[FOTO & VIDEO] Makhluk “Yeti” Ini Terekam Kamera di Russia

Yeti in russia header

[FOTO & VIDEO] Makhluk Yang Diduga “Yeti” Ini Terekam Kamera di Russia

Menurut beberapa warga dan peneliti Russia, mereka mengklaim telah merekam pada sebuah kamera, sebuah sosok tinggi hitam yang diyakini sebagai “Yeti” yang sedang berjalan di pepohonan saat hujan salju. Sejauh ini, makhluk itu masih misterius di dunia sains. Oleh karenanya, mirip monster Loch-Ness atau Orang Pendek  di Indonesia, ia masuk kategori hewan cryptid atau cryptozoology yang berarti makhluk atau hewan yang keberadaannya belum terbukti.

Ia diduga adalah sejenis primata besar yang menyerupai manusia yang menghuni wilayah pegunungan Himalaya di Nepal dan Tibet. Ia juga merupakan bagian dari kisah sejarah dan mitologi mereka. Yeti berasal dari bahasa Nepal yang artinya “manusia gunung”, namun sering juga disebut Meh-Teh oleh penduduk lokal, atau dikenal pula sebagai “Manusia Salju” atau  Manusia Salju Menakutkan (Abominable Snowman).

Orang-orang Nepal juga menyebutnya Bonmanche yang berarti “manusia liar” atau “Kanchanjunga rachyyas” yang berarti “Iblis Kanchanjunga.” Di Amerika ia sering disebut sebagai Sasquatch atau Bigfoot. Penampakannya lebih banyak dilihat oleh penduduk lokal tanpa menggunakan alat perekam. Satu-satunya foto yang diduga Yeti pernah dirilis penampakannya di hutan Amerika.

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/da/B5bugerbear.jpg

Sosok Yeti yang digambar oleh ilustrator (wikipedia)

Namun yang terbaru diawal tahun 2015 ini terlihat di Russia. Pada kamera, tampak makhluk misterius itu sedang mengalami kesulitan karena terhalang dan tersandung ketika melalui area pepohonan dengan ranting-rantingnya yang banyak di sebuah hutan bersalju tebal di Russia.

Para peneliti yang akhirnya datang ke tempat penampakan itu bahkan telah meneliti dan mengambil contoh jejak kaki makhluk yang masih misterius itu. Pada rekaman di video itu terlihat sosok makhluk tersebut ditutupi oleh rambut-rambut berwarna gelap, yang warnanya mirip beruang.

Ia muncul dari daerah pepohonan yang sedang meranggas atau gundul, akibat musim dingin yang bersalju tebal di hutan Russia. Makhluk yang berbulu mirip beruang itu berada di depan kamera hanya beberapa detik sebelum akhirnya menghilang masuk ke dalam hutan.

Makhluk itu terlihat di negara bagian Russia, Republik Adygeya yang berada dibagian baratdaya Russia. Para tim peneliti Russia percaya bahwa mereka telah menangkap rekaman Yeti yang asli, makhluk yang selama ini sulit sekali untuk difoto, ditemukan jejaknya apalagi difilmkan.

Namun masyarakat lainnya tetap mempertanyakan keaslian dari video itu dan mengatakan bahwa rekaman itu hanyalah sebuah aksi untuk membawa daya tarik pariwisata ke daerah tersebut. Para peneliti mengatakan bahwa mereka juga telah menanyakan ke sejumlah warga di pondok-pondok gunung yang mengaku juga telah melihat makhluk itu.

Yeti in russia 01

The group claim they heard the crunching of snow as they headed out to investigate before capturing footage of the creature, which they describe as covered in hair.

Para peneliti juga telah berbicara kepada penduduk lainnya di daerah sekitar dan berhasil mengklarifikasi beberapa laporan penampakan yang independen. Sebuah kelompok warga mengklaim bahwa mereka telah mendengar derak-derak langkah diatas salju. Lalu mereka menuju keluar pondok untuk menyelidikinya namun tak mengambil alat rekam. Mereka gambarkan bahwa makhluk itu ditutupi rambut-rambut tebal.

Atas kejadian ini, para peneliti mengambil contoh atau sample dari jejak kaki besar itu dengan gips yang telah mereka temukan dihamparan salju tempat Yeti itu tadinya berjalan.

Seorang saksi mata, Ludmila Hristoforova yang berbicara kepada televisi setempat mengatakan: Makhluknya besar, tampak seperti beruang, tapi bukan beruang. Dari pintu kita bisa melihat sesuatu yang besar dan berbulu.

Yeti in america amerika USA 01

Penampakan Yeti paling terkenal di dunia ini berasal dari Amerika, disana disebut sebagai Sasquatch atau Bigfoot.

