Anomali Magnetik Terkuat Dunia Di Benua Afrika dan Russia Yang Misterius!

Anomali Medan Magnet Terkuat Di Dunia:
Bangui Di Afrika Tengah Dan Kursk Di Russia Yang Masih Misterius!

Dalam geofisika, anomali magnetik atau magnetic anomaly, adalah variasi lokal medan magnet di dalam Bumi yang dihasilkan dari variasi kimia atau magnetisme bebatuan. Pemetaan variasi diatas suatu area yang terdapat anomali magnetik dalam mendeteksi struktur di dalamnya, biasanya dikaburkan oleh material-material di atasnya.

Anomali magnetik atau magnetic anomaly, dapat pula mempengaruhi gravity anomaly atau anomali gravitasi, yaitu adalah perbedaan antara gravitasi observasi dengan nilai yang diprediksi oleh model. Perbedaan medan gravitasi dapat disebabkan variasi rapat massa batuan dibawah permukaan, sehingga dalam observasi yang diselidiki adalah perbedaan medan gravitasi antar titik observasi.

Variasi magnetik yang diketahui terdapat pada jalur pegunungan yang panjang didasar laut misalnya, biasanya sejajar dengan pegunungan tengah samudera atau mid-ocean adalah bukti penting yang mendukung teori penyebaran dasar laut, yang merupakan lempeng lempeng tektonik.

Namun ada beberapa tempat di Bumi yang sangat spesial, jauh dari teori-teori dan bukti yang selama ini disampaikan para ilmuwan, yaitu keanehan atau anomali medan magnet di tempat-tempat yang tak biasa.

Anomali magnetik ini dua diantaranya juga mencakup kawasan yang sangat luas, dan pengaruhnya juga kuat. Berikut adalah dua tempat di Bumi yang memiliki anomali magnetik terkuat dan terluas di dunia, yang hingga kini membuat ilmuwan bingung dengan kening berkerut, bagaimana itu bisa terjadi.

Bangui Magnetic Anomaly (BMA)

Keanehan atau keganjilan medan magnet di daerah Bangui, atau disebut  sebagai “Anomali Magnetik Bangui”, atau yang dikenal lebih luas di dunia ilmuwan sebagai Bangui Magnetic Anomaly (BMA), adalah variasi medan magnet bumi secara lokal yang terbentuk di benua Afrika bagian tengah, salah satunya kota terbesar yang ada di dalamnya adalah Bangui, ibu kota Republik Afrika Tengah.

Anomali atau keanehan tak wajar ini kawasannya sangat luas dan berbentuk elips, yaitu memiliki lebar sekitar 700 km dan panjang 1.000 km! Wilayah dimana terjadi anomali magnetik ini sebagian besarnya mencakup negara Republik Afrika Tengah (Central African Republic / CAR).

Republik Afrika Tengah, dengan ibukotanya Bangui.

Begitu luas kawasan anomali magnetik ini, menjadikan fenomena ini sebagai “the largest and most intense crustal magnetic anomalies on the African continent” atau “anomali magnetik kerak Bumi terbesar dan paling kuat di benua Afrika”.

Anomali medan magnetik di tengah benua Afrika ini pertamakali diketahui dan ditemukan pada akhir tahun 1950-an. Lalu anomali ini baru mulai dieksplorasi pada tahun 1970an, dan kemudian baru dinamai pada tahun 1982.

Namun bagaimana ini terjadi dan darimana asal-usul anomali medan magnet ini tetap tidak jelas, dan bagi ilmuwan anomali medan magnet ini masih misterius hingga kini.

  • Sejarah Anomali Magnetik Bangui

Pada tahun 1962, Raymond Godivier dan Lucien Le Donche melaporkan adanya anomali magnetik di negara Republik Afrika Tengah, yang telah mereka identifikasi dengan menganalisis data aktivitas magnetik pada permukaannya di tahun 1956.

