Misteri Segitiga Masalembo, Segitiga Bermudanya Indonesia

Misteri “Segitiga Masalembo”, Segitiga Bermuda di Wilayah Indonesia

“Segitiga Masalembo: Pulau Bawean – Kota Majene – Kepulauan Tengah, kadang terjadi arus laut dan angin yang mengalir akibat adanya perbedaan tekanan dalam siklus harian ataupun tahunan (monsoon) lalu keduanya bertemu menjadi satu mirip layaknya tornado, badai, hurricane ataupun typhoon namun dalam putaran yang lambat tapi tiba-tiba berpindah arah.”

Dua kecelakaan lalulintas pada transportasi udara dan laut di daerah Masalembu atau lebih dikenal luas bernama Masalembo ini, pada beberapa tahun terakhir sangat memprihatinkan.

Beberapa kecelakaan di perairan Masalembo mungkin telah banyak terjadi pada masa silam. Namun mulai viral setelah terjadinya Tragedi Tampomas-I. Setelah itu, masih di perairan yang sama, ada beberapa musibah yang ikut menyertainya.

Rabu, 7 Januari 1981

Tampomas-II saat tenggelam pada tanggal 27 Januari 1981 di perairan Masalembo

Walau mungkin ada beberapa kecelakaan di perairan ini, namun Tragedi yang dialami Kapal Motor Penumpang (KMP) Tampomas-II dianggap sebagai awalnya karena paling terkenal.

KMP Tampomas II adalah kapal laut penumpang yang terbakar di tengah perjalanan dan akhirnya karam di perairan Masalembo ini pada tanggal 27 Januari 1981. (lihat lokasi peta satelit). 

Musibah ini menyebabkan tewasnya ratusan penumpang kapal tersebut. Kapal yang dinakhodai oleh Kapten Abdul Rivai ini, sedang menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Sulawesi dan karam pada tanggal 27 Januari 1981.

Jum’at, 29 Desember 2006

Kapal Roro (ferry) Senopati Nusantara yang juga tenggelam di perairan Masalembo pada tanggal 29 Desember 2006

Setelah beberapa dasawarsa “vakum”, keanehan dimulai, kecelakaan lalu-lintas di perairan utara Laut Jawa ini mulai terjadi hampir tiap tahun, bahkan ada yang berurutan.

Salah satunya yang menimpa kapal laut Senopati Nusantara pada tanggal 29 Desember 2006 silam. Kapal ini dinyatakan hilang sekitar pukul 03.00, 30 Desember 2006. Pihak KNKT menduga kapal ini tenggelam karena cuaca buruk.

Berdasarkan data penumpang, kapal ini mengangkut total 628 orang yang terdiri dari 542 penumpang, 57 anak buah kapal, dan 29 orang sopir truk dan kendaraan. Selain penumpang, kapal itu juga membawa 7 truk besar, tiga kendaraan kecil, 1 alat berat dan 3 sepeda motor

Senin, 1 Januari 2007

Adam Air penerbangan 574 dengan nomer ekor PK-KKW yang hilang di perairan Masalembo pada tanggal 1 Januari 2007, sedang taxiing menuju runway.

Kemudian pada tanggal 1 Januari 2007 kecelakaan pesawat udara Adam Air penerbangan 574 dengan nomer ekor PK-KKW. (lihat lokasi blackbox) (lihat video Adam Air, NatGeo TV Air Crash Investigation, text bahasa Indonesia)

Penerbangan domestik terjadwal maskapai Adam Air ini adalah jurusan Jakarta-Surabaya-Manado, yang hilang dalam penerbangan diatas perairan Masalembo, setelah sebelumnya transit di kota Surabaya, Jawa Timur.

Kotak hitam ditemukan di kedalaman 2000 meter pada 28 Agustus 2007. Seluruh 102 orang di dalamnya tewas, angka kematian tertinggi dari setiap kecelakaan penerbangan yang melibatkan pesawat Boeing 737-400.

KM Mutiara Indah tenggelam di perairan Masalembo 19 Juli 2007

Kamis, 19 Juli 2007

Tragedi tersebut tak berhenti, dan disusul pada bulan Juli oleh kecelakaan transportasi laut KM Mutiara Indah yang tenggelam di perairan Masalembo pada tanggal 19 Juli 2007.

