Inilah Bangkai Kapal “San Jose” Dengan Harta Karun Senilai Rp. 13 Trilyun!

kapal karam

Akhirnya, Ditemukan Bangkai Kapal “San Jose” Dengan Harta Karun Senilai Rp. 13 Trilyun!

harta kapal karam san jose header

Catatan sejarah memang mengungkapkan bahwa kapal “San José” (baca: San Hose) yang sudah karam ini merupakan salah-satu kapal yang paling dicari oleh para pemburu harta karun dari seluruh pelosok dunia dan disebut sebagai “Holy Grail of Shipwrecks” karena membawa barang-barang berharga dengan nilai yang sangat tinggi.

San José adalah bagian dari kapal layar dalam “armada harta” (treasure fleet) atau kapal layar pengangkut harta selama Perang Suksesi Spanyol, di bawah Jenderal José Fernández Santillán.

kapal layar san jose

Sketsa kapal Spanyol, galleon San José.

Pada tanggal 8 Juni 1708, kapal layar ini bertempur dengan kapal layar Inggris di dekat Barú, yang mana peristiwa ini dikenal dengan nama Wager’s Action.

Bangkai kapal laut milik kerajaan Spanyol yang tenggelam 300 tahun silam dan diduga membawa harta karun senilai £1 miliar atau Rp13,8 triliun ini, akhirnya berhasil ditemukan di perairan lepas pantai dekat pelabuhan di kota Cartagena, di Kolombia, sebuah negara di Amerika Selatan.

San Jose jenis kapal kelas Galleon

Kapal layar San Jose adalah kapal layar dari jenis kapal layar kelas Galleon atau disebut juga sebagai Galiung atau Galiun. Memiliki daya angkut 1200 ton, kapal ini diluncurkan pada tahun 1696 oleh galangan la Corona, Spanyol.

Kapal laut jenis Galiung ini adalah kapal layar besar yang memiliki dek bertingkat-tingkat, dan umumnya dipakai oleh negara-negara Eropa dari abad ke-16 hingga abad ke-18. San Jose memiliki 60 buah meriam yang disebar pada setiap deknya, 26 meriam ada di dek bawah, 26 meriam ada di dek tengah dan 8 sisanya tersebar di dek atas, halauan dan buritan.

Kapal Galiung umumnya dilengkapi dengan meriam jenis demiculverin ketika dipakai untuk berdagang maupun untuk berperang. Kapal layar jenis ini merupakan perkembangan dari kapal layar berukuran lebih kecil yang disebut Caravela, atau kapal bertiang layar 3 atau 4 yang disebut Carraca dalam bahasa Spanyol, atau Nau dalam bahasa Portugis.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d8/Mauritius_-_Detail_uit_Het_uitzeilen_van_een_aantal_Oost-Indi%C3%ABvaarders_van_Hendrick_Cornelisz_Vroom_%281600%29.jpg

Salah satu penampakan jenis kapal Galleon atau Galiung, namun ini milik Kerajaan Belanda

Galiung dipakai untuk pelayaran jarak jauh di samudra. Bagian haluan yang dibuat lebih rendah dan lambung kapal yang diperpanjang, menghasilkan tingkat stabilitas di air yang tidak dimiliki kapal model sebelumnya.

Berkurangnya tahanan angin pada bagian depan menghasilkan kapal yang lebih cepat dan kemampuan bermanuver yang lebih baik. Kapal ini juga memiliki buritan berbentuk persegi dan bukan melengkung. Bagian haluan memiliki moncong atau hidung yang menonjol jauh ke depan di bawah haluan.

“Berita besar! Kami menemukan kapal San Jose,” kata Presiden Kolombia, Manuel Santos dalam tulisan di Twitter miliknya. Manuel Santos mengatakan bahwa barang-barang berharga yang dibawa oleh kapal San Jose nilainya mencapai £1 juta atau Rp13,8 triliun.

Pejabat Kolombia tidak akan mengungkapkan lokasi persis bangkai kapal tersebut, tetapi Manuel Santos mengatakan penemuan itu “merupakan salah satu yang terbesar.”

Kapal milik pemerintah Kolombia juga terlibat dalam pencarian bangkai kapal San Jose. Dia juga mengatakan, pemerintah Kolombia akan membangun sebuah museum di Cartagena untuk menampung sebagian hasil temuan berikut bangkai kapal tersebut.

twitter juan santos san jose

Keberadaan bangkai kapal San Jose ini sebelumnya pernah menjadi pertikaian antara pemerintah Kolombia dan sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat.

