Codex Gigas, “Kitab Iblis” yang Pernah Ditemukan Manusia

Devil & Demon

Codex Gigas, “Kitab Iblis” Yang Pernah Ditemukan Manusia

codex gigas 02

Codex Gigas atau Giant Book atau Naskah Kuno Besar, adalah manuskrip dari abad pertengahan terbesar di dunia. Codex ini juga dikenal sebagai “Kitab Suci Setan” karena terdapat ilustrasi yang diyakini bergambar setan dan legenda penciptaan setan pada Codex tersebut.

Codex Gigas diperkirakan dibuat pada awal abad ke-13 di Biara Podlažice, Bohemia (kini Republik Ceko). Pada manuskrip ini terdapat Kitab Suci Vulgata, dan juga dokumen-dokumen historis yang ditulis dalam bahasa Latin.

Codex Gigas pernah dirampas saat ‘Perang Tiga Puluh Tahun’

Selama “Perang Tiga Puluh Tahun” di Eropa pada tahun 1648, Codex Gigas pernah dirampas oleh tentara Swedia. Perang Tiga Puluh Tahun adalah sebuah konflik yang terjadi antara tahun 1618 hingga 1648, khususnya di wilayah yang sekarang menjadi negara Jerman, dan melibatkan sebagian besar kekuatan-kekuatan di kawasan tersebut pada zamannya.

Ada beberapa sebab mengapa perang ini terjadi. Meskipun tampak sebagai konflik keagamaan antara kaum Protestan dan Katolik, persaingan antara dinasti Habsburg (yaitu dinasti dari bangsa Austria yang merupakan salah satu istana kerajaan terpenting di Eropa dan paling dikenal karena asal dari semua Kaisar Romawi Suci), melawan atau berperang dengan kekuatan lainnya, juga merupakan salah satu motif penting terjadinya perang ini.

Devil_codex_Gigas

Penampakan naskah kuno Codex Gigas,asli, tampak di dalamnya gambar ilustrasi yang diyakini para peneliti adalah ilustrasi iblis atau setan.

Persaingan antara dinasti Habsburg melawan kekuatan lainnya ini dapat terlihat dari fakta, bahwa kaum Katolik Perancis mendukung pihak Protestan, yang meningkatkan persaingan antara Perancis dan Habsburg. Akibat dari Perang Tiga Puluh Tahun disertai oleh musibah kelaparan dan wabah penyakit yang sangat mengerikan.

Perang mungkin hanya berlangsung 30 tahun, tetapi konflik yang memicunya tetap berlanjut hingga waktu yang lama. Perang ini diakhir melalui perjanjian perdamaian atau Perjanjian Westphalia yaitu serangkaian perjanjian perdamaian yang ditandatangani antara bulan Mei dan Oktober 1648 di Osnabrück dan Münster.

Perjanjian ini mengakhiri Perang Tiga Puluh Tahun (1618–1648) di Kekaisaran Romawi Suci dan Perang Delapan Puluh Tahun (1568–1648) antara Spanyol dan Republik Belanda. Spanyol secara resmi mengakui kemerdekaan Republik Belanda.

Disimpan di Perpustakaan Nasional Swedia di Stockholm

Saat ini Codex Gigas tersimpan di Swedish Royal Library di Stockholm. Dibutuhkan tenaga dua pustakawan untuk mengangkat buku tersebut. Buku ini sering juga disebut ‘alkitab iblis’ karena adanya sebuah ilustrasi ukuran besar bergambar setan didalamnya.

Codex Gigas ditaruh disebuah tempat yang terbuat dari kayu, dilapisi dengan kulit dan dihiasi dengan logam. Tingginya 92 cm, lebarnya 50 cm dan memiliki tebal 22 cm.

codex gigas 03

Tampak kopi dari naskah kuno Codex Gigas yang berada di Perpustakaan Nasional Swedia .Terlihat ilustrasi gambar yang diyakini para peneliti adalah ilustrasi iblis atau setan pada salah satu halaman di dalam naskah kuno itu.