Jum’at, 27 Juli 2007

Kemudian, tujuh hari kemudian yaitu pada tanggal 27 Juli 2007, disusul tenggelamnya KM Fajar Mas, juga di perairan kepulauan Masalembo.

Kamis, 16 Agustus 2007

Pencarian KM Fajar Mas yang tenggelam di perairan Masalembo 27 Juli 2007 lalu disusul tenggelamnya KM Sumber Awal yang tenggelam di perairan yang sama pada 16 Agustus 2007

Belum sebulan setelah peristiwa itu, tenggelam lagi KM Sumber Awal  di perairan yang sama pada 16 Agustus 2007.

Selasa, 8 Juli 2008

Sebuah kapal kargo keram di perairan Masalembo

Minggu, 11 Januari 2009

Lalu dua tahun kemudiann pada tahun 2009 di hari Minggu 11 Januari dini hari, ada juga musibah KM Teratai Prima yang tenggelam di perairan yang sama.

Batas kapasitas kapal ini 300 orang. Namun berdasarkan manifes kapal ini mengangkut 267 orang penumpang dan diperkirakan ada 103 penumpang gelap, ditambah dengan sejumlah awak kapal dan nakhoda.

KM Teratai Prima

KM Teratai Prima tenggelam di perairan Masalembo, Majene 11 Januari 2009

KM Teratai Prima yang secara teratur seminggu sekali melayani rute Samarinda – Parepare berangkat dari Pelabuhan Parepare hari Sabtu sekitar pukul 17.00 WITA.

Menurut awak kapal yang selamat, musibah kapal ini disebabkan oleh angin puting beliung yang menimbulkan gelombang setinggi 2 meter. 36 orang korban berhasil diselamatkan nelayan, sementara sisa lainnya hilang.

Jum’at, 19 Mei 2017

Setelah “vakum” sekitar 8 tahun, KMP Mutiara Sentosa-I rute Surabaya-Balikpapan mengalami kebakaran di perairan Masalembo, pada Jumat (19/5/2017). Kapal Mutiara ini berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Mayoritas kendaraan yang diangkut adalah truk.

KM Mutiara Sentosa-I

Lokasi terbakarnya kapal itu berada di titik kordinat 05°33.01 S – 114° 34.25 E (lihat lokasi) atau 13 kilometer timur laut dari Pulau Masalembu, Kecamatan Masalembu, Sumenep, Madura.

Kapal itu membawa 178 orang, terdiri dari 134 penumpang dan 44 anak buah kapal (ABK). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  menyebutkan, awalnya terjadi kebakaran di cardeck  kapal, namun tidak bisa dipadamkan dan membesar.

Menurut syahbandar Masalembo, tim SAR berhasil mengevakuasi para penumpang. Sebagian besar penumpang Kapal Mutiara Sentosa-1 yang terbakar di tengah laut berhasil diselamatkan. Sementara itu, nelayan setempat menemukan 5 jenazah di laut. Diduga bahwa para korban adalah para sopir  truk yang melompat ke laut untuk menyelamatkan diri. (lihat video).

KMP Mutiara Sentosa-1 yang terbakar di tengah laut Jawa di perairan kepulauan Masalembo pada Jumat 19 Mei 2017.

Semua kejadian-kejadian tersebut diatas, terjadi pada lokasi seputar perairan Masalembo, yang berdekatan juga dengan Laut Jawa bagian timur dan juga di seputar perairan kepulauan Masalembo.

Peta lokasi KMP Tampomas-2 dan KMP Mutiara Sentosa-1 di perairan Masalembo.

Kenapa pada bulan-bulan yang sama ya? Mungkin karena memang bulan-bulan tersebut merupakan bulan-bulan puncak peralihan atau perubahan musim seantero Indonesia yang kepulauannya berada di sekitar katulistiwa.

Tetapi kenapa kejadian kecelakaan ini di lokasi yang kira-kira sama ? Mungkin hanya kebetulan saja, atau…?

Pulau Masalembo sebenarnya sebuah pulau kecil yang berada di ujung Paparan Sunda.

Pulau-pulau kecil ini berada di daerah “pertigaan” laut yaitu Laut Jawa yang horisontal dari barat ke timur dan Selat Makassar yang memotong secara vertikal utara ke selatan.