Perusahaan itu, Sea Search Armada (SSA), mengklaim telah menemukan bangkai kapal itu pada tahun 1981 silam, tetapi pada 2011 lalu pengadilan di AS menyatakan bahwa bangkai kapal itu milik pemerintah Kolombia.

Kapal San Jose membawa emas, perak, permata dan perhiasan yang dikumpulkan dari sejumlah wilayah koloni Spanyol di Amerika Selatan. Benda-benda berharga itu rencananya akan digunakan untuk membiayai Spanyol dalam perang melawan Inggris dan beberapa negara lainnya. Bangkai kapal San Jose ditenggelamkan oleh kapal perang Inggris pada Juni 1708 dalam pertempuran laut Wager’s Action.

Bangkai kapal karam san jose wreck ship treasure harta karun 01

Foto-foto barang bawaan dari bangkai kapal San Jose yang karam.

Harta Kapal San Jose akibat Pertempuran “Wager’s Action”

Kapal San Jose tenggelam akibat pertempuran laut yang disebut sebagai Wager’s Action atau “Aksi Wager” adalah konfrontasi ditengah laut pada tanggal 8 Juni 1708, antara armada kapal perang layar Inggris dibawah pimpinan komandan Charles Wager terhadap armada kapal perang layar Spanyol yang sedang mengangkut harta, sebagai bagian dari Perang Suksesi Spanyol (War of Spanish Succession).

Armada kapal perang layar Kerajan Inggris terdiri dari tiga kapal, yaitu kapal layar Expedition (kapten kapal Henry Long), kapal layar Kingston (kapten kapal Simon Timothy Bridges), kapal layar Portland (kapten kapal Edward Windsor) dan kapal layar Vulture, sebuah kapal layar perang atau fire ship (kapten kapal Komandan Caesar Brooks).

Sedangkan armada Spanyol terdiri dari 14 kapal dagang bersenjata ringan berbagai ukuran, dan ada tiga kapal perang besar yang mengawal mereka, yaitu kapal perang layar San José (kapitan kapal Santillán), kapal perang layar San Joaquín (kapitan kapal Villanueva) dan kapal perang layar Santa Cruz (kapitan kapal de la Rosa).

  • Kontak Awal Pertempuran

Pada musim semi 1708 armada laut tentara Kerajaan Inggris dibawah pimpinan Charles Wager melakukan ekspedisi di Karibia dengan skuadron empat kapal tersebut.

Pada bulan April 1708, skuadron Inggris ini sedang mengambil pasokan di pulau kecil Pequeña Barú, bagian dari Kepulauan Rosario (kini bagian dari Kolombia), yang hanya berjarak 30 mil jauhnya dari Cartagena.

Kehadiran Inggris diketahui Gubernur Cartagena yang kemudian mengirim peringatan kepada armada Spanyol yang sedang berlabuh di Portobelo (kini bagian dari Panama) bahwa mereka harus waspada karena ada armada Inggris di dekat mereka.

san jose kolombia map 2

Namun pada tanggal 28 Mei 1708 komandan armada kapal layar harta Spanyol, José Fernández de Santillán, yang sedang berlabuh di Portobelo, justru memutuskan untuk berlayar terlebih dahulu dari Portobelo ke Cartagena. Padahal untuk mencapai Cartagena, armada Spanyol harus melewati pulau kecil Pequeña Barú, dimana terdapat armada Inggris yang sedang memasok kebutuhan kapalnya.

Hal itu dilakukan karena armada Spanyol tidak bisa menunggu lebih lama lagi akibat musim badai telah dekat dan sisa armada lainnya, ditambah pengawalan mereka oleh komandan Jean du Casse sedang menunggu di Havana (kini kepulauan Kuba) dan mengancam untuk berlayar meninggalkannya.

Harta berupa emas dan perak terkonsentrasi pada 3 kapal perang layar terbesar tersebut, yaitu San José mengangkut harta senilai 7-11 juta peso, San Joaquin mengangkut harta senilai 5 juta peso dan Santa Cruz mengangkut sisanya yang hanya sebagian kecil dari dua kapal lainnya.