Sedangkan seorang saksi mata pemilik salah satu pondok, Andrei Kazarian berkata:

“Aku mendengar langkah kaki dan kami cukup yakin tidak ada orang lain di sekitar sini karena kami tahu pasti orang-orang lain sedang berada di dalam rumah. Meskipun kita tidak melihat siapa pun tapi kita melihat jejak-jejak kaki yang besar dengan kedalaman 5-6 cm dan tidak mungkin berasal dari kaki manusia.

Peneliti telah mengambil contoh dari jejak-jejak kaki yang besar dan misterius itu dengan menggunakan gips dan beratnya ada yang sekitar 200 kg karena ada jejak-jejak kaki yang sangat dalam karena menekan salju yang tebal.

Kini, contoh gips dan rekaman video telah diserahkan kepada para ilmuwan lokal dan dilihat kepada dewan lokal pada akhir bulan J.

Rekaman itu telah memicu perdebatan dan beberapa diantaranya menunjukkan bahwa semua itu hanya aksi untuk mendatangkan banyak pengunjung ke darah itu. Sementara yang lainnya yakin bahwa video tersebut adalah asli dan ini adalah bukti pertama, bahwa makhluk misterius Yeti ada di daerah itu.

Berawal tahun 1951

Sementara itu menurut Profesor Bryan Sykes dari Universitas Oxford Inggris, memiliki pertanyaan tentang keberadaan Yeti, yaitu “Apakah di balik mitos ini, yeti sebenarnya binatang? Saya rasa beruang ini belum pernah dilihat orang yang mungkin masih ada dan ada persamaan dengan beruang salju.”

“Binatang itu mungkin campuran dan bila gerak-gerik hewan ini berbeda dengan beruang biasa, seperti yang dilaporkan para saksi mata, saya rasa dari sinilah sumber misteri dan sumber legenda (yeti),” kata profesor Sykes, peneliti genetika manusia.

Yeti in nepal 01

Foto jejak misterius yang pernah dicetak tahun 1951 oleh Shipton Print Photograph yang menunjukkan jejak kaki dari Makhluk Salju atau Abominable Snowman (Shipton Print Photograph)

Foto jejak ‘Yeti’ atau sering disebut Kaki Besar atau Bigfoot, diambil oleh pendaki Inggris Eric Shipton di kaki Everest pada tahun 1951. Pendaki legendaris Reinhold Messner, yang menjadi pendaki pertama Everest tanpa oksigen, mempelajari yeti sejak ia melihat makhluk misterius itu di Tibet tahun 1986.

Temuan Messner mendukung teori profesor Sykes. Ia menemukan gambar di manuskrip Tibet yang berusia 300 tahun yang menyebutkan “chemo” sebutan lokal untuk yeti, dengan keterangan, “Yeti adalah jenis beruang yang hidup di kawasan pegunungan.”

Profesor Sykes menambahkan, “Mereka yang antusias dengan si kaki besar ini menduga mereka disanggah melalui sains. Sains tidak menerima atau menyanggah apapun, yang dilakukan adalah memeriksa bukti dan itulah yang saya lakukan.”

Profesor Bryan Sykes sebagai salah seorang peneliti, mengatakan mereka mengumpulkan contoh DNA dari bulu dua binatang yang ditemukan di Ladakh, Himalaya Barat serta dari Bhutan.

Profesor Sykes mengatakan DNA yang mereka teliti 100% sama dengan sampel beruang purbakala dari kawasan Svalbard Norwegia, yang diduga hidup 40.000 tahun lalu atau bahkan 120.000 tahun lalu – masa saat beruang kutub dan beruang coklat terpisah sebagai spesies berbeda. Sykes mengatakan binatang yang ditemukan itu kemungkinan adalah campuran antara dua beruang itu.

Para ilmuwan Oxford menguji sampel mahkluk berbentuk yeti di pegunungan Himalaya. Uji coba menunjukkan kesamaan genetis dengan beruang salju dari Norwegia. Dengan temuan ini, para peneliti mengatakan kemungkinan ada subspesies beruang coklat di pegunungan Himalaya yang selama ini dianggap sebagai mahkluk mistis.

Studi DNA terbaru membuktikan bahwa makhluk semacam Yeti adalah nyata dan ilmuwan Oxford mempersiapkan ekspedisi untuk menemukannya

Yeti in russia 07

Sosok makhluk misterius Yeti terlihat di negara bagian Russia, Republik Adygeya yang berada dibagian baratdaya Russia.

Seorang ilmuwan dari Oxford telah menemukan bukti DNA pertama di dunia yang  memverifikasi bahwa semacam “Yeti” itu ada, meskipun bentuknya tidak mengerikan seperti dalam legenda.

Dua sampel rambut yang berhasil ditemukan dan diambil dari daerah terpencil di Himalaya telah menunjukkan secara genetik 100 persen kepada sejenis beruang kutub prasejarah, seperti makhluk yang telah ada lebih sejak 40.000 tahun yang lalu.