Masalembo Triangle

Pola kedalaman laut di Segitiga Masalembo ini sangat jelas menunjukkan bentuk segitiga yang nyaris sempurna berupa segitiga sama sisi.

Pada peta kedalaman laut atau peta bathymetri dapat dilihat adanya bentuk kepulauan yang berbentuk segitiga.

Setelah peristiwa-peristiwa kecelakaan transportasi laut dan udara, wilayah yang terdiri beberapa pulau-pulau ini kadang sebut sebagai “Segitiga Masalembo” atau “The Masalembo Triangle“. (lihat lokasi peta satelit)

Ada apa saja di daerah seputaran Segitiga Masalembo ini? Coba kita buka-buka dikit-dikit ya. Tapi jangan mengharap banyak dari sisi mistisnya, karena akan lebih banyak diurai dari sisi kebumian dan kelautannya saja.

Dasar laut Indonesia di Masalembo Triangle

Pertemuan ARLINDO (Arus Laut Indonesia)

Pada bagian atas (garis hijau) menunjukkan air laut mengalir dari barat memanjang di Laut Jawa, berupa monsoonal stream atau arus musiman.

Arus ini sangat dipengaruhi oleh cuaca dan musim. Sedangkan dari Selat Makassar ada arus lain dari utara yang merupakan thermoklin , atau aliran air laut akibat perbedaan suhu lautan. Kedua arus ini bertemu di sekitar Segitiga Masalembo.

Walau gerakannya tak kencang, namun tentu saja arus ini akan sangat mempengaruhi pelayaran laut diwilayah ini. Tentunya arus musiman ini sangat dipengaruhi juga oleh suhu air laut akibat pemanasan matahari.

Dibawah ini digambarkan arus laut di Indonesia, terutama Indonesia Timur. Coba perhatikan arus yang melewati Segitiga Masalembo ini. Indonesian Throughflow (ARLINDO), indicate the relationship between the relationship between ARLINDO and El-Nino Southern Oscillation (ENSO) (Source, Gordon, A., 1998).

Pertemuan ARLINDO (Arus Laut Indonesia) termasuk “Masalembo Triangle”

Perlu diingat bahwa lintasan matahari bergerak bergeser ke-utara-selatan-utara dengan siklus tahunan. Itulah sebabnya pada sekitar bulan Januari merupakan saat perubahan arus musiman (monsoon).

Apa menariknya dari ARLINDO ini ? Arus ini membawa air laut dingin dari Samudra Pasifik ke Samudera Indonesia dengan debit kira-kira hingga 15 juta meterkubik per detik! Dan hampir keseluruhannya melalui Selat Makassar.

Tentunya aliran air sebesar ini bukan sekedar aliran air saja. Banyak aspek lain yang ikut mengalir dengan aliran air sebanyak itu, misalnya akan terdapat pula aliran ikan-ikan laut, aliran sedimen laut dan juga aliran temperatur air.

Apa saja hubungan efek aliran ini dengan proses kelautannya sendiri? Tentunya banyak sekali. Jika digambarkan secara mudah, barangkali profil Selat Makassar dapat dilihat seperti dibawah ini.

Pada profil dasar selat Makassar diatas terlihat batuan Kalimantan dan batuan Sulawesi berbeda, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan mencolok antara Indonesia barat dengan Indonesia Timur.

Kalimantan merupakan bagian dari Paparan Sunda (Indonesia Barat) sedang Sulawesi merupakan bagian dari Indonesia Timur. Nah garis yang membaginya dulu diketemukan oleh Wallace disebut sebagai Garis Wallace (Wallace Line).

Garis Wallace ini sebenernya hasil penelitian satwa Indonesia Barat-Timur, namun sebenarnya ada juga implikasi atau manifestasi dari aspek geologis (batuan penyusunnya).

Dari batuannya kita tahu bahwa dibawah Selat Makasar ini terdapat tempat yang sangat kompleks geologinya. Dan diatas Selat Makassar juga memilki karakter khusus di dunia, dimana mengalirkan air yang sangat besar.

Evakuasi korban KM jenis Cargo yang juga tenggelam di perairan Masalembo pada 8 Juli 2008

Dan tentunya ada aspek meteorologis yang memisahkan antara daerah diatas air dengan daerah diatas daratan, yaitu awan. Awan merupakan fenomena khusus yang paling banyak dijumpai diatas daratan.

