Ditemukan: Gunung Api Mega Besar Dibawah Samudera Pasifik!

Volcano in Indonesia

Ditemukan: “Tamu Massif”, Gunung Api Mega Besar Dibawah Samudera Pasifik!

Satu lagi gunung berapi super besar ditemukan di bumi. Gunung berapi ini tidak tinggi, namun gunung berapi ini adalah yang terbesar. Dan bukan hanya yang terbesar di bumi saja, namun juga yang terbesar di sistem tata surya kita.

Seperti yang dilansir oleh The Verge (5/9/13), para peneliti dari University of Houston telah menemukan sebuah struktur yang telah lama menghilang di bawah Samudera Pasifik. Gunung ini sangat besar, bahkan begitu besarnya hingga tak begitu tampak sebelumnya.

gunung-tamu massif mapStruktur yang berbentuk gunung berapi bernama Tamu Massif ini rupanya juga memiliki ukuran yang tak main-main.

Gunung ini dinamai TAMU singkatan dari Texas A & M University. Sedangkan “Massif” adalah sebutan untuk berbagai jenis struktur pegunungan.

Dalam hal ini Tamu Massif termasuk tipe Shield volcano atau gunung yang kubah atau kawahnya masih menutup.

Temuan gunung ini sebanding dengan ukuran New Mexico atau Kepulauan Inggris. Begitu besarnya gunung ini hingga terlihat tak terlalu tinggi yang diakibatkan oleh maha luasnya gunung ini.

Masih menurut peneliti, lebar dari gunung api ini saja, sekitar 643 km. Namun semuanya masih ada dibawah lautan luas, yaitu dibawah Samudera Pasifik.

Posisi gunung super besar ini ada di sebelah Barat Laut dari Samudera Pasifik yang dikenal sebelumnya sebagai daerah Shatsky Rise dan negara yang paling dekat dengan gunung ini adalah Jepang (lihat via satelit).

Jadi dari Jepang arahnya ada di sebelah timur dari Jepang atau berada sekitar 1.600 kilometer (990 mil) dari pantai Jepang.

gunung tamu massif Shatsky Risetamu massif map 02

Geologi Gunung Tamu Massif

Puncak gunung Tamu Massif masih berada sekitar 2.000 meter (2 km) dibawah muka lautan Pasifik atau sekitar 6.500 kaki. Dan penampang taau alasnya gunung Tamu Massif ini memanjang sekitar 6,4 kilometer atau 4 mil.

Sedangkan luasnya area gunung ini selebar 450 kilometer sampai 650 kilometer (280 mil × 400 mil) atau lebih dari 260.000 kilometer persegi (100.000 sq mil).

underwater-mega volcano

Perbandingan gunung tertinggi di planet Bumi, Mauna Loa Hawaii (garis hijau) , gunung tertinggi di tata surya, Olympus yang ada di planet Mars (garis biru) dan gunung terbesar di planet Bumi, Tamu Massif (garis kuning)

Kubah bulat memanjang di area seluas 280 sampai 400 mil (450 kilometer dengan 650), dengan total lebih dari 100.000 mil persegi, jauh lebih besar dari gunung Mauna Loa (2.000 mil persegi)

Artinya, hanya 20% lebih kecil dari Mars raksasa gunung Olympus Mons di Mars yang merupakan gunung terbesar setata surya.

Jika dibandingkan, maka ukuran gunung berapi Tamu Massif ini sama lebarnya dengan kepulauan Inggris Raya dan bisa disejajarkan lebar kawasannya dengan Olympus Mons.

Selama ini diketahui bahwa gunung tertinggi di planet Bumi adalah gunung Mauna Loa di Hawaii yang membuat hingga pulau Hawaii dapat muncul ke atas permukaan Samudera Pasifik yang sangat dalam.

Sedangkan untuk gunung Everest sebenarnya adalah gunung yang tertinggi yang diukur hanya dari atas permukaan air laut hingga ke puncaknya saja.

Artinya jika Everest dibandingkan dengan Mauna Loa dari kaki gunung masing-masing, maka Everest masih kalah dalam hal tingginya dibanding Mauna Loa. Sedangkan gunung tertinggi di tata surya masih disandang oleh gunung Olympus Mons yang ada di planet Mars.

gunung-tamu massif google earth

Kembali ke gunung “bawah laut” Tamu Massif yang lebarnya ratusan kilometer, maka gunung ini luasnya melebihi gunung-gunung di planet bumi yang dikenal selama ini sebagai “Super Volcano”.

Lalu para peneliti mengkategorikan gunung Tamu Massif yang luas kawasannya mencakup wilayah ratusan kilometer ini sebagai “Mega Volcano“.