Hasil ini dikonfirmasi dan dijabarkan oleh survei aeromagnetik pada ketinggian atau high-altitude aeromagnetic surveys, yang dilakukan oleh Naval Oceanographic Office Amerika Serikat, serta pengukuran satelit yang dilakukan pada tahun 1964 dengan Cosmos-49. Dan kemudian pada tahun 1970an dilakukan penelitian oleh Orbiting Geophysical Observatory pada ketinggian 350-500 kilometer (220-310 mil).

Application of-the Euler method on the total intensity magnetic anomaly on Bangui Magnetic Anomaly area.

Data ini kemudian digabungkan pada tahun 1973 dan menghasilkan peta spasial medan magnet yang diperbarui setelah peluncuran satelit Magsat (Magnetic Field Satellite) dengan akurasi sebesar 15 nT (nano Tesla / satuan unit Tesla) pada ketinggian 400 kilometer (250 mil).

Kemudian pada tahun 1982, Robert D. Regan dan Bruce D. Marsh menamai anomali tersebut dengan nama Bangui, kota terbesar sekaligus ibukota negara Afrika Tengah, dimana terjadi anomali magnetik ini.

Anomali ini kadang-kadang disebut sebagai “Anomali Negatif Bangui” (Bangui negative anomaly), karena perbedaan puncak negatifnya berbeda, jika dibandingkan dengan “anomali positif” yang diamati di Benue Trough yaitu formasi geologi yang ada di Nigeria, dan Congo Basin yaitu Cekungan Kongo, dimana formasi geologi Lower Cambrian (era Kambrium) yaitu periode pertama geologi di era Paleozoic, 55.6 juta tahun lalu terbentuk.

  • Fitur yang menonjol pada Anomali Magnetik Bangui 

Letak “Anomali Bangui” pada bagian selatannya dibatasi oleh Walvis Ridge, yaitu garis aseismik dibawah Samudra Atlantik selatan dengan panjang 3.000 km (1.900 mil). Di sebelah utara dibatasi oleh garis vulkanik pegunungan dari dua gunung, yaitu Kamerun-St. Helena atau dikenal sebagai Cameroon–St. Helena volcanic line.

Di sebelah barat oleh Punggungan Atlantik Tengah atau Mid-Atlantic Ridge (MAR), yaitu punggungan tengah samudra, adalah lempeng tektonik yang berbeda atau batas lempeng konstruktif yang terletak di sepanjang lantai Samudra Atlantik, dan merupakan bagian dari pegunungan terpanjang di dunia.

Bentuk wilayah anomali magnetik Bangui ini seperti elips, sepanjang 700 km × 1.000 km, memiliki tiga bagian, dan magnetik khatulistiwa mengalir melalui pusatnya.

Bangui, ibokota Republik Afrika Tengah.

Wilayah anomali magnetik Bangui memiliki diameter sumbu yang pendek, yaitu sekitar 550 kilometer (340 mil), dan amplitudonya bervariasi antara -1000 nT (nano Tesla / satuan unit Tesla) pada permukaan tanah, dan -20 nT pada ketinggian satelit, yaitu sekitar 400 kilometer (250 mil).

Fiturnya termasuk anomali gravitasi Bouguer yang sebesar 120 mGal, fitur permukaan topografi berbentuk cincin berdiameter 810 km (500 mil), memiliki fitur batuan periode Late Archean dan Proterozoic dan dibagian tengah anomali, granulites.

Terdapat formasi batuan charnockites yang dilengkapi granit pada tingkat kerak bawah dan sabuk greenstone, dan basal metamorfosa yang terlihat sebagai eksposur batu. Zona kerak tipis membatasi anomali ke utara dan zona kerak yang relatif lebih tebal berada di tepi selatan.

  • Dua Teori Asal Muasal Anomali Magnetik Bangui

Animasi Pangaea. Tampak bagian Amerika Selatan dan Afrika sekitar 545 juta tahun lalu.

