Wow! Ternyata Indonesia Miliki Cadangan Uranium 70.000 Ton!!

uranium di Indonesia bannerWow! Ternyata Indonesia Miliki Cadangan Uranium Sebanyak 70.000 Ton!!

Uranium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92. Sebuah logam berat, beracun, berwarna putih keperakan dan radioaktif alami, uranium termasuk ke actinide series (seri aktinida). Isotopnya digunakan sebagai bahan bakar reaktor nuklir dan senjata nuklir. Uranium biasanya terdapat dalam jumlah kecil di bebatuan, tanah, air, tumbuhan, dan hewan (termasuk manusia).

https://i0.wp.com/www.australianuranium.com.au/images/radioactive.jpg

https://i2.wp.com/blogs-cdn.fas.org/sciencewonk/wp-content/uploads/sites/5/2012/08/thorium.jpghttps://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/2e/Uranium.svg/220px-Uranium.svg.pngBadan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) memperkirakan terdapat cadangan 70 ribu ton Uranium dan 117 ribu ton Thorium yang tersebar di sejumlah lokasi di Indonesia, yang bisa bermanfaat sebagai energi alternatif di masa depan!

“Untuk Uranium potensinya dari berbagai kategori, ada yang dengan kategori terukur, tereka, teridentifikasi dan kategori hipotesis, sedangkan Thorium baru kategori hipotesis belum sampai terukur,” kata Direktur Pusat Pengembangan Geologi Nuklir Batan Agus Sumaryanto di sela peluncuran Peta Radiasi dan Radioaktivitas Lingkungan di Jakarta.

Sebagian besar cadangan Uranium kebanyakan berada di Kalimantan Barat, sebagian lagi ada di Papua, Bangka Belitung dan Sulawesi Barat, sedangkan Thorium kebanyakan di Babel dan sebagian di Kalbar.

Menarik Perhatian Pihak Asing

Perusahaan dari Amerika Serikat, Rusia, Prancis dan Cina serta negara-negara besar lainnya telah mengincar uranium yang demikian potensial di Indonesia.

PT Freeport Indonesia diberitakan menggali, memproduksi dan mengeskpor bahan uranium secara diam-diam  tanpa melaporkannya kepada pemerintah (ANTARA, 17 Juli 2011).

Freeport Indonesia, anak usaha Freeport McMoran, adalah perusahaan tambang yang beroperasi di Papua sejak tahun 1964, dan hanya diizinkan menambang emas, tembaga, dan tidak diizinkan menambang uranium.

Namun anehnya, DPRD Timika bukannya mendukung pengusutan dan penyelidikan itu, namun justru meragukan laporan tersebut dan menganggapnya tak benar. Kalangan DPRD Mimika, Papua menyatakan tidak yakin PT Freeport Indonesia (PTFI) secara diam-diam memproduksi uranium, demikian Wakil Ketua I DPRD Mimika, Pieter Yan Magal di Timika, ibukota Kabupaten Mimika, Rabu.

“Saya berpendapat, hal itu merupakan sesuatu yang tidak mungkin, kami tidak yakin kalau Freeport juga memproduksi uranium.Itu hanya dugaan yang tidak mendasar dan tidak punya bukti kredibel,” katanya. (sumber antara). Dengan tak didukungnya suatu penelitian mendalam oleh DPRD justru menimbulkan pertanyaan, ada permainankah dibalik ini semua?

http://upload..org/wikipedia/commons/0/0b/Pichblende.jpg

Uraninite, also known as pitchblende, is the most common ore mined to extract uranium. (wikimedia)

Oleh sebab itu, pemerintah harus hati-hati memberikan izin tambang. Untuk  mengolah uranium dari kandungan bumi Nusantara, pemerintah jangan sampai gegabah ketika merencanakan untuk  menggali dan mengelola  sumber energi tersebut, dan biasanya diserahkan kepada investor.

Di bukit desa Takandeang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, misalnya terdapat potensi mineral  radio aktif  antara 2.000 dan 3.000 nsw per jam.

Sedangkan pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Papua memiliki kandungan uranium yang jumlahnya cukup menggantikan bahan minyak dan gas yang kian menipis.

Kajian terakhir dilakukan di Mamuju, Sulbar, dimana deteksi pendahuluan menyebut kadar Uranium di lokasi tersebut berkisar antara 100-1.500 ppm (part per milion) dan Thorium antara 400-1.800 ppm.

