Bumi Bulat Atau Datar? Wilbur Glenn Voliva, Pendukung Terkemuka Teori Bumi Datar

flat_earth bumi datar header

Bumi Bulat Atau Datar? Perjalanan Hidup Wilbur Glenn Voliva, Pendukung Terkemuka Teori Bumi Datar

Teori bahwa Bumi bulat datar (flat earth) ibarat sebuah telor ceplok, membuat sebagian besar homo sapiens degan teknologi masa kini dan ilmu pengetahuan modern, keningnya berkerut.

Bumi Datar dari beberapa catatan dan manuskrip kuno

Bumi bulat datar banyak diyakini oleh berbagai macam budaya seperti Babilonia kuno, India, Cina, dan Jepang kuno. Pada periode awal Mesir dan Mesopotamia menganggap Bumi digambarkan sebagai piringan datar yang mengambang di laut.

Gambaran tentang hal itu ditemukan dalam catatan Homer dari abad ke 8 SM di mana “Okeanos, dipersonifikasikan dari air yang mengelilingi permukaan lingkaran bumi. Bumi adalah piringan pipih yang mengambang di atas air.

Tulisan pada Piramida dan Coffin mengungkapkan bahwa orang Mesir kuno percaya Nun (Samudera) adalah sebuah bentuk melingkar mengelilingi nbwt (arti istilah “lahan kering” atau “Kepulauan”). Beberapa filsuf pra-Socrates percaya bahwa Bumi itu datar. Thales (sekitar 550 SM) berpendapat bahwa bumi datar mengambang di air seperti log.

Anaximander (sekitar 550 SM) meyakini bentuk Bumi adalah silinder pendek dengan datar, melingkar atas yang tetap stabil karena itu jarak yang sama dari segala sesuatu.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a0/Anaximander_world_map-en.svg/240px-Anaximander_world_map-en.svg.png

Peta bumi datar oleh Anaximander.

Anaximenes dari Miletus percaya bahwa “bumi itu datar dan naik di udara, sama dengan matahari dan bulan dan benda-benda langit lainnya.

Xenophanes dari (c. 500 SM) menganggap bahwa bumi itu datar, dengan sisi atas yang menyentuh udara, dan sisi bawah tanpa batas. Keyakinan dalam bumi datar berlanjut sampai abad ke-5 SM.

Anaxagoras (c. 450 SM) sepakat bahwa bumi itu datar, dan Arkhelaus muridnya percaya bahwa Bumi datar tertekan di tengah seperti cawan.

Sejarawan Hecataeus dari Miletus juga percaya bumi itu datar dan dikelilingi oleh air. Dalam pandangan Jepang kuno, bab pertama dari Nihongi (“Chronicles of Japan”) menggambarkan kepercayaan Jepang kuno bahwa dunia itu datar dan lahan kering melayang “seperti minyak” di atas air.

Di Cina kuno, kepercayaan yang berlaku adalah bahwa bentuk bumi itu datar dan persegi, sedangkan langit itu bulat, asumsi tersebut hampir dipertanyakan sampai diperkenalkannya astronomi Eropa pada abad ke-17 .

Ahli kebudayaan Cina asal Inggris, Cullen menekankan titik bahwa tidak ada konsep Bumi yang bulat dalam astronomi Cina kuno. Pemikiran Cina pada bentuk bumi tetap hampir tidak berubah dari awal kali sampai kontak pertama dengan ilmu pengetahuan modern melalui media misionaris Jesuit pada abad 17.

Model telur sering digunakan oleh para astronom China seperti Zhang Heng (78-139 M) untuk menggambarkan langit sebagai bola. Langit seperti telur ayam dan sebagai bulat seperti peluru panah, bumi adalah seperti kuning telur, dan terletak di pusat.

Teori Bumi Datar kembali lagi di era teknologi sudah modern

Salah satu Presiden dari Flat Earth Society pernah mengatakan bahwa pendaratan manusia di Bulan adalah tipuan yang dilakukan di studio Hollywood dan gaya gravitasi merupakan suatu kekuatan mistis dan sebagainya.

Mohammed Yusuf, pendiri sekte Islam Boko Haram di Nigeria, menyatakan keyakinannya bahwa Bumi itu datar dan banyak lagi tokoh yang menyatakan bahwa bentuk Bumi itu datar.

