Awas! Lewat Nyamuk, Virus Zika Buat Bayi Keterbelakangan Mental Melalui Radang Otak!

medical disease headers

Awas! Lewat Nyamuk, Virus Zika (ZIKV) Membuat Bayi Keterbelakangan Mental Melalui Radang Otak, Indonesia Termasuk Dalam Wilayahnya

virus zika header

Sangat sulit untuk mendeteksi virus Zika karena gejalanya sangat umum, bahkan sering tanpa gejala apapun. Generasi manusia kian terancam. Inilah penyakit yang tak terlihat, tapi ada, menyebar perlahan, namun pasti!

“Ini adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam penelitian ilmiah dunia”, tulis Kementerian Kesehatan Brasil pada websitenya.

Demam Zika, yang disebarkan oleh virus gigitan nyamuk dari Afrika, telah menyebar ke Brasil. Demam Zika akibat Virus Zika atau Zika Virus (ZIKV) juga bertanggungjawab atas terhambatnya pertumbuhan otak janin. Untuk melihat kemungkinan kasus Zika jadi epidemi, tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengunjungi Brasil.

Nyamuk Aedes aegypti

NyamukAedes aegypti selain menyebabkan Demam Berdarah dan Chikungunya, juga sebagai penyebar Virus Zika.

Virus Zika menyebar melalui nyamuk Aedes aegypti, nyamuk penyebab banyak penyakit lainnya seperti chikungunya, demam berdarah dan penyakit kuning.

Zika terdeteksi di negara itu pada April 2015 lalu dan telah dengan cepat menyebar ke hampir 18 negara bagian.

Ruam (bercak) merah di kulit awalnya tampak tidak berbahaya karena muncul setelah demam selama beberapa hari.

Ditilik dari prevalensi geografis, sebagian besar kasus virus Zika tampak di wilayah timur laut Brasil.

Namun sekarang mereka telah menyebar ke daerah-daerah di tenggara meliputi ibu kota Rio de Janeiro dan kota besar Sao Paulo.

Mewabah di Brasil: Bayi Lahir Terkena Radang Otak “Mikrosefalus”

Dilaporkan oleh Departemen Kesehatan Brasil dengan kenaikan angka kelahiran bayi cacat. Penyakit ini juga disebut-sebut sebagai alasan adanya peningkatan kasus mikrosefalus (microcephaly).

Mikrosefalus adalah kelainan otak dengan ukuran kepala lebih kecil dari ukuran kepala rata-rata berdasarkan umur dan jenis kelamin. Kepala dikatakan lebih kecil jika ukuran lingkar kepala kurang dari 42 cm atau lebih kecil dari standar deviasi 3 dibawah angka rata-rata.

Mikrosefalus seringkali terjadi akibat kegagalan pertumbuhan otak pada kecepatan yang normal. Beberapa penyakit yang memengaruhi pertumbuhan otak dapat menyebabkan mikrosefalus dan seringkali berhubungan dengan keterbelakangan mental. Mikrosefalus dapat terjadi setelah infeksi yang menyebabkan kerusakan pada otak pada bayi yang sangat muda.

Mikrosefalus yang merupakan radang otak oleh virus Zika ini, biasanya terkena kontak dalam beberapa bulan pertama kehamilan dan telah tercatat di Brasil sebanyak 739 kasus.

Mikrosefalus telah menyebabkan bayi lahir dengan kepala abnormal-sangat kecil sehingga memengaruhi tumbuh kembang dan berisiko mengalami kematian dini. Saat ini enam negara bagian telah dinyatakan dalam keadaan darurat.

Bayi yang lahir dan telah terkena virus Zika di Brazil

Bayi yang lahir dan telah terkena virus Zika di Brazil

Tak Hanya Megancam Janin atau Bayi, Tapi Bisa Juga Orang Dewasa

Brasil telah mencatat 739 kasus penyakit ini beberapa kali dan telah pula mencatat kematian dua orang dewasa. Untuk pertama kalinya kematian orang dewasa karena virus Zika ini tercatat di dunia.

Ini adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam penelitian ilmiah dunia, tulis Kementerian Kesehatan Brasil pada websitenya.  Selanjutnya, pejabat kesehatan di negara itu mulai menyosialisasikan kepada para wanita agar sadar dan waspada akan penyakit ini.

Kementerian Kesehatan Brasil menyatakan keprihatinan atas penyebaran penyakit ini dan mengatakan bahwa mereka tengah berupaya bersama-sama untuk menghilangkan nyamuk yang mentransmisikan penyakit tersebut.

struktur virus-zika

Struktur virus zika

Organisasi Kesehatan Dunia dan Organisasi Kesehatan Pan Amerika telah mengeluarkan peringatan dalam kaitannya dengan wabah Zika di Brazil dan negara-negara lain di Amerika Latin.

Pada akhir tahun 2015 sudah terdapat lebih dari 2.400 kasus microcephaly di 20 negara bagian Brasil. Jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 147 kasus pada tahun 204 lalu.