Radio Aktif Tertinggi di Indonesia Namun Tak Berbahaya

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) telah melakukan penelitian atas kandungan uranium di Kabupaten Mamuju seperti di desa Takandeang, Kecamatan Tapalang, juga di desa Belang Belang, Kecamatan Kalukku, sekitar 30 kilometer dari kota Mamuju dan di Kecamatan Tobadak sekitar 100 kilometer dari kota Mamuju.

Berdasarkan hasil penelitian tambang di Mamuju, potensi uranium yang ditemukan dianggap tidak berbahaya. Sifat uranium itu hanya sebagai bahan baku untuk membangkitkan tenaga nuklir. Sehingga ia meminta Bepeten segera meneliti titik potensi kandungan uranium di Kecamatan Kalukku dan Kecamatan Tobadak itu.

Deputi Bidang Pengkajian Keselamatan Nuklir Bapeten Dr Khoirul Huda mengatakan, Bepeten sementara sedang melakukan penelitian potensi uranium di Mamuju yang diperkirakan memiliki kandungan uranium sangat tinggi sehingga dilakukan penelitian lebih mendalam.

“Hasil penelitian yang telah kami lakukan menyimpulkan Mamuju adalah daerah tertinggi radio aktifnya di Indonesia. Ini menunjukan ada potensi uranium di daerah Mamuju,” ujarnya.

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/id/e/eb/Peta_Sulawesi_Barat.jpg

Provinsi Sulawesi Barat

Ia mengatakan, potensi paling tinggi di Mamuju ditemukan di wilayah bukit Desa Takandeang, Kecamatan Tapalang, sekitar 40 kilometer dari Kota Mamuju, tinggi radioaktivitas di desa tersebut berkisar antara 2.000-3.000 nsw per jam.

Ia mengingatkan agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut, karena ada beberapa pendekatan yang akan dilakukan dengan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah sebagai solusi yang harus ditindaklanjuti.

Pemerintah daerah harus membuat perencanaan infrastruktur yang memungkinkan agar bisa menghindari radioaktif yang tinggi. Umumnya jika radioaktif tinggi maka berpotensi adanya kandungan uranium. Ini juga menandakan pasti ada sesuatu kandungan yang berharga di dalamnya,” katanya.

Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta, MS dan Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional Prof. Dr. Djarot S Wisnubroto mengunjungi Sintang Kalimantan Barat, pada awal Mei 2013 lalu guna meninjau potensi uranium di Kabupaten Melawi Kalimantan Barat.

Kami mengajak kepala BATAN untuk melihat langsung potensi uranium di Kabupaten Melawi,” kata Menristek. Uranium  merupakan bahan penting untuk membangun PLTN, dan pihaknya melihat langsung perkembangan uranium di Melawi, di Belitung sudah lama sedangkan di Melawi itu masih dalam bentuk Eksplorasi saja.

Potensi uranium di Kabupaten Melawi terbesar di Indonesia dan sudah dilakukan ekplorasi sejak tahun 1974. Rencana pendirian PLTN di Kalimantan Barat sebagai daerah yang aman dari gempa dan tsunami, pemerintah tengah mencari lokasi  PLTN di daerah yang potensi tsunami dan gempanya rendah.

Prancis menggelapkan data uranium?

Sementara itu, Prancis memiliki banyak data tentang kandungan uranium Kalimantan Barat. Pihak Amerika Serikat pun mengincar potensi tambang uranium di daerah ini. Menurut mantan Chief Le Sondage (Kepala Bidang Pengeboran) eksplorasi uranium Nanga Pinoh/Nanga Ella & Nanga Kalan di Commessariats L’Energi Le Anatomique (Badan Tenaga Atom Prancis), Sunarjo M BSc, Prancis waktu itu menggandeng BATAN saat melakukan penelitian.

Menurut Sunarjo, eksplorasi dimulai pada dekade tahun 60-an. Kegiatannya merambah hingga Kapuas Hulu, Landak dan Sanggau.

https://i0.wp.com/www.mm-industri.com/content/media/2013/05/130523-04c.jpgSekitar tahun 1970-an eksplorasi memasuki wilayah Nangga Pinoh. Hingga sekarang, eksplorasi uranium di Kalimantan Barat belum melangkah ke tahap lanjutan.

Membuka tambang uranium tak bisa sembarangan. Bukan seperti tambang biasa. Debu kandungan uranium itu saja tak boleh bertiup ke luar areal pertambangan. Dampak lingkungannya luar biasa.