Bentuk Bumi oleh Earth-flatter dipercaya seperti koin yang disekelilingnya atau dipinggirnya bersalju atau ber-es yang dikenal sebagai kutub selatan atau Antartika.

Perdebatan bentuk Bumi ini telah berlangsung dalam berbagai kebudayaan selama berabad-abad. bahkan dalam salah satu buku terkenal karangan Washington Irving menyatakan bahwa Columbus meyakini bahwa Bumi itu datar.

Berdasarkan penelitian terakhir dari Historical Association di Inggris diketahui bahwa cerita dalam buku tersebut tidaklah benar.

Bagi banyak orang, gambar Bumi bulat berwarna biru yang indah yang diambil dari sisi orbit Bulan merupakan gambaran sempurna pentingnya misi ke ruang angkasa. Namun ternyata, itu tidak dipercaya oleh semua orang.

Pada abad ke 21, istilah flat-earther digunakan untuk menggambarkan seseorang atau sekelompok orang yang menyatakan yakin planet ini rata. Apakah kelompok ini benar ada, atau hanya sekedar lelucon belaka? (baca juga artikel sebelumnya: Masih ada komunitas yang percaya: Bumi ini Datar, Bukan Bundar!)

Mengapa teori yang telah purba dan hanya sebagai sejarah kunonya pengetahuan pada masa lalu ini, kembali menyembul ke permukaan? Siapa pendukung terkemuka pada awalnya?

Ia adalah Wilbur Glenn Voliva, pendukung terkemuka Teori Bumi Datar. Wilbur Glenn Voliva yang lahir pada 10 Maret 1870 dan meninggal pada 11 Oktober 1942 adalah seorang penginjil dan pendukung terkemuka Flat Earth Theory.

Perjalanan hidup Wilbur Glenn Voliva

Wilbur Glenn Voliva lahir di sebuah pertanian di Indiana AS pada 10 Maret 1870. Pada tahun 1889, ia memasuki Union Christian College, di Merom Indiana. Ia lulus lima tahun kemudian dan menjadi menteri.

Pada tahun 1898 Voliva tertarik pada ajaran John Alexander Dowie dan akhirnya bergabung menjadi jemaatnya, lalu menjadi seorang senior di Gereja Katolik dari kota kecil bernama Zion di  Lake County, Illinois, Amerika Serikat.

Wilbur-Glenn-Voliva 01Pada tahun 1901 Voliva bermigrasi ke Australia untuk menjadi pengawas dari gereja cabang Australia.

Pada bulan September tahun 1905, John Alexander Dowie menderita stroke dan sembuh di Jamaika, ia di klaim biaya $ 2.000 sebulan dari investasi, dan meminta Voliva untuk kembali mengawasi kota atas ketidakhadirannya.

Voliva tiba pada bulan Februari 1906, dimana jemaat yang memberontak terhadap kepemimpinan Dowie selama ini, menuduh Dowie korupsi dan poligami.

Lalu dipilihlah Voliva sebagai kepala gereja, yang kemudian ia mengganti nama gereja itu menjadi “Christian Catholic Apostolic Church“.

Dengan manajemen yang hati-hati ia menyelamatkan kota Zion dari kebangkrutan dan mendapatkan dukungan dari anggota-anggota gereja lainnya.

Dia terus mengontrol ketat sekitar 6.000 pengikut, yang terdiri dari masyarakat, bahkan sampai ke titik mendikte pilihan bagi pasangan pernikahan mereka.

Kota Zion secara efektif dikendalikan oleh gerejanya. Semua real estate dijual dengan harga pasar, juga aturan lainnya, dan semua harus tunduk pada pembatasan yang dikeluarkan gereja, dan hanya akan dihentikan atas kehendak dari Ketua (General Overseer).

Lokasi kota kecil Zion (tanda merah) di Illinois, AS

Lokasi kota kecil Zion (tanda merah) di Lake County, Illinois, Amerika Serikat.

Aliran sekte keagamaan selain Gereja Kristen Katolik Apostolik (Christian Catholic Apostolic Church) secara efektif dilarang di kota itu.

Kunjungan pengkhotbah sebagai pesaing dari sekte ini dianggap mengganggu dan akan diusir keluar kota oleh kepolisian setempat.

Kemudian, Voliva mendiversifikasi (memperluas) industri-industri besar di Zion, industri yang dimiliki oleh gereja yang memproduksi renda Skotlandia, memasukkan juga perusahaan roti yang menghasilkan merek yang populer di Zion.