Para dokter kini juga sedang menyelidiki 29 kematian bayi akibat penyakit tersebut. Bayi baru lahir membutuhkan perhatian khusus karena menyangkut masa depan. Kasus ini menyebabkan stres emosional yang tidak bisa dibayangkan. Khususnya di Pernambuco, ada 900 kasus bayi microcephaly.

Pemerintah Brazil Sampai Memutuskan Larang Wanita untuk Hamil

Memasuki musim hujan, pemerintah Brazil khawatir akan terjadi lonjakan kasus Zika. Dan untuk sementara waktu, mereka mendorong keluarga untuk menghindari risiko dan menunda kehamilan.

Kementerian Kesehatan Brazil secara resmi melarang wanita untuk tidak hamil untuk sementara waktu. Hal ini menyusul tingginya kasus virus Zika yang menyebabkan microcephaly atau gangguan perkembangan otak pada bayi baru lahir.

virus zika ruam pada tubuh

Ruam pada kulit karena Virus Zika.

Kasus microcephaly mulai melambung sejak bulan November 2015 lalu, dokter melihat hal ini seiring munculnya virus Zika di Brasil.

Sebagian besar ibu-ibu yang terkena virus Zika selama awal kehamilan akan mengalami demam ringan, ruam dan sakit kepala.

Fokus rekomendasi ibu hamil yang sebelumnya terkonsentrasi di timur laut Brasil, kini mulai meluas hingga ke ibukota Rio de Janeiro dan kpta terbesar, Sao Paulo. Akibat hal ini, maka telah memicu kekhawatiran masyarakat di seluruh negeri.

Salah seorang wanita dari Sao Paulo, Patricia Compassi turut mengundang dukungan dan simpati dari media sosial setelah ia menyatakan hasil pemeriksaan USG, bayinya lahir dengan microcephaly.

Awal kehamilan, dia mengatakan, terbangun dengan ruam di seluruh wajah dan sakit sendi. “Jelang kelahiran saya menangis, tapi melihat anak saya, itu memberi saya kekuatan,” katanya.

Apa itu virus Zika?

Virus Zika pertama kali ditemukan tahun 1947 di tubuh seekor monyet. Mengapa dinamai “Zika”, kerena monyet yang pertamakali tertular hidup di Hutan Zika, Uganda.

– Pada akhir tahun 1940-an, virus ini sudah mulai menjadi endemik di beberapa bagian Afrika.

– Pada tahun 1954, kasus manusia yang terjangkit virus Zika pertama kali terjadi di Nigeria. Hal ini juga menyebar ke Pasifik Selatan dan wilayah Asia, termasuk Indonesia, dan justru yang paling baru pada kasus ini mulai menyebar ke Amerika Latin.

– Pada tahun 2007, masuknya virus ini ke Asia Tenggara diawali dengan sebuah wabah di Kepulauan Mikronesia.

– Pada tahun 2009 terungkap bahwa virus ini juga bisa menular melalui hubungan intim.

– Sejak awal 2014 lalu, virus Zika mulai terdeteksi di negara Brasil. Beberapa dokter percaya wisatawan dari Asia atau Pasifik Selatan membawa virus ini selama Piala Dunia 2014 lalu.

Virus ini ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti yang juga menyebabkan Demam Berdarah dan Chikungunya. Serangga ini tumbuh subur di iklim tropis, termasuk di Indonesia.

zika virus-world-map

Peta dunia penyebaran Virus Zika

Sangat sulit untuk mendeteksi virus Zika karena gejalanya sangat umum, bahkan sering tanpa gejala apapun. Kementerian Kesehatan Brasil mengatakan, virus ini telah menginfeksi setengah juta dan 1.500.000 kasus baru.

Pemerintah setempat mendorong untuk memerangi nyamuk Aedes aegypti dan menjaga wanita hamil tetap tinggal di dalam rumah.

Pemerintah Rio de Janeiro juga telah melakukan 9 juta kunjungan rumah untuk membasmi genangan air yang digunakan sebagai tempat berkembang biak bagi nyamuk dan pemantauan bagi 391 wanita hamil yang diduga menderita infeksi Zika.

Selain itu tim peneliti WHO juga berusaha mempelajari demam Zika, yang ditemukan virusnya pada jaringan dan darah sampel bayi dengan mikrosefalus di Ceara, timur laut negara Amerika Latin tersebut. (IndoCropCircles.com).

Pustaka:

zika virus indonesia

zika-virus banner

VIDEO:

Brazil Links Fast-Spreading Zika Virus to Birth Defects

Video Terkait Virus Zika Lainnya

Artikel Lainnya:

[Bio-Weapon] Virus Zika Disebarkan Oleh Nyamuk Trans-Genetika (Zika Part-2)

Lebih Dekat: Gejala-Gejala “Miningitis”, Radang Selaput Otak

Indonesia Harus Waspadai Ancaman Teroris Biologi

Menguak Konspirasi Jahat AS Terhadap Indonesia, Tentang Virus Flu Burung (H5N1)

Mencari Jalan Pengobatan: Virus Flu Burung Buatan Manusia Muncul di Jurnal Ilmiah

Kontroversi Menkes Endang Rahayu, NAMRU dan Bisnis AS di Indonesia

Mengerikan!! Penderita AIDS di Indonesia Terus Naik!