  • Pertempuran di Tengah Laut
coin koin San Jose - Jeffrey Rotman, Corbis

Beberapa koin emas dari harta yang dibawa oleh kapal layar San Jose yang karam.

Akibat semakin dekatnya musim badai, maka armada kapal Spanyol bergerak dan berlayar hingga pada akhirnya mencapai pulau Isla de Baru pada malam 7 Juni 1708 dan mereka berlabuh di situ.

Pada hari berikutnya mereka kembali berlayar, angin berhembus pelan, tapi sekitar jam 3 sore mereka melihat di ufuk langit, armada kapal perang layar Kerajaan Inggris sedang mengejar dan berusaha mendekati mereka.

Krew kapal Spanyol langsung mengambil posisi defensif, tetapi armada Inggris tahu bahwa yang harus mereka serang terlebih dahulu adalah kapal terbesar, karena diduga mengangkut harta yang paling banyak.

Kapal perang Inggris, Kingston (kapten kapal Simon Timothy Bridges) secara agresif menyerang kapal perang Spanyol, San Joaquin (kapitan kapal Villanueva) setelah dua jam pertempuran, sekitar jam 5 sore kapal itu berhasil melarikan diri ke dalam gelapnya malam dengan bantuan dari salah satu kapal niaga Spanyol dalam armadanya yang bersenjata ringan, Concepción.

Sedangkan kapal perang layar Inggris lainnya, Expedition, menyerang kapal perang Spanyol San José dan berhasil mendekati kapal Spanyol itu dengan tujuan agar awak kapal Inggris dapat naik ke geladak kapal San Jose dan dapat menguasainya, setelah sebelumnya bertempur selama satu jam, dan setengah jam terakhir dalam pertempuran yang teramat sengit.

Sekitar pukul 07:00 malam dengan berjarak hanya 60 meter diantara dua kapal, tembakan meriam dari kedua kapal itu semakin membabi-buta, namun tiba-tiba kapal San José meledak. Diyakini bahwa San Jose meledak akibat gudang bubuk mesiu di dalam kapal itu telah terkena tembakan meriam dari kapal Inggris, Expedition.

San Jose painted by Samuel Scot

Tampak lukisan kapal layar harta kelas Galleon milik Kerajaan Spanyol “San José” yang penuh berisi harta meledak saat pertempuran laut “Wager’s Action” (lukisan minyak oleh Samuel Scott).

Kapal yang mengangkut sarat harta hasil rampasan perang milik Spanyol itu akhirnya tenggelam dengan cepat, berikut harta yang berada di dalam perutnya yang bernilai sekitar 7-11 juta peso.

Hampir seluruh kru San Jose tenggelam ke dasar laut dan hanya tersisa 11 orang yang berhasil selamat dari 600 awak dan penumpangnya. Saat itu laut gelap gulita akibat bulan purnama yang tertutup awan.

San Jose wreck ship found gun

Tampak meriam kapal San Jose yang ditemukan, setengahnya telah terkubur di dasar laut.

Suasana mencekam pada malam itu pun secara berlarut-larut kembali menjadi tenang. Dentuman meriam reda, suara ombak kembali terdengar.

Namun setelah bulan purnama kembali muncul, armada Inggris berhasil menemukan kapal laut Spanyol lainnya, Santa Cruz, yang terlihat berada di ufuk langit pada pukul 02:00 dini hari. Inggris pun mengejar, seluruh layar penuh terkembang, suasana kembali menjadi tegang.

Setelah berhasil mengejar, maka pertempuran tak lagi terelakkan. Suasana hening kembali berubah dramatis, dentuman meriam lagi-lagi membabi-buta. Namun pertarungan itu singkat, menewaskan 14 tentara Inggris dan 90 tentara Spanyol, kemudian Santa Cruz berhasil dikuasai dan diambil oleh armada Inggris.

Namun, ternyata di dalam kapal itu tidak ada harta berharga yang dicari, hanya 13 peti uang koin dollar Spanyol (pieces of eight) dan 14 perhiasan berbentuk babi dari perak yang tampaknya milik pribadi.

Kapal perang layar Kerajaan Inggris 01

Tampak armada kapal layar Kerajaan Inggris yang layarnya telah robek-robek akibat meriam dari armada laut Kerajaan Spanyol dalam pertempuran laut “Wager’s Action”

  • Kapal Spanyol Lainnya Berhasil Lolos

Saat fajar, Inggris menemukan kapal Spanyol lainnya, San Joaquin, lalu Komandan Wager memerintahkan kapal Inggris, Kingston dan Portland untuk mengejar dan menangkap kapal itu.