Pada mulanya, Codex Gigas memiliki 320 lembar naskah. Namun 8 lembar darinya dibuang. Tidak diketahui siapa yang membuang 8 lembar tersebut dan untuk tujuan apa.

Ada dugaan 8 lembar yang dibuang kemungkinan berisi aturan-aturan Biara Ordo Benediktus. Berat Codex Gigas hampir mencapai 75 kg. Lembaran yang digunakan untuk menulis Codex ini adalah kulit yang berasal dari 160 ekor anak sapi.

Biara tempat Codex ini dibuat telah dihancurkan pada abad ke-15. Catatan yang ada pada Codex Gigas menunjukkan bahwa pembuatan Codex tersebut adalah sekitar tahun 1229 Masehi. Setelah penulisannya, Codex Gigas ini kemudian dipindahkan ke Biara Cistercians Sedlec dan akhirnya dibeli oleh Biara Benediktus di Byoevnov.

Dari tahun 1477-1593, Codex ini disimpan di perpustakaan di Broumov sampai akhirnya dibawa ke Praha pada tahun 1594 untuk menjadi bagian dari koleksi Rudolf-II. Pada tanggal 24 September 2007, Codex Gigas dibawa kembali ke Praha setelah 359 tahun.

Isi Codex Yang Misterius

Isi dari kodeks ini antara lain adalah “a sum of the Benedictine orders knowledge, The War of the jews”, tulisan Josephus, daftar para orang kudus, metode untuk menentukan tanggal perayaan paskah, seluruh Alkitab bahasa latin pre-vulgate, Isidore of Sevilles encyclopedia Etymologiae, Cosmas of Pragues Chronicle of Bohemia, dan berbagai macam traktat (dari sejarah, etimologi dan fisiologi), juga sebuah kalender dengan nekrologium, daftar nama para biarawan di biara Podlaice, formula-formula ajaib dan catatan-catatan lain.

Codex_Gigas_devil

Gambar llustrasi dari setan di dalam literatur manuskrip Codex Gigas, pada folio 290 rekto. Legenda mengatakan bahwa naskah kuno itu dibuat oleh seorang biarawan yang menjual jiwanya kepada setan.

Seluruh isi Codex ini ditulis dalam bahasa Latin. Manuskrip ini juga dihiasi dengan warna-warna seperti merah, biru, kuning, hijau dan emas. Dan seluruh huruf besar diberi warna yang mencolok.

Yang luar biasa adalah, keseluruhan isi Codex ini ditulis dengan relevansi yang luar biasa antar halaman, yang berarti bahwa buku ini ditulis oleh satu orang dengan pikiran yang berkesinambungan.

Hal ini membuat banyak ahli percaya bahwa keseluruhan isi Codex ini ditulis dalam waktu yang sangat singkat.

Salah satu yang menarik dan misterius adalah pada halaman 290, terdapat sebuah gambar Iblis dengan tinggi sekitar 50 cm.

Beberapa halaman sebelum gambar ini ditulis pada lembaran kulit yang menghitam dan dibuat dengan karakter yang gelap, membuat halamannya berbeda dengan keseluruhan isi Codex.

Legenda Codex Gigas

Menurut legenda, penulis Codex itu adalah seorang biarawan yang melanggar aturan biara dan dihukum dengan cara diikat di dinding dalam posisi berdiri seumur hidup. Biarawan ini memohon ampunan dari penghukuman yang luar biasa kejam itu. Sebagai gantinya, ia berjanji untuk membuat sebuah buku yang akan memuliakan biara dan pengetahuan umat manusia selamanya, dan ia berjanji menyelesaikannya hanya dalam satu malam.

Menjelang tengah malam, biarawan itu menjadi ragu apakah ia dapat menyelesaikannya sendiri. Kemudian ia menjual jiwanya kepada iblis demi sebuah pertolongan. Iblis kemudian menyelesaikan manuskrip tersebut. Sebagai penghormatan kepada iblis yang membantunya, biarawan itu menambahkan gambar iblis ke dalam Codex tersebut.