Ia juga memasukkan industri kue fixbar dan cokelat White Dove ke dalam perusahaannya. Akhirnya, Zion menjadi kota “satu-perusahaan” yang para pekerjanya dibayar dengan upah dibawah standar.

Voliva memperkenalkan banyak aturan baru bagi anggota gereja dan memberitahukan warga yang berada di sekitar kota dengan peringatan keras, bahwa kepemilikan independen secara perseorangan atau kelompok yang bukan milik gereja, akan dibenci, bahkan terkadang sering dibakar. Tapi kota itu menjadi tempat yang aman bagi mereka dalam batas-batas wilayahnya.

Zion, Illinois c.1920

Zion, Illinois c.1910-1920

Bumi datar dan pandangan Voliva lainnya

Dari tahun 1914, Voliva menjadi terkenal secara nasional oleh advokasi yang kuat tentang doktrin bahwa bumi adalah datar. Kemudian ia mempublikasikan secara luas doktrin ini dan menantang bagi siapa pun untuk membantah teori bumi rata itu dengan hadiah $5.000 dollar. Sekolah-sekolah gereja di Zion akhirnya mengajarkan doktrin bahwa: Bumi adalah datar.

Pada tahun 1923 ia menjadi pendeta evangelis pertama di dunia yang memiliki stasiun radio sendiri, yang bisa didengar sejauh Australia. Stasiun radio itu menyiarkan kecaman melawan ilmu astronomi bahwa bumi adalah bulat bundar, dan kejahatan dari teori evolusi . Ia mengutip tentang matahari sebagai berikut:

“Ide bahwa diameter Matahari adalah jutaan mil dan jauhnya 91.000.000 mil adalah konyol. Matahari hanya berdiameter 32 mil dan jauhnya tidak lebih dari 3.000 mil dari Bumi. Hal ini cukup beralasan dan itu harus begitu. Tuhan menciptakan Matahari untuk menerangi Bumi, dan karena itu harus ditempatkan dekat sebagai tugasnya itu dn dirancang untuk melakukannya. Apa yang akan Anda pikirkan jika seorang yang membangun rumah di kota Zion tapi menempatkan lampu untuk meneranginya berada di Kenosha, Wisconsin?”

Voliva menjadi semakin terfokus pada penghancurkan yang menurutnya sebagai ‘trinitas kejahatan’ yaitu: ilmu astronomi modern, teori evolusi dan kritik yang lebih tinggi.

Wilbur-Glenn-Voliva 3Ia bersikeras pada interpretasi yang ketat dari penciptaan sehari yang 24 jam dan bepergian ke Dayton, Tennessee tampil sebagai saksi di Persidangan Scopes (dia tak menyebut apa).

Untuk diketahui, Pengadilan Scopes atau “Pengadilan Monyet” merujuk pada tindakan hukum yang diselenggarakan oleh Pengadilan Kriminal di Dayton (Tennessee) pada tanggal 10 Juli 1925 untuk menguji UU Butler di setiap pembukaan sekolah yang dibiayai negara di Tennessee

Di mana pengajaran teori apapun yang menyangkal kisah Penciptaan Tuhan atas manusia sebagaimana yang diajarkan oleh Alkitab alih-alih manusia diturunkan dari hewan yang berderajat lebih rendah dinyatakan tidak sah. John Thomas Scopes didakwa bersalah akibat mengajarkan teori evolusi di sekolah, dan melanggar Butler Act, sehingga ia dijatuhi denda 100 dolar AS.

Selain itu, Voliva juga sering meramalkan hari kiamat atau akhir dunia: prediksinya bahwa akhir dunia akan datang pada tahun 1923, 1927, 1930, 1934, dan 1935, yang ternyata tidak ada satupun yang benar.

Keruntuhan dan kematian Voliva

Seperti pendahulunya, Voliva semakin mengembangkan gaya hidup terang-terangan yang mewah, mengumpulkan kekayaan pribadi yang pada masa itu saja yaitu tahun 1927, sebanyak $ 5 juta dollar.

Ia mulai terasing dari para pengikutnya, terutama setelah kesulitan yang disebabkan oleh Depresi Besar (Great Depression) yang melanda Amerika Serikat sekitar tahun 1930-an, dan memaksa Zion Industries menjadi bangkrut.

Wilbur-Glenn-Voliva Flat Earth Society

Wilbur Glenn Voliva (1870 – 1942).