Setelah beberapa salvo, San Joaquin berhasil kabur balik kembali menuju pelabuhan Cartagena dan Inggris tidak berani mengikutinya karena akan menghadapi senjata dari benteng di Cartagena.

Sisa dari armada Spanyol lainnya juga berhasil mencapai Cartagena kembali dengan aman, kecuali kapal Spanyol Concepción yang terpojok oleh Inggris dan terdampar sendiri di pulau Isla Baru.

Jejak bangkai kapal karam san jose wreck ship treasure harta karun 01

Tampak salah satu jejak bangkai kapal San Jose yang karam dan berhasil ditemukan, lalu diberi tanda dengan tulisan “San Jose”.

Tapi semua kru kapal Concepción itu langsung turun dari geladak kapal menuju ke darat, dan berhasil menyelamatkan seluruh harta yang dibawanya.

Namun paling tidak, Inggris telah berhasil mencegah tiga kapal layar Kerajaan Spanyol yang penuh memuat harta emas dan perak dalam upayanya untuk menyebrang lautan Atlantik, dari Amerika Selatan ke Eropa dalam upaya Kerajaan Spanyol untuk mendanai perang Franco-Spanyol atau Perang Perancis-Spanyol.

Franco-Spanyol Wars bisa merujuk kepada peperangan antara Perancis dan Spanyol yang telah terjadi sejak tahun 1494 hingga tahun 1823, termasuk 22 pepeperangan di Eropa yang melibatkan beberapa Kerajaan di Eropa. (lihat daftar).

Tapi komandan Charles Wager tetap kecewa, karena dia tak berhasil mencuri dan mengambil harta dari kapal itu yang dapat membuatnya menjadi orang kaya, atau paling tidak akan lebih baik lagi jika ia berhasil menangkap kapal harta Kerajaan Spanyol lainnya, San Joaquin, yang mengangkut harta senilai 5 juta peso.

Kapten kapal layar Kerajaan Inggris Kingston yaitu Simon Timothy Bridges, dan kapten kapal layar Kerajaan Inggris Portland yaitu Edward Windsor, akhirnya dicopot dan diusir dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris akibat kegagalan ini.

Setelah sekitar 300 tahun mendekam didasar lautan, kini kapal harta yang tersohor bagi para pemburu harta karun sejak dulu kala itu pun akhhirnya ditemukan, berikut jutaan keping emas, perak dan perhiasan lainnya yang ditaksir bernilai sekita Rp. 13 trilyun. (IndoCropCircles / wikipedia / berbagai sumber)

ARTIKEL BAHASA INDONESIA PERTAMA DI INTERNET

Bangkai kapal karam san jose wreck ship treasure harta karun banner

VIDEO: Colombia: San Jose shipwreck discovered

Artikel Lainnya:

Kapal Selam Zaman PD-II Milik Belanda Ditemukan di Perairan Kalimantan Setelah Hilang 70 Tahun

Ada Ratusan Ton Harta Karun Kapal Karam Seantero Indonesia!

Sejarah Bisu: USS Liberty, Kapal Perang AS Yang Dibombardir Israel, 34 Tewas Ratusan Luka

[True Story] Andrea Gail, Kapal Nelayan Yang Karam di Film “The Perfect Storm”

Misteri Jejak Kapal Selam U-Boat Nazi di Indonesia

Misteri Kapal “SS Ourang Medan” : Semua Kru Tewas Kaku, Mata Melotot, Dengan Muka Ketakutan!

Geolog Teliti Info Kapal Kuno di Sumbawa

Misteri Tenggelamnya Kapal Titanic Karena di Sabotase!

UFO Sebesar Kapal Induk Nyaris Dirudal?

Asteroid “2005YU55” Sebesar Kapal Induk Ini Pernah Melintas Antara Bumi & Bulan

Asteroid 1998 QE2: Asteroid Sepanjang 9 Kapal Pesiar Ini Memiliki Bulan!

*****

Inilah Bangkai Kapal “San Jose” Dengan Harta Karun Senilai Rp. 13 Trilyun!

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Arkeologi Dunia, Konspirasi Perang, Penemuan-Penemuan Misterius. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.