Itulah kenapa naskah kuno atau manuskrip atau codex ini dinamakan Kitab Iblis. Walaupun disebutkan adanya legenda yang melibatkan iblis pada zaman inkuisisi, namun Codex ini tetap disimpan oleh biara dan dipelajari oleh banyak cendikiawan sampai hari ini. (wikipedia / berbagai sumber).

Daftar Pustaka:


codex gigas 01codex gigas 04  codex gigas 05 codex gigas 06

Codex Gigas banner



VIDEO:

Artikel Lainnya:

[Depopulasi Dunia] Codex Alimentarius: Menguasai Produk Makanan Berarti Mengontrol Manusia

Voynich Manuskrip Paling Misterius dan Membingungkan di Dunia

[Foto dan Video] Beginilah Dalamnya Gereja Setan

Inilah 15 Simbol Illuminati Yang Harus Diketahui Agar Diwaspadai

[Gallery] Sejarah Freemason di Indonesia: Awas! Freemason di Indonesia Bisa Bangkit Kembali!

Sejarah Singkat: Asal Muasal Illuminati Yang Sebenarnya

Ilmu Psikologi: Bagi Zionist & Satanic, Mengapa Simbologi Begitu Penting?

Gila!! Selama Ini Dunia Diatur Yahudi Hanya Oleh Lembaran Kertas!

Komunistophobia: Komunis Di Indonesia Merupakan Kata Haram Dan Menakutkan?

[CLASSIFIED] Proyek Mind Control CIA “Project MK-Ultra”

Fakta Barcode dan Hubungan Angka Satanic 666

Kabbalah, Akar Gerakan Illuminati-Freemasonry

Terkuak!! Target dan Tujuan Illuminati Melalui Komite 300

Pemimpin Dunia Adalah Reptilian, Disusupi Alien atau Iblis?

[Pict & Video] Seremonial Satanis Illuminati Di Peresmian Gotthard Base Tunnel

Lady Gaga Dan Skenario Penganut Satanic

Gila! Penyembah Setan Mulai Distribusikan Ajaran Satanic Ke Sekolah di Florida

Gila! Ritual Menyembah Setan Makin Marak di India!

Siap Kiamat, Illuminati Buat Bunker di Bawah Bandara Denver

Awas “Big Brother” Israel Sadap Telepon Anda!

Tayangan Hiburan di Indonesia Yang Menampilkan Simbol Illuminati Group

Dajjal Sudah Ada, Namun Allah Belum Izinkan Untuk Muncul

[FOTO & VIDEO] Para Pemimpin Dunia Mengenakan Pin “Piramid Illuminati” saat Konferensi Keamanan Nuklir 2014 lalu

Depopulasi Dunia Sedang Berjalan! Depopulation Is On The Way!

Novel Heboh: “The Jacatra Secret” Misteri Satanic Symbols di Jakarta

[DAFTAR KOMPLIT] Bank-Bank Negara Di Dunia Yang Dimiliki Atau Dikontrol Keluarga Rothschild

10 Tanda Elite Dunia Kehilangan Kontrol

Pengguna Internet Sedunia Coba Pecahkan Kode Ini

Misteri Injil Kuno Barnabas di Turki Mengguncang Dunia

Naskah Kuno Nusantara Dibahas dalam Simposium Internasional

Babad Diponegoro dan Nagarakretagama, masuk UNESCO Memory of the World

=>Puluhan Artikel Arkeologi Dunia<=

=>Puluhan Artikel Arkeologi Indonesia<=

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id

vivanews codex gigas


http://wp.me/p1jIGd-5zY

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Arkeologi Dunia, Pro Satanic dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Codex Gigas, “Kitab Iblis” yang Pernah Ditemukan Manusia

  1. Green Look Me berkata:

    wew..amazing. Bisa ye Kitab Setan dibikin..wkwk…Setan..Setan..

  2. sunndel berkata:

    berarti yang bikin rajanya setan tuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s