Bahaya GMO Picu Kanker: Indonesia Harus Cegah! Tanaman Trans Genetik Membahayakan Kesehatan

Depopulasi Dunia: Pesawat Semprot Zat Kimia Berupa “Chemtrails” di Angkasa

[VIDEO] Gila!! Depopulasi Dunia Sedang Berjalan! Depopulation Is On The Way!

Laboratorium Amerika Kembangkan 324 Senjata Biologis!

40% Manusia Terinfeksi “Mind Control Parasit”

Ditemukan! Virus “Bodoh” Yang Dapat Mengubah Sifat dan Kepribadian Manusia

Penyakit Ganas Baru: “Chagas” Penyakit Versi AIDS Yang Kedua?

Awas! Virus Misterius Baru Mirip AIDS Incar Orang Asia!

Virus Ebola Mematikan dan Tiada Obatnya, Lebih Dari 5.000 Orang Sudah Tewas

MERS Kembali Mewabah: Corona Virus Mirip SARS Yang Misterius

10 Manfaat Rokok Bagi Kesehatan Manusia? Gila!

Ditemukan: Virus Penyebab Kegemukan (Obesitas)

Buah Sirsak, Pembunuh Kanker Yang Khasiatnya Disembunyikan Pabrik Obat

Fakta Ganja: Obat Kanker Masa Depan!

Usus Buntu Tak Berguna? Ini Dia Misteri Kegunaan Usus Buntu

10 Masalah Kesehatan Yang Berkait Dengan Penyakit Lupus

Mengenal Lebih Dekat: Misteri Penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis)

Saat Radiasi Ponsel Bisa Sebabkan Kanker & Kemandulan

Sering Kenakan Bra: Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?

Setengah Warga Britons (Turunan Inggris) Akan Kena Kanker Tahun 2020!

Wow! 98 Juta Rakyat Amerika Telah Terinjeksi Oleh Virus Kanker!

Telomer Kromosom Mampu Prediksi Kematian Anda

Misteri Autisme: Bisa Disembuhkan Saat Dewasa

Misteri Penyakit Autisme Dibalik Kejeniusan Einstein

Peneliti: Operasi Sambung Kepala Manusia Bisa Dilakukan

Cara Alkohol Pengaruhi Sistem Saraf dan Kemampuan Otak

Gila!! Minuman Pemanis Buatan Sebabkan 200.000 Kematian Per Tahun!

Wow! Ilmuwan Ungkap Bahaya Minuman Soda Bagi Otak dan Tubuh Kita!

Akhirnya Terkuak! Dampak MSG Terhadap Kesehatan Anda

Terkuak! Inilah 15 Bahan Yang Jarang Diketahui di Dalam Makanan Siap Saji

Karyawan ‘Fast Food’ Mengatakan: “Jangan Pesan Makanan Ini!”

Menguak Fakta 10 Makanan Buatan AS Yang Ditolak Di Negara Lain

[VIDEO] Terkuak! Inilah Bumbu Kentang Goreng McDonald Yang Bikin Gempar

Jamur Cordyceps: Hancurkan Otak Korban, Jadi Zombie, Lalu Mati

Inilah 6 Makanan Jahat Utama Biang Keladi Penyebab Kanker

KANKER PAYUDARA: Fakta Terselubung, Cara Deteksi, Hindari dan Gejala serta Makanan Yang Memicunya

[SILENT KILLER] Pengertian dan Penjelasan: Apa Itu “Angin Duduk”?

=>Puluhan Artikel Terkait Penyakit dan Kesehatan Lainnya<=

*****

http://wp.me/p1jIGd-6UH

((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

Pos ini dipublikasikan di Penyakit & Kesehatan dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Awas! Lewat Nyamuk, Virus Zika Buat Bayi Keterbelakangan Mental Melalui Radang Otak!

  1. valeri berkata:

    Halo, tahun lalu saya dan tetangga banyak sekali yang terkena penyakit dengan gejala mirip seperti ini. Dokter sampai kebingungan karena belum pernah tau nama virusnya (karena saat itu virus zika belum terkenal). Gejalanya demam tinggi 3 hari, linu di sendi dan tulang, mirip seperti chikungunya tapi tidak separah chikungunya, dan ruam kemerahan totol-totol di sekujur tubuh. Apakah ini zika? kalau ya, apakah kalau saya nanti suatu saat punya anak, ada kemungkinan anak saya cacat? Atau virus zika hanya membuat anak cacat bila sang ibu saat hamil terkena penyakit itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s