dimana Bumi Berada? Inilah “Alamat” Terbaru Bumi di Alam Semesta!

  1. andre win berkata:

    Sungguh mengerikann.. kita(bumi) bagaikan sebuah sel dalam tubuh manusia.. tidak bahkan hanya merupakan penyusun sel saja.. dimulai dari sel – jaringan – organ – sistem organ – individu.(pelajaran biologi smp).. Begitulah kira2 bumi kita di banding galaxy dan super kluster hingga alam semesta yg teramati(observable universe)
    Tuhan memang maha besar!!

    • Andy Lau berkata:

      jangan2 alam semesta kita ini ada bagian mikroskopis dari sesuatu yang lebih besar lagi. katakanlah alam semesta kita hanya bagian dari sel SESUATU.

  2. Arfan Affandi SH berkata:

    membaca artikel ini. mengetahui fakta baru ttg jagat raya ini. membuatku semakin yakin bahwa Allah Maha Besar. membuatku semakin yakin utk tambah taat ibadah sama Allah Swt…..

    merinding saya…..

  3. msiter berkata:

    Tidak ada satupun betapa kecilnya manusia dihadapan Allah SWT,telah datang saatnya tunduk hati kepada sang Pencipta

  4. knek berkata:

    upamanya klo di badan kita bumi ini cma segede atom kli yah atau elektron yg ngelilingi inti atom.. mirip kan subhanallah 🙂 knapa ko semua di mulai dari atom sampai alam semesta itu perinsipnya sama (seperti orang tawaf ya) pasti ada hikmahnya cuma ilmu sya belom nyampe ksitu 😦

  5. aanwijzing berkata:

    artikelnya sangat menarik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s