Pada tahun 1935 Voliva mencoba untuk menghidupkan kembali nasib lesu gerejanya dengan mencetuskan The Annual Zion Passion Play yang terkenal yaitu Oberammergau Passion Play seperti yang ada di Oberammergau, Jerman.

Oberammergau Passion Play adalah permainan gairah dilakukan sejak 1634 sebagai tradisi oleh penduduk desa Oberammergau, Bavaria, Jerman.

Permainan ini adalah pementasan yang diiringi dengan musik tentang kesengsaraan Yesus, yang mencakup periode akhir secara singkat hidup Yesus dari kunjungannya ke Yerusalem dan mengarah ke eksekusi melalui penyaliban.

Pementasan ini telah dikritik oleh golongan Yahudi sebagai anti-Semit, tetapi pementasan itu adalah masih ada terus menerus sejak awal usia pementasan drama Kristen.

Pementasan Oberammergau Passion Play di Jerman ini awalnya ditulis oleh Othmar Weis, JA Daisenberger, Otto Huber, Christian Stuckl, Rochus Dedler, Eugen Papst, Marcus Zwink, Ingrid H Shafer, dan penduduk Oberammergau, dengan musik oleh Dedler.

Sejak produksi pertamanya Oberammergau Passion Play telah dilakukan pada tahap terbuka di desa. Teks bermain adalah gabungan dari empat naskah yang berbeda yang berasal dari abad ke-15 dan ke-16.

Namun, pada tahun 1937, para karyawan Voliva yang tidak puas membakar gereja besbermain Shiloh Tabernacle tempat pementasan kesengsaraan Yesus dari kunjungannya ke Yerusalem dan mengarah ke eksekusi melalui penyaliban.

Tabernakel, rumah dari Gereja Katolik Kristen, selesai pada tahun 1902 dengan kapasitas 8.000 orang

Tabernakel, rumah dari Gereja Katolik Kristen, selesai pada tahun 1902 dengan kapasitas 8.000 orang.

Tak lama kemudian, Voliva mengalami keterpaksaan kebangkrutan pribadi dan popularitasnya menjadi presiden kehormatan dari Sion Industries berkurang.

Kemudian pemerintahan kota dikembalikan ke pihak independen dan pemerintah baru secara global memerintahkan bahwa Voliva wajib dipaksa untuk menempelkan sebuah stiker pada mobilnya sebagai tanda yang dapat dilihat dan sekaligus dapat dipantau oleh semua orang.

Pada akhirnya, Voliva menghabiskan sebagian besar waktu-waktunya di Florida, dimana ia berharap untuk dapat mendirikan dan memimpin koloni fundamentalis lainnya.

illuminati card flat earthersNamun pada tahun 1942 setelah didiagnosa menderita kanker terminal, Voliva membuat pengakuan di depan publik.

Voliva menangis di depan para pengikutnya bahwa ia telah menyalahgunakan dana gereja untuk penggunaan pribadi dan berkomitmen kepada plot kejahatan-kejahatan lainnya.

Tak lama kemudian pada 11 Oktober 1942, Voliva akhirnya meninggal dunia akibat kanker yang dideritanya.

Padahal sebelumnya, dia pernah menyatakan bahwa dirinya akan hidup selama 120 tahun karena pola makannya dari kacang Brasil dan buttermilk.

Kemudian semua aliran dari sekte gereja yang pernah dipimpinnya dibubarkan seluruhnya. Sebuah gereja sisa kecil dari sekte Voliva kemudian di re-organisasi dibawah kepemimpinan Michael Mintern. Gereja itu kemudian berganti nama menjadi “Christ Community Church”.

Dan kini, aliran kepercayaan bahwa Bumi datar bagaikan telor ceplok yang didengungkan dengan keras oleh Wilbur Glenn Voliva sebagai pendukung terkemuka bahwa Bumi Datar, entah kenapa mencuat lagi.

Walau tak dapat dibuktikan dengan persamaan rumus baik dari hukum matematika ataupun hukum fisika, namun yang percaya jumlahnya banyak. Teori usang pra-Islamic yang kembali dipopulerkan oleh illuminatis ini, semua hanya bersifat objektif, dan hanya sekedar opini yang tak dapat dibuktikan secara ilmu pengetahuan modern dan juga tak bisa menjelaskan bagaimana terjadinya Aurora di kedua kutub Bumi dan banyak fenomena alam lainnya.