Dua teori pernah dilontarkan untuk asal mula terjadinya anomali Bangui ini, namun keduanya tidak meyakinkan.

Salah satu atribut itu adalah terjadinya intrusi beku besar (igneous intrusion) dan yang lainnya adalah akibat dampak hantaman meteorit di era Prakambrium (sebelum 540 juta tahun lalu).

Untuk mendukung teori yang terakhir, sebuah analogi ditarik dengan dampak meteorit yang mungkin terjadi di anomaly magnetik lainnya, yaitu di negara bagian Bahia, Brazil.

Di wilayah yang juga terdapat anomali magnetik ini menyebabkan pembentukan carbonados (agregat berlian hitam) yang hanya ditemukan di Republik Afrika Tengah ini dan Brazil.

Namu para ilmuwan tidak menyepakatinya. Dan keberadaan anomali magnetik yang berada di wilayah Bangui yang berada di kordinat 04°20′07.6″N 18°33′21.3″E sebagai ibukota Republik Afrika Tengah ini masih misterius.

Kursk Magnetic Anomaly (KMA)

Tak hanya di Bangui Afrika Tengah, di daerah Russia bagian barat juga terdapat anomali magnetik pada kerak buminya, yang dikenal sebagai “Kursk Magnetic Anomaly”  (KMA) dan diakui sebagai wilayah anomali magnetik terbesar di Bumi.

Kursk Magnetic Anomaly di Russia ini adalah wilayah yang kaya akan bijih besi dan berada di dalam wilayah Kursk, Belgorod, dan Voronezh di Russia, dan merupakan bagian penting dari Wilayah Chernozyom Tengah.

  • Sejarah Anomali Magnetik Kursk

Pertama kali ditemukan pada tahun 1773 oleh astronom Rusia dan akademisi Pyotr Inokhodtsev ketika sadang menyiapkan peta Survei Tanah Umum atas perintah pemerintah Rusia.

Tampak Bangui Magnetic Anomaly / BMA (tengah) dan Kursk Magnetic Anomaly / KMA (atas), dua anomali magnetik terbesar di Bumi.

Anomali ini tidak diselidiki lagi, hingga sampai tahun 1874 ketika I. N. Smirnov melakukan survei geomagnetik pertama terhadap daerah Rusia-Eropa.

Pada tahun 1883, N. D. Pilchikov, asisten profesor di Kharkiv University, melakukan serangkaian observasi dari Kursk Magnetic Anomaly.

Hasilnya mengejutkan, karena medan magnet menunjukkan tingkat yang jauh lebih besar daripada yang diukur sebelumnya, dan untuk pertama kalinya menghubungkan anomali dengan keberadaan bijih besi di daerah itu.

Akhirnya pada tahun 1884, berdasarkan penemuan ini, N. D. Pilchikov dianugerahi medali perak dari Himpunan Geografis Rusia.

Investigasi serius terhadap potensi ekonomi dari anomali tersebut terjadi dibawah kepemimpinan Ivan Gubkin pada 1920-1925, yang pada awalnya didasarkan pada kemungkinan adanya minyak bumi.

Kursk, West russia.

  • Fitur yang menonjol pada Anomali Magnetik Kursk

Setelah anomali magnetik Kursk diteliti lebih lanjut, ternyata terdapat bijih besi yang sangat kaya. Bijih besi di wilayah anomali di wilayah kota Kursk yang ada di kordinat 51°44′01.8″N 36°10′40.7″E ditemukan sekitar tahun 1931.

Bijih tersebut tersebar di area seluas 120.000 km² dan merupakan kuarsit magnetite yang tersebar sangat luas ke seluruh batuan metamorf dan granitoida Pra-Kambrium di wilayah itu.

