Pulau Heboh Nongol Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut

gunung-api-dasar-laut-meletus-di-jepang-004

Letusan gunung berapi tersebut telah menambah daftar pulau-pulau kecil di sekitar selatan Pulau Ogasawara di Jepang. (©REUTERS/Kyodo)

Pulau Heboh Ini Nongol Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut

Gunung berapi bawah laut itu menciptakan sebuah pulau kecil di lepas pantai Nishinoshima, Ogasawara, Jepang.

https://i0.wp.com/d1jqu7g1y74ds1.cloudfront.net/wp-content/uploads/2013/11/japanese-volcano-2.jpg

Warga takjub, sebuah letusan gunung berapi telah menjadikan sebuah pulau baru di perairan laut sekitar 1.000 km selatan Tokyo, Jepang.

“Pulau yang memiliki diameter 200 meter tersebut muncul di lepas pantai Nishinoshima, di antara gugusan Kepulauan Bonin,” kata Badan Meteorologi Jepang, seperti dilansir The Guardian, Kamis (21/11).

Gugusan pulau-pulau kecil tak berpenghuni di Ogasawara tersebut ada sekitar 30 pulau yang berada di gugusan berjarak 1.000 km di selatan Tokyo dan terletak di Lempeng Pasifik seismik aktif yang dikenal sebagai ‘Cincin Api’ atau Ring of Fire.

Seorang petugas pada hari Rabu (20/02/13), telah mengeluarkan peringatan soal asap hitam tebal dari letusan gunung api di kawasan itu.

gunung-api-dasar-laut-meletus-di-jepang-002

Gunung berapi dasar laut itu muncul berdekatan dengan pantai Nishinoshima (atas sebelah kiri). (©REUTERS/Kyodo)

Tayangan televisi setempat hari ini juga menayangkan adanya asap tebal, abu vulkanik, dan bebatuan menyembur dari kawah dengan uap yang mengepul ke langit.

Kepada jaringan berita FNN, vulkanologis Hiroshi Ito, mengatakan ada kemungkinan pulau tersebut akan terbentuk secara permanen. “Namun tidak menutup peluang juga bakal terkikis oleh arus laut,” ujarnya.

Menurut laporan, letusan gunung berapi terakhir yang tercatat di wilayah ini terjadi pada pertengahan 1970-an. Sebagian besar aktivitas vulkaniknya terjadi di kedalaman ribuan meter bawah laut, di lokasi Palung Izu-Ogasawara-Marianas.

gunung-api-dasar-laut-meletus-di-jepang-003

Muntahan material batuan terlihat jelas menyembur ke udara saat gunung berapi dasar laut itu meletus. (©REUTERS/Kyodo)

Pemerintah Jepang menyambut berita ini. Menurut mereka, kehadiran pulau ini telah menambah wilayah daratan baru bagi Negeri Sakura, meskipun luasnya tidak seberapa.

“Kemunculan pulau baru ini pernah terjadi sebelumnya. Namun dalam beberapa kasus, ada juga pulau-pulau kita yang justru menghilang karena tenggelam,” kata Menteri Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga.

Kemudian pihak Jepang menamakan pulau terbaru ini dengan nama Niijima.

gunung-api-dasar-laut-meletus-di-jepang-001

Terlihat gunung berapi dasar laut melakukan erupsi setelah muncul ke permukaan di lepas pantai Nishinoshima, Ogasawara, Jepang, Kamis (21/11/13). (©REUTERS/Kyodo)

Pulau Baru Yang Diberi Nama Niijima Ini Terus Membesar

Pulau terbaru di Jepang yang telah diberi nama Niijima, telah membesar ukurannya tiga kali lipat pada Desember 2013 atau hanya satu bulan setelah pertama kali nongol ke atas permukaan laut, sejak pertama kali dilihat pada 20 November, menurut Badan Meteorologi Jepang.

Niijma terbentuk dari aktivitas vulkanik sepanjang pinggir sebelah barat dari “Cincin Api” Pasifik. Pulau ini terletak sekitar 1.000 kilometer ke arah selatan Tokyo dan 130 kilometer dari pulau berpenghuni terdekat di perairan yang dianggap wilayah Jepang.

Pulau baru tersebut sangat dekat dengan Nishino-shima, pulau vulkanik lainnya yang terakhir kali meletus dan membesar pada tahun 1973-74.

Pulau baru di Jepang Niijima

Pulau baru di Jepang Niijima, telah membesar ukurannya tiga kali lipat pada Desember 2013 atau hanya satu bulan setelah pertama kali nongol ke atas permukaan laut.

Gambar-gambar terakhir dari kedua pulau tersebut yang diambil oleh satelit NASA pada 24 Desember, menunjukkan bahwa kedua pulau itu hampir bersentuhan.

Para ilmuwan dari Badan Meteorologi Jepang mengatakan pulau itu cukup besar untuk bertahan sedikitnya beberapa tahun, bahkan mungkin secara permanen.

Pada awal Desember 2013, pulau ini telah meluas menjadi 56.000 meter persegi, atau sekitar tiga kali ukuran awalnya. Ia ada pada 20 meter sampai 25 meter di atas permukaan laut. (FNN/ VOAindonesia/ berbagai sumber)

(Video) Volcano Creates New Island Near Japan (21 November 2013)

Artikel Terkait Lainnya:

[Photo] Misteri Gunung Paricutin: Lahir Disaksikan Manusia, Mengubur 2 Desa, Lalu Mati

Warga Takjub, Pulau Heboh Ini Nongol Setelah Gempa!

=> Puluhan Artikel Lainnya Terkait Fenomena Alami <=

*****

http://wp.me/p1jIGd-3Ym

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami. Tandai permalink.

2 Balasan ke Pulau Heboh Nongol Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut

  1. Juni berkata:

    Mudh2an ke dpannya jgn smpai tenggelam. Supaya bisa ditinggali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s