Anehnya, melalui sudut agma, mereka juga percaya bukan pada ilmuwan dan ilmu astronomi, namun lebih percaya kepada orang yang menafsirkan Alquran, yang mana penafsirnya tak mempelajari Sastra Alquran yang otomatis tak mengerti apa yang dimaksud oleh kitab suci itu. (Artikel selanjutnya: Kaitan ayat Al-Quran dan bentuk Bumi)

(©IndoCropCircles.com/wikipedia/lampu islam/berbagai sumber lainnya)

Referensi:

ARTIKEL BAHASA INDONESIA PERTAMA DI INTERNET

Kehidupan Wilbur Glenn Voliva, Pendukung Terkemuka Teori Bumi Datar


Video:

(Teks Indonesia) Dr Zakir Naik: Bumi Bulat Lewat Sanis dan Syariat Islam (20 mnts)

(Teks Indonesia) Dr. Zakir Naik Menjelaskan Bentuk Bumi Menurut Bibel

(Teks Indonesia) Dr Zakir Naik:

Percobaan Bumi Itu Bulat

Audio Wawancara Conspiracy Science: Earth is FLAT

[PART-1] Diskusi, Kunjungan Penggemar Flat Earth ke LAPAN

[PART-2] Diskusi, Kunjungan Penggemar Flat Earth ke LAPAN


Pergerakan Bumi mengelilingi Matahari tak semudah yang kamu bayangkan! Earth’s motion around the Sun not as simple as you thought:


(Scientific Explanation) Is Earth Actually Flat?:


[Scientific] Miracles of The Quran (English/ No Subs.): The Universe & The Earth, Astronomy, Physics, Biology, Geography, Nature, etc:

 Download video (185 Mb/AVI)


Europeans Dark Age is The Muslim Golden Ages:


Artikel Lainnya:

Hayo, Bumi Bundar Atau Datar?

Masih ada komunitas yang percaya: Bumi ini Datar, Bukan Bundar!

Hollow Earth Theory: Bumi Berongga, Benarkah Dunia Bawah Nyata?

Wow! Ternyata Bumi Punya Cadangan Air Tiga Kali Lautan

Di Galaksi Bimasakti Saja, Planet Mirip Bumi Berjumlah 17 Miliar!

Ilmuwan: Ternyata, Ada Puluhan Milyar Planet Serupa Bumi di Jagad Raya

Fakta-Fakta Menarik Seputar Astronomi

Dimana Bumi Berada? Inilah “Alamat” Terbaru Bumi di Alam Semesta!

Planet Sedna Sebabkan Makhluk Bumi Punah

Planet Theia, Benda Besar Yang Menabrak Bumi

Jupiter Telah Usir Planet Besar Yang Membuat Bumi Selamat!

Kehidupan Hampir Punah: Sinar Gamma Hantam Bumi Tahun 774

Beruntung! Tahun 2004 Lalu, Bumi Hampir Saja Kiamat!

Misteri & Fakta Bulan, Satelit Alam Bumi Yang Misterius

Bumi Nyaris Punya Dua Bulan Bernama “2006 RH120″

Tragis!! Tahun 2050 Bumi Sudah Tak Bisa Lagi Dikenali

=>Puluhan Artikel Misteri Jagad Raya<=

=>Puluhan Artikel Misteri Planet<=

=>Puluhan Artikel Asteroid, Meteor dan Komet<=

=>Lihat Semua Kategori Artikel<=


http://wp.me/p1jIGd-7y4

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Misteri Dunia, Misteri Planet, Pro Satanic dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Bumi Bulat Atau Datar? Wilbur Glenn Voliva, Pendukung Terkemuka Teori Bumi Datar

  1. Rahmah Nurjanah berkata:

    bukannya di al quran juga ada salah satu ayat yang bilang kalau bumi itu dihamparkan. Sebenarnya Al Quran sendiri pun tidak secara persis menyebutkan apakah bumi itu bulat seperti bola atau datar seperti piring…

    Hanya saja, asumsi bumi itu bola yang mengaitkan dengan agama. Menjauhkan diri kepada Tuhan dan membuat sombong umat manusia perlu dikaikan juga dengan secret society

  2. assamata berkata:

    betul kata admin..
    menurut saya flat earth adalah propoganda atau pengallihan suatu isu..

  3. Mr Dipshitty berkata:

    kotak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s