Indonesia bisa kecolongan data mengenai potensi uranium Kalimantan Barat yang mungkin pada waktu itu banyak digelapkan oleh pihak Prancis.

Sedangkan pakar ekonomi Universitas Hasanuddin di  Makassar,  Sulawesi Selatan,  Syarkawi Rauf pernah mengatakan,  kandungan uranium di Mamuju itu mempunyai potensi terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, Rauf meminta agar  pemerintah mengelola tambang uranium itu dengan baik untuk mencapai kemakmuran rakyat, dan jangan sampai hanya menguntungkan pihak asing.

Uranium bukan hanya untuk menghasilkan tenaga nuklir—misalnya guna kepentingan pertahanan. Bahan uranium dapat dimanfaatkan untuk menambah sumber ekonomi seperti Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang mendukung pasokan sumber tenaga  listrik.

Beberapa daerah yang memiliki potensi uranium adalah Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua – bahkan Freeport pernah menemukan bahan uranium di daerah tambang emas.

Laju Dosis Radiasi Gamma Tercepat

Kecamatan Singkep, Kabupaten Mamuju juga menjadi kawasan yang laju dosis radiasi gamma-nya tercepat di Indonesia dibanding rata-rata nilai laju dosis radiasi Gamma di Indonesia yang 46 nSv per jam, kata Direktur Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi Batan, Susilo Widodo.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyusun Peta Radiasi dan Radioaktivitas Lingkungan sebagai data dasar, sehingga kalau ada kenaikan radiasi yang disebabkan faktor bukan alami misalnya radiasi hasil lepasan industri atau kecelakaan nuklir, bisa diketahui dengan cepat.

The mushroom cloud over Hiroshima after the dropping of the uranium-based atomic bomb nicknamed 'Little Boy'

The mushroom cloud over Hiroshima after the dropping of the uranium-based atomic bomb nicknamed ‘Little Boy’

Susilo mengatakan, saat terjadi kecelakaan reaktor nuklir Fukushima misalnya, pihaknya tidak mendeteksi adanya radiasi nuklir yang masuk ke wilayah Indonesia.

“Secara alamiah, radiasi nuklir dari Jepang di utara sulit menyebrang ke kawasan katulistiwa. Justru jika dilihat dari posisi dan arah angin potensi radiasi dari Jepang akan masuk lebih dulu ke Amerika Serikat dan terakhir China,” katanya.

Peta ini, ujarnya, juga penting untuk mengkaji efek kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di daerah radiasi tinggi serta indikasi bahan tambang seperti Uranium, Thorium dan mineral sejenisnya.

Peta tingkat radiasi dan radioaktivitas lingkungan di Indonesia ini, urainya, terdiri dari lima peta, yakni peta laju dosis radiasi gamma lingkungan dan peta tingkat konsentrasi radionuklida alam Thorium-228, Thorium-232, Radon-226, dan Kalium-40 dalam sampel permukaan.

Batan juga meluncurkan URL monitor radiasi lingkungan kawasan reaktor nuklir Serpong dimana telah dipasang lima monitor gamma di kawasan itu selama 2012-2013 dan meluncurkan “GPS tracking” untuk transportasi limbah di Indonesia.

Namun diluar itu semua, langkah paling awal yang diharapkan dari pemerintah Indonesia adalah melindungi tiap aset bumi dan laut di Indonesia dari tangan-tangan asing yang tak pernah memakmurkan rakyatnya!

Jangan lagi kita kecolongan dengan perjanjian-perjanjian tambang sebelumnya yang selalu dibuat oleh manusia yang mengaku warga negara Indonesia, namun memilik mentalitas antek dan budak asing, juga para konglomerat dengan kualitas sosial rendah, yang selalu menjual dan menguntungkan pihak asing. (AntaraNews / D009/Z003/Editor: B Kunto Wibisono/COPYRIGHT © 2013 / mm-industri.com / tender-indonesia.com,  KOMPAS, berbagai sumber)

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/1a/Uranium_production_world.PNG/640px-Uranium_production_world.PNG

World largest Uranium mines in 2005. Tampak wilayah Indonesia belum ada penambangan.