Angin juga akan berhembus karena perbedaan tekanan udara panas. Pada malam hari bertiup angin darat, sebaliknya pada siang hari saat bertiupnya angin laut.

Perubahan angin darat laut karena suhu ini berubah dalam siklus harian, namun tentunya ada juga siklus tahunannya atau disebut Siklus Monsoon. Lalu akhirnya keduanya bertemu menjadi satu, ini mirip dengan perubahan tekanan udara dan bertemu lalu membentuk layaknya tornado, badai, hurricane ataupun typhoon.

Seringkali daerah Segitiga Bermuda dihubungkan dengan kondisi magnetisme. Adakah peta magnetik daerah Segitiga Masalembo ini ?


Tiga peta diatas menunjukkan intesitas magnetik total, peta deklinasi, dan perubahan deklinasi tahunan (sumber NOAA).


Kalau tertarik detilnya tinggal di klik saja. Yang dapat dilihat dalam ketiga peta itu adalah, tidak adanya sesuatu yang mencolok baik di Segitiga Bermuda maupun di Segitiga Masalembo.

Memang sejak dulu seringkali yang menyatakan adanya keanehan kompas magnetik apabila melalui daerah angker ini. Secara fisik (pengukuran magnetik) tidak terlihat anomali itu.

Hanya terlihat bahwa Indonesia secara umum merupakan daerah yang memiliki deklinasi dan iklinasi sangat kecil. Dan merupakan daerah yang memiliki total intensitas magnetik rendah, barangkali karena Indonesia merupakan daerah yang relatif “muda” dibandingkan daerah2 lain.

Kalau dibandingkan dengan Segitiga Bermuda, lokasi Segitiga Masalembo juga tidak menunjukkan keanehannya. Sepertinya keangkeran segitiga Masalembo ini lebih ditentukan oleh faktor gangguan alamiah yang bukan mistis.

Yang mungkin paling dominan adalah faktor meteorologis termasuk didalamnya faktor cuaca, termasuk didalamnya angin, hujan, awan, kelembaban air dan suhu udara yang mungkin memang merupakan manifestasi dari konfigurasi batuan serta kondisi geologi, oceaografi serta geografi yang sangat unik.

Kalau memang Masalembo Triangle ini banyak menimbulkan masalah transportasi laut dan udara, tentunya perlu rambu-rambu lalulintas laut dan udara yang lebih canggih ditempatkan pada lokasi ini. Jadi janganlah mudah percaya oleh hal-hal mistis. (ICC.WP.COM, Dec 2011 /berbagai sumber)

ARTIKEL PERTAMA DI INTERNET

Artikel ini juga sebagai rujukan di pranala luar wikipedia berbahasa Indonesia mengenai Musibah KMP Tampomas II


Picture Gallery of Tampomas II

KM Tampomas II sedang berlabuh (IndoCropCircles.com)

KM Tampomas saat mulai terbakar (IndoCropCircles.com)

KM Tampomas saat mulai terbakar (IndoCropCircles.com)

KM Tampomas II terbakar dan mulai menurunkan sekoci (IndoCropCircles.com)

KM Tampomas II saat evakuasi para penumpang (IndoCropCircles.com)

KM Tampomas II detik-detik saat tenggelam (IndoCropCircles.com)

KM Tampomas II saat oleng akan tenggelam di perairan Masalembo (IndoCropCircles.com)


VIDEOS:

Adam Air 574 – The plane that vanished (Text Bahasa Indonesia) • 11 minutes Crash Scene | Part-2 | Part-3 | Part-4 | Part-5 |

Misteri Perairan Majene


Artikel Lainnya:

Penyelidikan Terbaru: Fakta Nyata Misteri Segitiga Bermuda

Misteri Kapal “SS Ourang Medan” : Semua Kru Tewas Kaku, Mata Melotot, Dengan Muka Ketakutan!