Penemuan luar biasa ini menunjukkan keberadaan sejenis beruang misterius yang berkeliaran di pegunungan dan belum pernah terlihat sejak masa Pleistosen, yang menurut para ahli bisa jadi “dasar biologis dari legenda Yeti”.

Bryan Sykes, seorang ahli genetika dari Universitas Oxford, mengatakan bahwa penelitian itu memiliki cukup bukti untuk mulai merencanakan sebuah ekspedisi ke Himalaya untuk menangkap spesimen hidup dari beruang “Yeti” ini.

Dia mengatakan kepada NBC News bahwa studi timnya yang diterbitkan dalam edisi minggu ini dari jurnal Prosiding Of The Royal Society B, harus mendorong “penggemar Bigfoot untuk kembali ke hutan dan mendapatkan hal yang nyata.” (BBC/RT/NBC News).

Yeti in russia 02

Footage shows a ‘bear-like’ figure covered in hair emerging from an area of snow-covered trees in the south-western Adygeya Republic before disappearing again seconds late.

Yeti in russia 03

Sighting: A team of Russians believe they have captured footage of the elusive Yeti in a remote patch of woodland.

Yeti in russia 04

After capturing the creature on camera, the team claim to have taken a plaster cast of its footprint.

Yeti in russia 05

The plaster cast and the footage have now been handed to local scientists and will go to the local council by the end of the month.

Yeti in russia 06

Big foot? Some have suggested the video was just a stunt to bring in tourists while others are convinced this was the first proof that the yeti exists in the area.

VIDEO:

Yeti’ video of dark figure stumbling through woods filmed by Russian group 

Yeti mystery: Research finds genetic match of Abominable Snowman

ARTIKEL BAHASA INDONESIA PERTAMA DI INTERNET

Artikel Lainnya:

[Bukti Video Saurus] Masih Ada Cadborosaurus di Alaska?

Wow!! Mahluk Laut Aneh Terekam Dalam Video!

Ilmuwan Temukan Bukti Eksistensi Monster Laut

Tertangkap Kamera: Gelombang Misterius di Danau Loch Ness, Agustus 2013

Binatang Misterius Yang Diduga Chupacabra Tertembak di Amerika

Primata Baru Misterius: Monyet “Tak Berhidung” di Myanmar

Ditemukan: Serangga Misterius, Peneliti Buat Genus Baru

Spesies Baru: Bunglon Terkecil di Dunia, Cuma Sebesar Kuku!

Aneh! Monyet Ini Lama Punah, Lalu Ditemukan Lagi di Indonesia!

Misteri Harimau Jawa: Benarkah Sudah Punah? Peneliti Akan Membuktikan

Masih Ada Badak Sumatera di Kalimantan! Seekor Betina Tertangkap

Ditemukan, Ikan Yang Tak Punya Otak, Sirip dan Wajah!

Ditemukan Cara Kembali Hidupkan “Gajah Raksasa” Mammoth

Wew!! Amfibi Aneh, Bentuknya Mirip Alat Kelamin Pria!

Ditemukan: Bola Mata Raksasa Misterius di Pantai

8 Hewan Dengan Perilaku Paling Misterius di Dunia

Venus, Kucing Unik Dengan 2 Wajah dan 2 Warna Mata

Kucing Muka Dua Lahir Lagi, Kini di Oregon AS

Ternyata, Nenek Moyang Unta Gurun Hidupnya di Salju!

Inilah Sosok Ikan Paus Paling Langka Sejagad

Rusa Bertanduk “Unicorn” Lahir di Italia

Wow!! Ini Dia Cumi Raksasa Yang Tertangkap di Jepang

Selama Ini Disembunyikan: Misteri Kerangka Pulau Bangka

Hah? di Kupang NTT, Ada Kambing Beranak Ular?

Bangkai Misterius Terdampar di Pantai Kuching, Malaysia

Misteri Jutaan Ikan Mati Masal Secara Mendadak di Seluruh Dunia!

[PIC & VIDEO] Wow!! Paus Langka Berkepala Dua Terdampar di Meksiko

60 Tahun Hilang, Rusa Misterius Bertaring Mirip Vampir Ini Muncul Lagi di Afghanistan

[Photo] Ikan Toman Bertuliskan “Jogja” dan “DIY 02 HB IX” Muncul Saat Pelantikan Gubernur Jogja

10 Makhluk Tertua Yang Masih Hidup Hingga Kini

*****

http://wp.me/p1jIGd-63J

((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Flora Fauna Cryptozoology, Penemuan-Penemuan Misterius dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke [FOTO & VIDEO] Makhluk “Yeti” Ini Terekam Kamera di Russia

  1. adanistra berkata:

    Kali ini pembahasan mengenai cryptozoology 🙂

    Saya baru tau, ternyata Yeti yg terkenal di sekitar daerah himalaya itu makhluk yg diduga sama dengan yg ada di amerika, bigfoot. Cuma pengenalan namanya aja yaa yg beda … saya kira keduanya itu makhluk cryptozoology yg berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s