Artikel Lainnya:

Konspirasi JF. Kennedy, Sukarno, Suharto, CIA dan Freeport

Ketika Amerika Serikat Tunduk Kepada Indonesia

Prabowo Tegaskan Ada Kekuatan Dunia Ingin Lemahkan Indonesia

Setelah Libya, Target AS Selanjutnya Adalah: Papua

Pengaruh CIA di Indonesia

Ratna Sari Dewi: Wafat Bung Karno Tahun 1970 Sengaja Diatur!

Kontroversi Menkes Endang Rahayu, NAMRU dan Bisnis AS di Indonesia

Menguak Konspirasi Jahat AS Terhadap Indonesia, Tentang Virus Flu Burung (H5N1)

Konspirasi: “Mystery of The National Treasures of Indonesian Kingdoms”

Gila! HAARP Senjata Canggih, Mengatur Pikiran, Gempa dan Iklim Dunia! Termasuk Gempa dan Tsunami di Indonesia!

Misteri Monas: Wanita Di Obor Api Tugu Monas Jakarta, Nyi Roro Kidul?

Adolf Hitler Masuk Islam dan Mati di Indonesia

Novel Heboh: “The Jacatra Secret” Misteri Satanic Symbols di Jakarta

Dahulu, wilayah bangsa Indonesia pernah menguasai lebih 2/3 Muka Bumi!

Artikel ini juga di forward oleh forum viva.co.id dan forum kaskus.co.id

*****

http://wp.me/p1jIGd-3jf

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Konspirasi Indonesia. Tandai permalink.

11 Balasan ke Wow! Ternyata Indonesia Miliki Cadangan Uranium 70.000 Ton!!

  1. keenan berkata:

    klo udh ky bgni kita harus hati2 dan siap2..
    bukan tidak mungkin 10 atau 20 thn lg negara barat dan sekutunya nanti bakal menuduh kita sebagai negara teroris kemudian dengan alasan itu merka meng-intervensi pemerintahan negera ini dan ky yang udh2..
    abis negara diobok2 ntar kekayaan alam kita dijarah deh..
    harus dikuatin militer demi menjaga ketahanan negara dan butuh pemimpin yg pinter berdiplomasi seperti bung Karno

  2. Uranium dpt mnjdi Sumber Energi masa dpn & perlu diexplorasi, dikelola secara aman & semaks.mungkin dispg energi yg sdh ada seperti Minyak bumi, gas & batu bara …. HATI2 bekerjasama dgn negara2 yg menggunakan Uranium sbg senjata nuklir terutama kepentingan AS yg menerapkan standar gandanya terhadap negara lain! mereka pasti akan menggunakan berbagai cara utk memaksa RI mendptkan kekayaan Uranium (spt Freeportnya), oleh krnnya kita perlu Swasembada Energi yg Terintegrasi …. bila tidak sebaiknya Stop kerjasama Energi & Pertambangan dg negara pro Nuklir, tp gunakan saja energi yg sdh ada s/d kita benar2 siap mandiri!

  3. yayan berkata:

    sudah cukup yang lain dimiliki asing. untuk yang ini jangan sampai dimiliki asing

  4. Mentari Pagi berkata:

    sedikit sekali pembahasan tentang kandungan uranium di Indonesia, padahal tambang uranium di kalbar sudah beroperasi dengan skala penuh

  5. supri berkata:

    JANGAN SELALU DIBOHONGI OLEH BANGSA BARAT BERDALIH MENCARI KEUNTUNGAN UNTUK BANGSA KITA, TERNYATA BANGSA SENDIRI YANG MENJAJAH UNTUK KEPENTINGAN PRIDADI

  6. abayranau berkata:

    ya iya lah…ini tanah kita,warisan nenek moyang kita ,knp kita gak bisa englolahny dimn para ilmuan,para ahli,prof,negri ini…..trs kl udah bgtu ‘mau di bawak kmna hubungan kita’

  7. dandi berkata:

    kalo bisa sih kelola sendiri ya.

  8. aris berkata:

    kalau sampai kayak freeport wah keterlaluan…
    bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai negara guna
    KEMAKMURAN RAKYAT yang sebesar-besarnya….itu amanat UUD 45

  9. The cruel berkata:

    saat untuk bilang sempoah,,,,,, manfaatkan Uranium dan Thorium untuk kemajuan and kemakmuran bangsa,… jangan mau di rampok ma bangsa lain, yang bisa menekan hidup kita bikin malu saja,,,,

  10. OYES berkata:

    PALING CUMA DIBERI AMPASNYA DOANG !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s