Menurut perhitungan, Tamu Massif diperkirakan terbentuk sekitar 145 juta tahun lalu. Penemuan sebagai gunung berapi tunggal di dalam area Shatsky Rise ini membuat gunung ini sebagai gunung berapi terbesar di Bumi, melebihi Mauna Loa.

“Kami tahu ini merupakan sesuatu yang berapi. Masalahnya kami tak mengetahui apa yang sebenarnya ada di sana. Kami tak mengetahui strukturnya dengan jelas,” kata William Sager, pemimpin penelitian.

tamu massif map 3DPenemuan gunung berapi terbesar ini sendiri pertama kali dilakukan dengan menggunakan kapal untuk menuju Pasifik. Peneliti kemudian berhenti di Shatsky Rise, sebuah semenanjung yang kemudian diketahui berada dalam struktur Tamu Massif yang seluruh massanya terdiri dari basal.

Struktur lerengnya sangat bertahap, mulai dari kurang dari setengah derajat hingga satu derajat didekat puncaknya.

Dengan menggunakan lineations magnetik, ada tiga bathymetric (batimetri) tertinggi dan punggung bukit rendah yang menyiratkan ada tiga gunung berapi yang terpisah, tetapi model kepala yang menyembul menunjukkan bahwa gunung ini adalah gunung berapi tunggal yang besar. Artinya, jika meledak maka lelehan magmanya akan meluber ke mana-mana. (The Verge/Merdeka/Wikipedia)

Tamu Massif:Largest volcano on Earth found, scientists say

Artikel Terkait Lainnya:

[Photo] Misteri Gunung Paricutin: Lahir Disaksikan Manusia, Mengubur 2 Desa, Lalu Mati

Pulau Heboh Nongol Setelah Meletusnya Gunung Api Bawah Laut

Warga Takjub, Pulau Heboh Ini Nongol Setelah Gempa!

Sejarah Meletusnya Gunung Galunggung Sejak 1822, 1894, 1918 dan 1982

Letusan Gunung Samalas (Rinjani), Lebih Besar Dari Krakatau Bahkan Tambora!

Misteri dan Kronologi Meletusnya Tambora, Tiga Kerajaan Lenyap Seketika!

Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia

Nama Asli Gunung-Gunung di Indonesia Dalam Bahasa Sansekerta

Peristiwa-Peristiwa Mistis di Gunung Salak Jawa Barat

Misteri Gunung Salak Dan Beberapa Kecelakaan Pesawat

5 Gunung Paling Angker di Indonesia

Ini Dia!! Megalith “Gunung Padang” Jabar, “Stone Henge” Versi Indonesia (Gunung Padang – PART 1)

Hubungan Misterius Antara Bulan Purnama Dengan Gunung Meletus

7 Gempa di Indonesia Yang Tercatat Dengan Jumlah Korban Ribuan

Mauritia, Benua Yang Hilang di Samudera Hindia

Artikel ini juga di forward oleh lintas.me

*****

http://wp.me/p1jIGd-3vb

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Misteri Dunia, Penemuan-Penemuan Misterius. Tandai permalink.

12 Balasan ke Ditemukan: Gunung Api Mega Besar Dibawah Samudera Pasifik!

  1. rahma wati berkata:

    jadi apa indonesia kalo gunung it mledak ya? Aduh amit2

  2. ipanase berkata:

    waw deket jepang, pantesan

  3. Wasisdi Gunawan berkata:

    Ya semoga sja kta sllu dilindungi Allah ,,,,AMIN…

  4. ih ngeri juga gunung olympus ya

  5. dress batik berkata:

    menjadi ngeri bila membayangkan bgmn jadinya bila gunung semacam ini meletus. semoga kita selalu dalam lindungan alloh swt,

  6. pakde Antok berkata:

    Di utara kepulauan sangihe, tepatnya di posisi 4° 40.279’U
    125° 5.210’T ada gunung baru tumbuh, masih imut dan cakep banget. kira2 tingginya 3000 m . berada 2000 m di bawah permukaan laut. coba cek ke tkp.

  7. chuycui berkata:

    Trims,… Artikel yg sangat bagus untuk Para Pencinta Alam.

  8. amin riyadi berkata:

    Tulisannya muter-muter terus, malah bingung bacanya, artikelnya bagus banget tapi cara penyajiannya yang membingungkan.

  9. Bizarre berkata:

    menakutkan, jika meletus bisa jadi tsunami.

  10. dewi berkata:

    sungguh mengerikan bila tsunami datang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s