Tahukah Anda? Hardisk Komputer Anda Sudah Ditanam Spyware Oleh NSA!

A scientist or a doctor holding a Stethoscope to grapes. Concept shot about food safety and health.Please see some similar pictures from my portfolio:

Waspada: Tahukah Anda? Bahwa Hardisk Komputer Anda Sudah Ditanam Spyware Oleh Intelijen NSA!

spying tapping nsa electronics elektronik sadap header

nsa-logoKaspersky Labs merilis sebuah laporan bahwa Badan Keamanan Nasional AS atau NSA (National Security Agency) sejatinya sudah memasang spyware atau perangkat mata-mata di sejumlah hard drive (cakram keras) pada komputer selama lebih dari empat belas tahun lamanya!

Kaspersky adalah salah satu aktor keamanan yang berfokus pada pengembangan antivirus.  Perusahaan tersebut dibentuk di Rusia dan memiliki pangsa pasar minim di AS tetapi pelanggan terbanyak mereka berada di Rusia dan Iran.

Reuters berhasil mongonfirmasi dari seorang mantan staf NSA bahwa analisis dari Kaspersky Lab dapat dipercaya dan program pengawasan tersebut digunakan oleh satuan agen intelijen AS.

Narasumber lainnya dari kantor berita tersebut menegaskan, NSA telah menggunakan program spionase yang mampu memprogram ulang hard disk.

computer hack spy tapping nsa

Spyware berupa worm komputer yang bernama Stuxnet itu mampu menginfeksi bagian pengendali mikro.

Hardisk merk ternama dengan OS Windows

Berdasarkan riset yang dianalisis oleh Kaspersky, spyware tersebut telah terpasang di perangkat komputer dengan Operating System (O.S.) Windows yang digunakan oleh banyak negara dan telah tersebar di sejumlah institusi penting seperti militer, komunikasi, perbankan, universitas dan industri.

NSA setidaknya berhasil menginfeksi sejumlah perangkat hard drive ternama seperti Seagate, IBM, Samsung, Toshiba, Maxtor dan Western Digital (WD).

Kaspersky menyatakan bahwa spyware yang dipasang NSA sejenis dengan Stuxnet yang pernah melumpukan pengayaan reaktor nuklir Iran di Natanz beberapa tahun yang lalu.

Pada Juni 2012, harian The New York Times memublikasikan penelitian mengenai worm (cacing komputer) Stuxnet.

Spyware berupa worm komputer yang bernama Stuxnet itu mampu menginfeksi bagian pengendali mikro (microcontroller / MCU) industrial dari perusahaan-perusahaan hard drive.

Dari data yang dipublikasikan harian tersebut, cacing komputer tersebut diciptakan oleh satuan agen intelijen AS untuk menginfeksi objek-objek nuklir milik Iran.

kaspersky-logo

Malware “Fanny”  dan “nls_933w”

Menurut riset Kaspersky, ada sekitar tiga puluh negara yang menggunakan komputer O.S. Windows terinfeksi spyware besutan NSA ini. Temuan menakjubkan tersebut berhasil ditemukan oleh tim keamanan Kaspersky Lab.

Meretas melalui firmware pada hard drive seperti itu menurut Kaspersky Labs bukanlah hal yang mustahil. Dilansir oleh Reuters, Kaspersky menemukan sebuah fakta bahwa NSA menginfeksi firmware hard drive dengan malware yang bernama “nls_933w.dll”.

Selain itu NSA juga “menyisipkan” malware berupa file yang seakan-akan sebagai file image atau gambar, yang bernama “Fanny.bmp“.

Malware ini memiliki kemampuan yang mengangumkan. Program jahat tersebut dapat menginfeksi sistem komputer secara berulang-ulang.

Spyware NSA yang terdeteksi sebagai "Fanny" ditemukan tertanam jauh dalam hard disk drive dan firmware solid-state drive.

Spyware NSA yang terdeteksi sebagai “Fanny” ditemukan oleh Kaspersky tertanam jauh dalam hard disk drive dan firmware solid-state drive. ( The NSA’s spyware known as “Fanny” was discovered embedded deep with hard disk drive and solid-state drive firmware. Credit: Kaspersky).

The Equation Group penyerang siber terkuat

Dalam penyelidikan yang dilakukan Kaspersky Lab disebutkan, para staf ahli mereka berhasil menemukan jaringan peretas dunia maya The Equation Group, yang disebut oleh para staf penyelidik tersebut sebagai “raja mata-mata dunia maya”.

Peneliti mengatakan bahwa aktor yang bernama “The Equation Group” memiliki kode akses pada firmware hard drive (perangkat tegar) komputer, dan mampu membuat kendali jarak jauh (remote) untuk mereka targetkan pada orang atau institusi strategis yang ada di dunia, sehingga spyware dapat tak terdeteksi oleh program-program antivirus.