Misteri Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines Jurusan KL – Beijing

Inilah Penyebab Jatuhnya Lion Air di Bali

Misteri Jatuhnya AirAsia QZ 8501 Rute Surabaya-Singapura

Misteri Jejak Kapal Selam U-Boat Nazi di Indonesia

Kapal Selam Zaman PD-II Milik Belanda Ditemukan di Perairan Kalimantan Setelah Hilang 70 Tahun

Sejarah Bisu: USS Liberty, Kapal Perang AS Yang Dibombardir Israel, 34 Tewas Ratusan Luka

Inilah Bangkai Kapal “San Jose” Dengan Harta Karun Senilai Rp. 13 Trilyun!

Misteri Tenggelamnya Kapal Titanic Karena di Sabotase!

Ada Ratusan Ton Harta Karun Kapal Karam Seantero Indonesia!

[True Story] Andrea Gail, Kapal Nelayan Yang Karam di Film “The Perfect Storm”

[GALLERY & VIDEO ISTIMEWA] PENERBANGAN SUKHOI KE-2: Sebelum Jatuh di Gunung Salak

Misteri Gunung Salak Dan Beberapa Kecelakaan Pesawat

Flashback: Dikala Kremlin Heboh, Pilot Bocah Tembus Udara Soviet Tahun 1987

Diduga Tabrak UFO: Hidung Pesawat Air China Penyok di Ketinggian 8 Km!

Pilot Airbus saksikan UFO di atas Heathrow Inggris

Pilot Russia dengar Bahasa Alien, lapor ke petugas Air Traffic Control

Misteri Tragedi Bintaro 1987: Kecelakaan Kereta Api Terdahsyat di Indonesia

[True Story] Andrea Gail, Kapal Nelayan Yang Karam di Film “The Perfect Storm”

Pecahkah Rekor, Inilah Pria Yang Hanyut di Pasifik Selama 16 Bulan!


Misteri Segitiga Masalembo, Segitiga Bermudanya Indonesia

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Misteri Indonesia, Supernatural dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

41 Balasan ke Misteri Segitiga Masalembo, Segitiga Bermudanya Indonesia

  1. zacky gates berkata:

    ih mengerikan ya… ternyata mitos segitiga bermuda di indonesia itu bnar adanya. tetap harus waspada ketika melintasi daerah tsb…

  2. joni berkata:

    broo gambarnya gak bisa di buka.

  3. Fas berkata:

    wah.. kampung halaman saya tuh.. masalembo..

  4. tajuel berkata:

    iiiii bneran mngrikan tentang sgi tga brmuda d mslmbu y…

  5. Hairul Anuar Bin Md Yusof berkata:

    Kapal Tampomas II ditimbulkan semula oleh Wak Rindu menggunakan benang saja…

  6. anggie berkata:

    wach serem jua ea…
    ihc jdhie tkut nech naecx kpal…

  7. spirit berkata:

    di segitiga masalembo ditemukan jenazah, tapi di segitiga bermuda tidak.

  8. A.F.I. berkata:

    “Akan tetapi hal-hal mistik di Indonesia sangatlah kuat, sehingga orang awam mempercayai akan hal tersebut. Salah contoh adalah kecelakaan pesawat komersil Sukhoi pada saat yang lalu.”

  9. triska berkata:

    bingung…

  10. beiy berkata:

    oh bgtu pnjlasanya. .

  11. Dinda berkata:

    Ngeri bner kaka … hiiiiiiii

  12. rifkyslank berkata:

    takdir berkata, perisaimu tiada guna.

  13. rara juli berkata:

    makasih untuk infonya…

  14. Septian Hidayah berkata:

    Di Perairan Masalembo Saat Terjadinya Kecelakaan Kapal Laut Terbesar Kapal TampomasII Banyak Misteri Misteri Yang Muncul Seperti Suara Minta Tolong Dan Ada Juga Yang Minta Di Selamatkan, Saya Mendengar Cerita Ini Menjadi Merinding…

  15. Firman riyadi berkata:

    Parah bgt ni pulau masalembo sampe sekarang pesawat adam air blm juga di temukan.

  16. ciska berkata:

    mengeriikan bangeth…kita hrus brdoa kalau mau naik kapal berartii…allah clalu mlindungii qta..

  17. Cah Bogor berkata:

    Ciyuss…. Mi Apa ?????

  18. @NizamDragneel berkata:

    izin copas buat tgas skolah min..

  19. Sulist berkata:

    Sy kok percaya ada kekuatan negatif di sekitar Masalembo, bkn bermaksud menakut2ti, krn The Greatest Almighty Allah SWT adalah kekuatan Adi Kodrati yg tdk terkalahkan.