Dari survey diperkirakan terdapat cadangan kuarsa biji besi (ferrous quartzite) saat ini yang mengandung Fe (ferrum / besi) dengan kadar 32-37% sebanyak 25 miliar ton. Dan untuk cadangan yang mengandung Fe dengan kadar 52-66% lebih dari 30 miliar ton.

Wilayah yang terdapat Magnetic Anomaly di dunia.

Metode “open pit” terbuka digunakan untuk menambang bijih besi ini di Stoylenskoye, Lebedinskoye dan Mikhailovskoye. Sedangkan metode penambangan bawah tanah digunakan di tambang Korobkovskoye.

Sama seperti wilayah Bangui Magnetic Anomaly (BMA), pada Kursk Magnetic Anomaly (KMA) yang diakui sebagai anomali magnetik terbesar di Bumi, apa penyebab terbentuknya dan bagaimana anomali ini bsia terjadi dengan pasti dan bukan teori, juga masih misterius.

Wilayah Magnetic Anomaly ada di beberapa tempat lainnya

Temagami Magnetic Anomaly, Kanada.

Tak hanya dua wilayah tersebut diatas terdapat anomali magnetik di permukaan kerak Bumi.

Namun masih ada di beberapa tempat lagi, seperti magnetic anomaly di Bahia Brazil, magnetic anomaly di daerah Texas Amerika Serikat, magnetic anomaly di daerah Temagami Kanada, magnetic anomaly di daerah Skandinavia bagian utara, bahkan ada magnetic anomaly juga di benua Antartika.

Namun semua cakupan wilayah magnetic anomaly tersebut, jauh lebih kecil dan kekuatannya pun juga lebih kecil dibanding dua tempat yang dibahas diatas. Yaitu magnetic anomaly Kursk terbesar di dunia dan magnetic anomaly Bagui terbesar kedua, atau paling besar di benua Afrika.

Pustaka:


VIDEO:

Gravity, Magnetic, and Core Anomalies of Earth

Negative Magnetic Anamolies


Artikel Lainnya:

7 Misteri-Misteri Alam Yang Sulit Diterima Nalar

Misteri South Atlantic Anomaly, “Lubang Segitiga Bermuda Angkasa” Diatas Brazil

Waduh! Gumpalan Misterius di Samudra Pasifik Ini Bisa Datangkan Malapetaka Bagi Bumi

Ditemukan: Gunung Raksasa Sumatra Diameter 50 Km Tinggi 4,6 Km!

Terungkap, Bahwa Bumi Pernah Kiamat Enam Kali!

Artefak-Artefak Gunung Padang Cianjur Yang Misterius

Terkuak: Letusan Samalas (Rinjani), Lebih Besar Dari Krakatau Bahkan Tambora!

Misteri Kapal “SS Ourang Medan” : Semua Kru Tewas Kaku, Mata Melotot, Dengan Muka Ketakutan!

Misteri Segitiga Masalembo, Segitiga Bermudanya Indonesia

Penyelidikan Terbaru: Misteri Segitiga Bermuda

Hantu Menurut Ilmuwan: Dapat Terlihat Jika Otak Terkena Frekuensi Sangat Rendah

Misteri Letusan Gunung Toba, satu-satunya Supervolcano di Indonesia

Pole Shifts: Kutub Utara dan Selatan Sedang Berpindah Akibatkan Anomali Cuaca

Kiamat Sudah Dekat: Ilmuwan Buat “Asgardia” Negara Buatan Pertama Di Luar Angkasa

25 Proyek Super Rahasia & Organisasi Buatan AS Untuk Mencari Alien

10 Misteri Cahaya Aneh Dari Langit

10 Fenomena Misterius di Lautan

=>Puluhan Artikel Terkait Fenomena Alami Lainnya<=


http://wp.me/p1jIGd-8ip

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Fenomena Alami, Misteri Dunia dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Anomali Magnetik Terkuat Dunia Di Benua Afrika dan Russia Yang Misterius!

  1. ipanase berkata:

    bikin sakit nggak ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.