The Equation Group victims map

The Equation Group victims map. Peta dunia memperlihatkan komputer yang terinfeksi program malware di dunia oleh The Equation Group. (Kaspersky)

The Equation Group menurut Kaspersky adalah kelompok penyerang siber terkuat yang ada sekarang ini.

“Sama seperti Stuxnet dan Flame Groups, mereka berinteraksi satu sama lain. Mereka bisa melakukan eksploitasi lebih cepat daripada yang lain,” ujar tim keamanan Kaspersky Labs.

Para penyelidik Kaspersky menegaskan, The Equation Group secara aktif bekerja dari awal era 2000-an.

Namun, ada bukti yang menunjukkan bahwa kelompok tersebut sudah ada sejak tahun 1996.

Gerakan kelompok ini telah menginfeksi puluhan ribu komputer yang ada di lebih dari 30 negara.

Puluhan ribu komputer itu termasuk komputer-komputer instansi pemerintah dan juga perusahaan energi dunia, media massa, organisasi finansial, dan sektor-sektor lainnya.

Diantara negara-negara yang ditemukan adanya jejak kegiatan The Equation Group oleh para penyelidik Kaspersky, antara lain adalah Suriah, Rusia, Iran, Uni Emirat Arab, Libya, AS, Malaysia, Jerman, Prancis, Pakistan, Inggris, India, dan Brasil.

hard-disk-diretas-di-hack-spyware

Peneliti mengatakan bahwa aktor yang bernama “The Equation Group” memiliki kode akses pada firmware hard drive (perangkat tegar) komputer, dan mampu membuat kendali jarak jauh (remote) untuk mereka targetkan pada orang atau institusi strategis yang ada di dunia, sehingga spyware dapat tak terdeteksi oleh program-program antivirus.

Cara NSA “menanam” spyware

Menanggapi hal ini, perusahaan Western Digital, Seagate, dan Micron menyatakan tidak mengetahui apa-apa mengenai program spionase tersebut. Sementara, Toshiba dan Samsung menolak berkomentar, sedangkan IBM tidak menjawab permintaan komentar dari media massa.

Berdasarkan sumber dari Reuters, NSA kadang menipu dengan cara seakan-akan menyerupai perusahaan pengembang peranti lunak. Hal itu dilakukan oleh NSA agar produsen hard drive yang bersangkutan memberikan source code mereka.

Melalui kode keamanan itulah, maka NSA dapat masuk dan mengeksploitasi firmware produk perangkat keras tersebut.

Adapun cara lainnya untuk memperoleh kode tersebut, pejabat NSA terkadang beralasan melakukan audit terhadap produk hard drive yang mana dalam audit tersebut NSA bisa dengan mudah menyalin kode yang dimaksud. (©IndoCropCircles.com)

Pustaka:


nsa

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id

vivanews-hdd-spyware


NSA spyware in firmware:


Artikel Lainnya:

Wow! NSA Dapat Sadap Seluruh Ponsel Dunia

Gila! Intelijen AS dan Israel Bisa Sadap Komputer Tanpa Koneksi Internet!

[VIDEO] Awas “Big Brother” Israel Sadap Telepon Anda!

Peneliti: Awas! Smartphone Adalah Alat Sadap Yang Tak Anda Sadari

Wow!! Jutaan Data Pelanggan Telkomsel & Indosat Disadap NSA

Big Brother’s Watching You: Pengguna Internet Diawasi Intelijen

Big Brother Indonesia? Provider Mulai Intai Pelanggan!

Wow! Para Ahli Keamanan Ungkap Beberapa “Spy Cyber” Tingkat Tinggi

Edward Snowden : NSA, Project PRISM dan Illuminati Awasi Internet

Punya Akun Facebook Sama Saja Bekerja untuk CIA Tanpa Dibayar

Vatikan dan Paus Fransiskus Ikut Dimata-matai NSA, Untuk Apa?

Waspada! Begini Cara Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris dan AS Menyadap Indonesia!

Inilah Mereka, Hacker-Hacker Yang Paling Ditakuti Amerika!

Wow! Ini Dia, 19 Virus Komputer Paling Berbahaya Dalam Sejarah Internet!


http://wp.me/p1jIGd-7H4

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Sadap (Spying & Tapping) dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Tahukah Anda? Hardisk Komputer Anda Sudah Ditanam Spyware Oleh NSA!

  1. ronald berkata:

    Terus, solusinya bijimana?

  2. Insan berkata:

    Sudah anne duga sejak lama… semua perusahaan teknologi pasti sudah membenamkan tombol kendali yg tidak dapat diakses langsung oleh user…

    Bisa jadi, saat anne ketik2 nih komentar, pasti udah dikirim ke sononya… wkwkwkwkwk..

    insan perdana

  3. sb berkata:

    bagaimana cara menghilangkan spyware tersebut ?

  4. zonakredit berkata:

    kalo gitu cara untuk mengetahui hardisk di pc sy di tanam program mata-mata apa tidak gimana yah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s