    Terlepas dr uraian berdasar Iptek di atas, atw mungkin justru saling melengkapi, atw bisa jg mahluk2 tsb piawai memanfaatkan kondisi gejala alam/ anomali cuaca, arus samudra, elektromagnetik yg secara alami diciptakan Tuhan di area tersebut utk tujuan2 negatif.

    Bbrp bulan setelah jatuhnya Adam Air, kami tdk habis pikir, krn mustahil secara logika bangkai pesawat atau korban sm sekali tdk diketemukan dan terdeteksi oleh alat pencari tim SAR. Nah krn keganjilan ini kami iseng2 menanyakan kpd seorang sholeh yg sangat Zuhud di daerah Jateng peristiwa tsb, menceritakan kpd Beliau. Tp dugaan kami salah, krn Beliau ternyata udh tahu dr TV beritanya, tp tdk mengetahui kl daerah tsb adalah segitiga bermuda Indonesia. Setelah diskusi panjang akhirnya beliau dgn berkesimpulan ada energi negatif yg ikut bermain. Singkat cerita dgn Ridho Allah SWT, Beliau berkomunikasi dgn Raja/Penguasa Tertinggi dimensi Ghaib d daerah.. Masalembo utk melepaskan pesawat Adam Air agar muncul ke permukaan dan kotak hitamnya segera ditemukan.

    Menurut Beliau pesawat setelah jatuh dipegangi Jin2 Kafir murid2 Iblis dan Dajjal, dtenggelamkan ke dasar samudera, ditutupi energi yg mereka miliki agar tdk terdeteksi manusia. Bertepatan dgn komunikasi tsb, entah krn kebetulan atw memang perantara Beliau melalui Ridho-Nya, doa keluarga korban, salah satu bagian pesawat muncul ke permukaan, kmudian Kotak Hitamnya menyusul.

    Pelajaran berharga dr peristiwa ini sangat banyak, seperti kasus Sukhoi yg nabrak tebing gunung salak jg ada keterlibatan penguasa dimensi ghaib kawasan tersebut. Sebagai mahluk paling mulia yg Allah SWT ciptakan utk memakmurkan bumi, menjadi khalifah, Manusia saat ini sebagian besar menyepelekan peranan Tuhan YME sebagai penciptanya, menganggap remeh norma2 ajaran suci dan luhur agama utk dijadikan komoditas politik dan ekonomi, lupa, enggan utk sekedar berdoa dgn khusyu sebelum melakukan aktifitas, lebih senang Chatting, dengar musik via headphone dll. Inilah kesalahan terbesar manusia sekarang yg akhirnya dimanfaatkan mahluk2 dimensi lain utk menggangu. Ada sebab dan akibatnya, saling terkait, tdk serta merta jatuh, menabrak gunung dll.

    Profesi2 Pilot, Masinis, Nahkoda hingga Presiden, Wapres, Ketua DPR, Lembaga Tinggi Negara lain sampai kepala keluarga adalah yg paling bertanggung jawab terhadap penumpang, konstituen, lapisan masyarakat hingga anggota keluarga kita. Di tangan2 mrk keselamatan awal sebuah perjalanan dipikul, tentunya faktor2 tekhnik dan kelayakan armada mutlak hrs fit dan proper. Sama spt Presiden, Wapres, Pimpinan Lembaga Negara, para pejabat adalah representasi sebagian besar rakyat yg dipimpinnya. Kl rakyatnya sj udh jauh dr Tuhan, doyan terima uang sogokan, menafikan norma2 agamanya, hedonis dll, akibatnya Tuhan YME, memberikan para pemimpin di semua level pemerintah & swasta spt sekarang, tdk amanah dan mencintai rakyatnya serta korup.

    Semoga jd perenungan qta sema utk kembali kpd kesantunan, bertobat kembali ke jalan yg benar, agar azab-Nya dijauhkan dr Bumi Nusantara, insya Allah.

    • rizky mahardiansyah berkata:

      Itu dukun bukan orang zuhud
      lu nyuruh tobat ma orang, tapi lu sendiri percaya perkataan dukun Dan bahkan membenarkannya 😅
      Ampun deh ah ah ah

  20. Roma irama berkata:

    Menurut saya emang karna alam saja, klau mistik atau jin atau apa ja yg berbauh mistik hanya khayalan belaka

  21. deoreiki berkata:

    wah mengerikan juga daerahnya….

  22. Herman berkata:

    Wah ternyata di Indonesia ada juga segitiga bermuda nya..
    Menurutku daerah khusus ini sebaiknya ditiadakan untuk kegiatan pelayaran dan penerbangan karena berbahaya.

  23. septia beryllu cieunyuvirgo berkata:

    mank macie misteri. pa lagi lw nginget film terdampar, yg menceritakan ttg segitiga masalambo yg ending a kiamat….
    huuu….Merinding uga….

  24. Jj berkata:

    Bukan gaib tapi ada tangan kotor dibalik musibah ini..

  25. koplak berkata:

    Bila kita menganggap sesuatu itu berbahaya maka akan bahaya yang dirasakan ,P Masalembo sudah ada sedari dulunya ,berita berita yang mengerikan tidak pernah didengar .yah alasan klasik dikarenakan media berita belum secanggih sekarang oleh karena itu berita tsb tidak pernah menghantui khalayak.Nah sekarang semakin banyak yang tahu dengan alasan alasan yang super canggih mengatakan bahwa Perairan tsb sering memakan korban ,bahkan ada vidionya bagaimana ganasnya pergerakan laut….otomatis alam bawah sadar pembaca (bak hipnosis) mempercayai mengakui kebenaran sehingga halusinasi oleh alam bawah sadar kita mengikat kesituasi seperti itu dan bila nantinya kita kebetulan berada di lokasi dimaksud dan alam bawah sadar kita melepas ingatannya tentang kengerian yang akan ditimbulkan ditempat tsb maka akan terjadilah apa yang kita takutkan kepapa kok bisa ? tanya pada master hipnotis

  26. Ic Jfr ID berkata:

    Ambil Hikmahnya saja …
    Apapun yang terjadi itu sudah kehendak sang Khaliq …

  27. jarot berkata:

    Bentar lagi diceritain dalam format serial nih di NET TV
    Nonton ya!

  28. hasdon berkata:

    Ass wr wb. Saya sudah dua kali melewati segitiga Bermuda dan waktu itu saya sendiri yang menarik (sengaja memotong segitiga Bermuda) garis haluan kapal saya. Juga kami seringkali ‘memotong’ melayari segitiga Masalembo…tapi alhamdulillah selamat karena Allah SWT. Pesan saya jangan terlalu percaya sama master hipnotis. Saya setuju pendapat mister Koplak. Di dunia ini, kalau Allah SWT menghendaki, dimana saja bisa berlaku kehendak-Nya, tidak ada yang bisa menolak. Pesawat Adam Air, jatuhnya juga bukan di segitiga Masalembo, tapi agak ke utara di selat Makasar. Lalu kalau mau berdakwah, jangan terus menyalahkan bahkan suudzan kepada seseorang misalnya Pilot, Nakhoda, dst… boleh jadi penumpang yang dibawanya pun kebetulan yang banyak dosanya, sehingga harus ditenggelamkan.. yah panjang ceritanya kalau sdh begini… Jadi yang penting, kita tetap hati-hati dan tetap berdoa kepada Allah SWT, dimanapun dan kapanpun. Wasallam wr wb.

  29. Danil handoko berkata:

    Sudah ditayangkan bro

  30. Syifa Hanan berkata:

    ternyata serem bgt yah ,, trs penasaran mau nonton masalembo lagi nanti malam jam set 10 di net ..

  31. Raihani Naswah Nurvan berkata:

    Sungguh menyeramkan tentang masalembo
    Apakah misterinya nelum terpecahkan?

  32. 04072005 berkata:

    Di bumi ini ada 3 jenis segitiga 1 segitiga bermuda 2 segitiga formosa 3segitiga masalembo
    ketiga segitiga itu masih misteri dan manusia manapun belum tau bagaimana bisa ada segitiga bermuda

  33. antho ny berkata:

    Terima kasih atas informasinya.

  34. Wahyu berkata:

    Bagus.
    Analisa yang cukup jeli.
    Terimakasih informasinya

  35. agungindra353@gmail.com berkata:

    iye gan ngeri amat yak.. moga aja selalu diber keselamatan

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.